Facebook Datangkan Fitur Support USB Keys Untuk Tingkatkan Keamanan

Sebagai salah satu media social terbesar saat ini, keamanan merupakan salah satu kunci penting dalam pengembangan facebook. Apalagi dengan adanya bug baru yang baru baru ini muncul dimana seseorang dapat menghapus video milik orang lain tanpa perlu masuk ke dalam akun orang tersebut, belum lagi adanya hacker tidak bertanggung jawab yang siap mengambil akun milik orang lain, tentu keamanan pada facebook bukan merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh. Keamanan ini sangat ditekankan oleh facebook karena mereka sadar bahwa saat ini facebook bukan lagi bekerja sebagai sebuah social media biasa dimana pengguna sekedar melakukan chatting atau saling komentar terhadap postingan masing masing, namun facebook juga telah menjadi tempat bisnis, mencari pekerjaan, dan segala hal yang melibatkan hajat hidup orang banyak, di situlah letak mengapa tingkat keamanan facebook ini benar benar diperlukan. 

Facebook Datangkan Fitur Support USB Keys   Untuk Tingkatkan Keamanan

Bukan hal yang menyenangkan jika secara tiba tiba akun Anda diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab lalu orang tersebut mengunggah sesuatu yang tidak seharusnya dengan menggunakan nama Anda, facebook mengerti betul hal tersebut, karenanya baru baru ini mereka telah mengintegrasikan fitur terbaru yaitu USB Keys. 

USB Keys sendiri merupakan salah satu jenis dari fitur keamanan yang juga telah cukup lama diaplikasi oleh raksasa media digital Google. Jika Anda sering mengotak atik akun google, maka Anda tentu pernah menemui semacam mode otentifikasi dua arah melalui media USB. Tentu saja hal tersebut dapat dikategorikan sebagai cara pembuktian keaslian yang paling aman karena hal tersebut bersifat fisik, dibandingkan dengan mode lain yang masih bersifat digital. Untuk menggunakan kode yang didapat dari USB tersebut harus dilakukan oleh pengguna asli, karena selain hanya pengguna asli tersebut yang memiliki perangkat USB yang dimaksud, seperti flash disk, password juga hanya diketahui oleh pengguna itu sendiri. Jadi USB Keys merupakan proteksi keamanan lapis dua yang sangat aman.

Facebook Datangkan Fitur Support USB Keys   Untuk Tingkatkan Keamanan

Namun seperti diketahui bahwa USB Keys membutuhkan perangkat USB sebagai salah satu pembuka kuncinya, maka jelas bahwa fitur ini hanya tersedia dalam web facebook yang diakses melalui laptop atau PC Anda. Masih belum ada kabar yang jelas mengenai kapan facebook akan melakukan tindak lanjut bagi pengguna iOS ataun Android. Namun, Anda juga tetap bisa melakukan login dengan menggunakan proteksi keamanan USB Keys Jika Anda memiliki versi terbaru dari Google Authenticator dan  Google Chrome. Perangkat yang ingin digunakan juga harus telah memiliki support untuk NFC. 

Facebook Datangkan Fitur Support USB Keys   Untuk Tingkatkan Keamanan

Menurut pihak facebook, pengguna sudah dapat menggunakan fitur keaman terbaru tersebut terhitung sejak hari Kamis minggu lalu. Namun sayangnya mereka sendiri juga masih belum memberikan konfirmasi apapun mengenai fitur tersebut  pada perangkat iOS dan Android. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari facebook.

Sumber gambar: techpost, firstpost