Temukan Dan Atasi Aplikasi Penyedot Baterai!

Bagi kebanyakan orang, masalah baterai merupakan salah satu hal yang cukup “sensitif”. Bahkan Anda sendiri mungkin pernah merasa sebal ketika melihat baterai smartphone yang tiba tiba berkurang secara drastis padahal tidak sedang digunakan secara intensif. Sama seperti kasus facebook dan messenger yang cukup viral baru baru ini, dimana kedua aplikasi tersebut terindikasi sebagai aplikasi yang memakan daya baterai dalam jumlah yang cukup besar. Setelah ditelisik lebih lanjut, ditemukan bahwa penyebab aplikasi ini memakan daya baterai dalam jumlah besar adalah karena adanya update dari sisi server yang secara tidak langsung mengharuskan CPU yang berada dari smartphone untuk terus aktif, lebih parahnya lagi CPU dibuat untuk bekerja lebih dari normal yang tentu saja memakan daya baterai, bahkan membuat suhu perangkat meningkat cukup tinggi.

Temukan Dan Atasi Aplikasi Penyedot Baterai!

Masalah facebook dan messenger tersebut mungkin sudah teratasi, namun bukan disitulah letak titik permasalahannya. Pada dasarnya hampir semua aplikasi memiliki kemampuan untuk terus berjalan di background,  sebagai sebuah background process tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Hal yang dilakukan oleh aplikasi tersebut dapat berupa update, atau sekedar sinkronisasi dengan server. Hal tersebut akan membuat smartphone menjadi terus aktif dan akibatnya baterai akan terus berkurang, apalagi jika aplikasi tersebut memiliki fitur yang dapat meningkatkan kinerja CPU saat melakukan update seperti apa yang pernah diminiliki oleh facebook dan messenger.

CPU yang aktif sejajar dengan baterai yang berkurang, karena itulah mengapa baterai dalam smartphone Anda sering tiba tiba berkurang walaupun sedang tidak digunakan dalam jangka waktu lama. RAM juga memegang peranan penting dalam proses berkurangnya daya baterai, memang penggunaan baterai untuk RAM tidak sebesar  untuk proses pada CPU namun jika Anda ingin lebih hemat maka Anda harus dapat memahami bagaimana cara RAM ini bekerja.  Semakin sedikit jumlah RAM tersisa, maka bisa jadi baterai akan semakin cepat  habis dan dalam waktu yang sama dapat mengakibatkan smartphone mengalami lag dan tidak dapat bekerja secara maksimal.

Temukan Dan Atasi Aplikasi Penyedot Baterai!

Tentu saja kemampuan managemen aplikasi yang baik akan sangat membantu dalam proses menghemat baterai. Karenanya kami akan memberi beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencari dan mengurangi aplikasi yang memakan baterai

  • Periksa daya baterai
  • Cari konsumsi daya per aplikasi melalui setting > battery > battery usage
  • Matikan aplikasi tersebut jika dirasa tidak penting, melalui menu force stop
  • Anda dapat install aplikasi Greenify  untuk membantu mengoptimalkan penggunaan baterai

Temukan Dan Atasi Aplikasi Penyedot Baterai!

Tentu saja masih banyak factor lain yang mempengaruhi berkurangnya daya baterai dalam smartphone Anda, paling tidak saat ini Anda sudah dapat mengetahui serta mematikan aplikasi aplikasi yang memakan daya baterai.

Sumber gambar: PC Megazine