2 Cara Sederhana Hilangkan Goresan Dan Kotoran Pada Lensa Kamera Smartphone!

Apakah Anda merasa hasil tarikan gambar Anda kurang memuaskan walaupun kamera pada smartphone yang Anda miliki berkualitas baik? Mungkin ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama adalah siapa yang mengambil gambar tersebut, sebaik apapun kualitas dari kamera smartphone, jika yang mengambil gambar kurang mahir tentu saja hasilnya tidak akan memuaskan. Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi dari lensa kamera pada smartphone Anda, jika kondisi lensa smartphone tersebut sedang dalam keadaan kurang  baik, tentu saja dapat mengganggu kualitas dari gambar yang Anda ambil.

2 Cara Sederhana Hilangkan Goresan Dan Kotoran Pada Lensa Kamera Smartphone!

Salah satu masalah yang sering terjadi pada lensa kamera smartphone adalah goresan atau biasa kita sebut dengan beret. Sebenarnya tidak hanya goresan saja, namun kotoran yang menempel ataupun sidik jari juga dapat mengganggu kualitas dari gambar yang Anda ambil. Hal itu disebabkan goresan atau kotoran yang terdapat pada lensa mengganggu focus dari lensa tersebut, sehingga goresan atau kotoran itu akan ikut terambil dalam Gambar, dalam kasus kotoran mungkin terlihat jelas, namun untuk goresan dan sidik jari yang menempel, hal tersebut akan lebih terlihat pada hasil foto yang buram secara tidak wajar. Kali ini kami akan memberitahu beberapa cara untuk membersihkan lensa kamera pada smartphone yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Gunakan Peniup Debu Kecil Untuk Menghilangkan Debu

Pernahkah Anda melihat alat yang ada pada set pembersih laptop berupa peniup debu sederhana? Jika pernah Anda dapat gunakan alat tersebut untuk membersihkan debu yang mngkin menempel pada lensa kamera smartphone Anda. Namun perlu diingat bahwa kebanyakan orang lebih memilih untuk meniup lensa tersebut, hal tersebut sangat tidak disarankan karena akan ada kemungkinan lensa tersebut terkena saliva yang berasal dari mulut dan mengandung zat yang dapat merusak lapisan pelindung pada lensa.

2 Cara Sederhana Hilangkan Goresan Dan Kotoran Pada Lensa Kamera Smartphone!

Oleskan Sedikit Pasta Gigi

Mungkin beberapa dari Anda tidak percaya bagaimana bisa pasta gigi membantu membersihkan lensa kamera smartphone, faktanya hal tersebut memang benar benar dapat dilakukan. Berdasarkan eksperimen yang dilakukan pada smartphone HTC One M8, pasta gigi terbukti dapat membantu menghilangkan goresan pada lensa. Hal tersebut terjadi karena pada dasarnya lensa kamera memiliki lapisan oleophobic coating, yaitu lapisan terluar yang berfungsi untuk melindungi lensa kamera.

2 Cara Sederhana Hilangkan Goresan Dan Kotoran Pada Lensa Kamera Smartphone!

Ketika ada goresan, maka sebenarnya yang tergores adalah lapisan terluar ini, pasta gigi dapat membantu untuk menghilangkan goresan tersebut, caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi menggunakan cotton bud pada lensa, lalu bersihkan dengan kain microfiber yang sedikit diberi air.
2 Cara diatas adalah cara paling gampang dan sederhana dalam menghilangkan goresan pada layar kamera, kami harap artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kondisi smartphone Anda agar tetap prima.

Sumber gambar:  jurnalweb,okezone