Tips Sederhana Mengamankan Perangkat Smartphone Anda

Di tengah berkembangnya teknologi yang semakin pesat ini, kebutuhan akan keamanan yang mumpuni pada perangkat smartphone juga ikut naik. Saat ini ada berbagai jenis malware yang memiliki kemampuan yang bervariasi mulai dari mencuri data pribadi penggunanya hinga menurunkan kinerja smartphone yang terjangkit malware tersebut. File perusak itu juga semakin sulit untuk dideteksi karena kebanyakan dari mereka sudah memiliki kemampuan untuk menyamar dan menjadi satu dengan aplikais lain. Karena itulah dibutuhkan pengetahuan tentang bagaimana cara menjaga serta meningkatkan keamanan agar perangkat Android Anda tetap aman, brikut adalah beberapa tips sederhananya.

Lakukan Enkripsi Pada Data Penting

Enkripsi adalah proses dimana data pribadi yang Anda pilih akan diproteksi dan diubah dalam bentuk sandi dimana hanya Anda sendiri yang mengerti cara membukanya. Ada beberapa cara yang ditawarkan; cara pertama yaitu melakukan enkripsi secara keseluruhan, sedangkan cara kedua adalah menggunakan enkripsi per file.

Tips Sederhana Mengamankan Perangkat Smartphone Anda

Jika Anda memilih pilihan pertama itu berarti smartphone Anda dan seluruh isinya akan di enkrpsi dan setiap data baru yang masuk juga akan melalui proses yang sama dengan catatan untuk melihat isi dari data data tersebut Anda harus membuktikan bahwa Anda memang benar benar pemilik dari smartphone tersebut sebelum menggunakannya, caranya dengan menggunakan password atau fingerprint detector yang telah ditetapkan saat pertama kali melakukan enkripsi.

Pilihan kedua, yaitu enkripsi per file dapat Anda lakukan jika perangkat yang Anda miliki sudah mendukung Android Nougat. Pada versi Android tersebut sudah ada opsi tentang enkripsi ini, serta beberapa pilihan booting yang dapat Anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Amankan Setiap Pesan Dalam Smartphone Anda

Suatu lembaga bernama Electronic Frontier Foundation (EFF) baru baru ini merilis sebuah checklist terbaru yang berkaitan dengan fitur messaging pada Android. Checklist tersebut diberi nama Secure Messaging Scoreboard. Checklist tersebut merupakan langkah yang tepat dalam mengevaluasi seberapa jauh tingkat keamanan smartphone dalam berkirim pesan, berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang ada dalam checklist tersebut:

  • Apakah Pesan yang keluiar mengalami enkripsi?
  • Apakah provided tidak bisa membaca pesan yang dikirim?
  • Dapatkah Anda melakukan verifikasi pada kontak penerima?
  • Apakah langkah keamanan benar benar transparan?

Tips Sederhana Mengamankan Perangkat Smartphone Anda

Serta masih banyak lagi pertanyaan lain. Nantinya jika nilai yang muncul dari scoreboard tersebut tidak memuaskan maka disarankan untuk melakukan download pada aplikasi messaging yang mampu untuk melakukan semua itu, seperti aplikasi signal messaging yang dapat Anda ambil dari Google play.

Selalu Lakukan Konfirmasi Ganda Pada Setiap Aplikasi

Mungkin hal ini sudah menjadi dari bagian hidup Anda sehari hari, yaitu konfirmasi ganda. Yang dimaksud dengan konfirmasi ganda adalah system akan meminta suatu bukti bahwa Anda memang benar benar pemilik dari suatu akun ketika akan terjadi perubahan atau transaksi. Contoh yang paling tepat dari hal ini adalah konfirmasi saat Anda akan melakukan e-banking atau membayar melalui paypal. Tidak hanya terbatas pada password, dengan menggunakan teknologi modern yang terpasang pada smartphone terbaru seseorang juga dapat melakukan konfirmasi ganda dengan menggunakan fingerprint.

Tips Sederhana Mengamankan Perangkat Smartphone Anda

Beberapa langkah diatas adalah tips sederhana yang dapat langsung Anda lakukan agar meningkatkan tingkat keamanan smartphone Anda. Tentu saja masih banyak tips tips lain yang membawa manfaat bagi keamanan data data Anda yang nanti akan kami ulas pada artikel artikel yang akan datang.

Sumber gambar: amazonaws, spamemailblocker