Tips Menjaga Smartphone Dari Overheat

Kerusakan smartphone dapat diakibatkan oleh berbagai hal, selain karena faktor eksternal seperti jatuh, tidak sengaja masuk ke dalam air dan lain lain, faktor kelalaian dalam penggunaan juga tidak dapat diabaikan. Selayaknya perangkat elektronik lain seperti computer, smartphone Anda juga memiliki suhu operasi yang normal, suhu normal tersebut dapat meningkat seiring dengan beban kerja pada smartphone Anda. Pada titik tertentu mungkin Anda juga pernah merasakan suhu smartphone Anda yang terasa panas, tentu saja dapat dipastikan bahwa suhu panas tersebut bukanlah hal yang baik dalam menjaga durabilitas smartphone, apapun merknya. Tingginya suhu tersebut biasa disebut dengan overheat yang dapat merusak perangkat hardware dari smartphone tersebut. Overheat tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari gangguan aplikasi, sinyal data yang berat, atau bahkan malware. Namun tentu saja overheat dapat dihindari dengan melakukan tipsl sederhana seperti yang tertera di bawah ini. 

Tips Menjaga Smartphone Dari Overheat

Jangan Menyalakan Banyak Aplikasi Sekaligus

Salah satu kesalahan umum pengguna smartphone adalah mereka menyalakan banyak sekali aplikasi tapi lupa untuk menutupnya. Mungkin hal tersebut juga berlaku pada Anda sendiri, memang tidak dapat dipungkiri bahwa semakin pesatnya persaingan digital maka kita dituntut untuk semakin cekatan, dan multitasking adalah salah satu caranya. Namun banyaknya aplikasi yang dibuka tetap memberi beban pada smartphone dan dapat memicu overheat, maka dari itu lebih baik Anda tutup aplikasi yang sedang tidak digunakan, bukan sekedar meminimizenya.

Tips Menjaga Smartphone Dari Overheat

Perhatikan Spesifikasi Smartphone

Sebelum memutuskan untuk menggunakan smartphone, sebaiknya Anda perlu mengetahui seberapa jauh kemampuan smartphone Anda tersebut. Spesifikasi yang tertulis pada box smartphone bukan sekedar tulisan, mereka dapat memberi tahu seberapa jauh performa yang dimiliki oleh suatu smartphone. Maka ada baiknya jika Anda memperlajari terlebih dahulu spesifikasi smartphone Anda sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Penggunaan smartphone diluar kemampuan wajar akan memicunya untuk bekerja dengan lebih keras dan dalam waktu yang sama dapat memicu terjadinya overheat. Karena itu selalu operasikan smartphone Anda sesuai dengan kemampuannya.

Tips Menjaga Smartphone Dari Overheat

Istirahatkan Smartphone Secara Berkala

Untuk Anda yang gemar bermain games atau berselancar internet, maka Anda pasti sering merasakan suhu smartphone yang naik ketika sudah terlalu lama digunakan. Hal tersebut merupakan indikasi bahwa smartphone Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat, ketika hal tersebut terjadi segera tutup aplikasi yang sedang Anda gunakan dan letakkan smartphone di atas meja atau bidang datar lain, biarkan smartphone Anda untuk menurunkan suhunya dan beristirahat terlebih dahulu agar tidak terjadi overheat.

Tips Menjaga Smartphone Dari Overheat

Sebenarnya masih banyak cara yang dapat membantu Anda untuk menjaga suhu smarthone agar tidak terjadi overheat. Namun kembali lagi kepada Anda sebagai pengguna tentu secara sadar sudah mengetahui bahwa penggunaan gadget dengan bijak akan membuatnya menjadi lebih awet, jadi kembali ke Anda sendiri apakah Anda ingin menjaga smartphone Anda dari overheat atau memforsisrnya dengan konsekuensi yang sudah Anda ketahui.

Sumber gambar: makeuseof.com, androidpit