Tips Memperbaiki Android Yang Bermasalah

Seiring dengan majunya perkembangan teknologi saat ini, smartphone memegang peranan penting dalam kehidupan kita saat ini. Hampir semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan bantuan smartphone. Tentu saja ketika ada sesuatu yang salah terjadi pada smartphone Anda maka dapat menimbulkan rasa panic yang cukup tinggi. Biasanya seseorang yang mendapati perangkat smartphonenya bermasalah akan langsung merogoh kantong untuk pergi ke service centre. Memang benar bahwa mempercayakan smartphone Anda yang dalam kondisi kurang baik kepada service center merupakan langkah yang tepat. Namun Anda juga harus tahu, seiring dengan berkembangnya smartphone tidak hanya factor kecanggihannya saja yang bertambah, namun juga troubleshooting atau langkah perbaikan yang dapat dilakukan ketika perangkat tersebut bermasalah juga mengalami peningkatan. Artikel ini akan membahas beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri untuk memperbaiki smartphone kesayangan Anda yang sedang bermasalah.

Tips Memperbaiki Android Yang Bermasalah

Hapus Cache Aplikasi

Jika permasalahan Android Anda terletak pada sisi software, mmisalnya aplikasi yang mendadak tidak bisa dibuka padahal beberapa hari sebelumnya normal saja maka salah satu perbaikan pertama yang dapat Anda lakukan adalah menghapus cache aplikasi. Penghapusan tersebut akan mereset aplikasi secara halus dengan cara menghapus beberapa konfigurasi dari aplikasi tersebut dan mengembalikannya ke kondisi awal saat aplikasi tersebut baru diinstall tanpa harus menghapus datanya.

Sayangnya terkadang sekedar menghapus cache aplikasi juga tidak cukup, terkadang aplikasi mengalami error yang cukup parah sehingga mengharuskan Anda untuk menghapus data dari aplikasi tersebut. Cara menghapus data dari aplikasi adalah dengan masuk ke dalam setting dari sebuah aplikasi dan memilih clear data. Penghapusan data tersebut akan benar benar menghilangkan data yang ada dalam sebuah aplikasi, perlu diingat bahwa clear data berbeda dengan uninstall. Clean data tidak akan menghilangkan data dari aplikasi tersebut melainkan hanya menghapus isinya saja.

Tips Memperbaiki Android Yang Bermasalah

Perhatikan Sumber Masalah

Langkah paling sederhana dalam mengatasi error pada Android adalah dengan melihat dimana letak permasalahan. Jika Anda masih kebingungan bagian mana yang harus Anda tindak lanjuti maka sebuah skema mungkin dapat membantu. Jika masalah terletak pada software maka periksa setting dari software yang berkaitan. Jika masalah datang dari hardware misalnya baterai yang sering habis maka Anda harus periksa penggunaan daya baterai dari smartphone Anda, apakah ada aplikasi yang menggerus baterai atau Anda sedang terlalu banyak membbuka aplikasi.

Restart Smarthone

Dalam setiap permasalahan perangkat elektronik, restart atau menyalakan ulang perangkat telah terbukti menjadi solusi yang paling efektif untuk mengatasi masalah. Memang perangkat elektronik khususnya laptop atau smartphone yang dinyalakan dalam waktu lama akan lambat laun mengalami lag, hal tersebut terjadi karena banyaknya proses tidak penting yang tetap tersimpan dalam memori, restart dapat membantu menghapus data data proses tidak penting tersebut dan mengakibatkan PC atau smartphone kembali segar.
Tips Memperbaiki Android Yang Bermasalah

Beberapa tips sederhana di atas adalah hal yang dapat Anda lakukan sendiri ketika menjumpai error pada smartphone. Satu hal yang paling penting adalah jangan panic karena setiap error pada Android pasti memiliki indikasi tersendiri yang kemudian dapat ditindaklanjuti dengan mudah. 

Sumber gambar: Simplehelp.net, androidheadlines