Solusi Iphone Tidak Bisa Di Charge

Jika Anda memiliki perangkat smartphone, tentu saja proses pengisian baterai atau biasa dikenal dengan istilah charging merupakan salah satu bagian esensial dalam penggunaan. Namun pernahkah Anda membayangkan apa yang terjadi ketika perangkat Anda tiba tiba tidak bisa di charge? Pastinya Anda akan merasa panik. Kasus perangkat tidak dapat discharge ini lebih khusus lagi mampu membuat pengguna perangkat iPhone menjadi berkeringat dingin, pasalnya baterai pada iPhone tidak dapat diganti dengan seenaknya selayaknya ponsel lainnya, kerusakan pada baterai berarti Anda harus menyiapkan uang ekstra untuk melakukan biaya servis dan biaya penggantian baterai dalam waktu yang sama. Namun Anda tidak perlu khawatir dan terburu buru membawa perangkat iPhone Anda ke service center terdekat, karena sebenarnya kasus iPhone tidak bisa dicharge  ini merupakan hal yang tidak aneh. Ada beberapa  solusi baterai iPhone tidak bisa dicharge, diantaranya adalah sebagai berikut:

Solusi Iphone Tidak Bisa Di Charge

Restart iPhone Anda

Seperti layaknya tidur, mematikan lalu menyalakan produk iPhone Anda merupakan langkah troubleshooting pertama kali yang dapat Anda lakukan ketika iPhone Anda tidak dapat dicharge. Dengan mematikan atau menyalakan produk iPhone tersebut maka secara tidak langsung Anda telah melakukan proses eliminasi terhadap kemungkinan penyebab iPhone yang gagal dicharge tersebut. Walau memang kecil kemungkinan iPhone Anda dapat kembali sembuh hanya dengan proses restart, namun tidak ada salahnya mencoba hal ini terlebih dahulu sebelum melangkah ke hal hal selanjutnya.

Ganti Kabel USB

Penyebab umum kedua adalah permasalahan pada kabel USB yang digunakan untuk melakukan proses pengisian baterai. Jika Anda terbiasa menggunakan kabel iPhone Anda untuk menghubungkannya ke dalam PC, pasti ada saat dimana koneksi antara iPhone dengan PC akan terganggu bukan. Di situlah terletak kemungkinan penyebab iPhone tidak dapat dicharge, yaitu kerusakan pada kabel USB yang digunakan. Jika Anda memiliki kergauan terhadap hal tersebut, maka cara untuk membuktikanya adalah dengan mencobanya pada perangkat teman Anda. Jika di dua perangkat sama sama tidak bisa, maka dapat dipastikan bahwa kabel tersebut yang mengalami masalah. Hal ini juga berlaku untuk adapter smartphone yang Anda temukan, karena jika menilik dari kemungkinan melakukan kerusakan seperti kabel USB, maka tentu tepak ada kemungkinan bahwa adapternya juga akan rusak. 

Solusi Iphone Tidak Bisa Di Charge

Jika Mencharge Dengan laptop, Perhatikan Kerusakan Yang Ada

Beberapa dari Anda mungkin gemar untuk mencharge iPhone menggunakan laptop atau PC yang Anda miliki, namun .sebenarnya cara tersebut masih tetap akan mengurangi efektifitas chargin dibandingkan dengan penggunaan sumber listrik secara langsung. Karena itu ketika iPhone Anda tiba tiba tidak dapat dicharge maka periksa juga bagian usb laptop / pc.

Solusi Iphone Tidak Bisa Di Charge

Beberapa langkah diatas adalah hal yang dapat Anda lakukan ketika iPhone tidak mau dicharge, tentu saja masih ada beberapa cara lainnya yang mungkin dapat membantu Anda untuk membantu orang orang tersebut. Namun cara diatas adalah cara paling sederhana yang dapat Anda lakukan secara logika. 

Sumber gambar : lifewire