Riset Buktikan Emoji Dalam Deskripsi Aplikasi Mampu Tingkatkan Jumlah Download

Jika berbicara tentang dunia Online tentu saja kita tidak bisa lepas dari emoji. Emoji merupakan sebuah gambar sederhana yang biasanya digunakan untuk mempercantik percakapan sehingga terasa lebih “hidup”. Namun sepertinya fungsi emoji tidak hanya sekedar itu saja karena baru baru ini penelitian berhasil membuktikan bahwa penggunaan emoji pada bagian deskripsi aplikasi mampu meningkatkan jumlah download. Tentu saja bagi beberapa orang hal tersebut pada awalnya terdengar aneh karena emoji dan produk yang ditawarkan pada dasarnya tidak memiliki hubungan apapun. Namun penelitian yang dilakukan oleh Novoda, sebuah  perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi, desain, dan optimisiasi berhasil membuktikan bahwa emoji yang diletakkan pada deskripsi aplikasi benar benar mampu untuk meningkatkan jumlah download aplikasi tersebut.

Riset Buktikan Emoji Dalam Deskripsi Aplikasi Mampu Tingkatkan Jumlah Download

Penelitian yang dilakukan Novoda ini pada dasarnya dilakukan untuk melakukan pengecekan pada proses optimasi playstore. Jika Anda pikir penelitian yang dilakukan Novoda ini hanyalah penelitian berskala kecil, maka Anda salah besar karena pada faktanya penelitian ini dilakukan dengan skala yang cukup besar hingga ke beberapa bagian Negara lain. Penelitian oleh Novoda ini dilakukan di beberapa Negara dan grup Bahasa tertentu. Dengan 3 emoji dasar sebagai bekalnya. Ada beberapa Negara dan kelompok Bahasa yang menunjukkan hasil yang memuaskan, sementara yang lainnya masih ada yang belum cukup relevan.

Riset Buktikan Emoji Dalam Deskripsi Aplikasi Mampu Tingkatkan Jumlah Download

Berdasarkan penelitian tersebut, terungkap suatu fakta yang masih belum diketahui banyak orang, yaitu preferensi terhadap emoji yang diungkapkan oleh puluhan penghuni yang berasal dari tempat dan kelompok Bahasa yang sama cenderung cukup mirip. Pada Negara Jerman, emoji roket yang dipasang pada suatu aplikasi mampu meningkatkan jumlah download terhadap aplikasi tersebut hingga ke angka 20%.  Negara Italia dan Polandia cenderung menyukai bentuk emoji yang sama. Sedangkan pada Negara yang cukup terkenal seperti Prancis, Rusia, dan Spanyol pengaruh emoji terhadap jumlah download tidak terlihat dengan jelas.

Riset Buktikan Emoji Dalam Deskripsi Aplikasi Mampu Tingkatkan Jumlah Download

Pada akhirnya, Novoda berhasil mengunngkap bahwa penggunaan emoji pada deskripsi suatu aplikasi mampu meningkatkan jumlah view-to-download atau secara sederhananya jumlah download terhadap aplikasi tersebut naik hingga mencapai 4.5%. Memang masih belum ada alasan yang pasti sehingga mampu menjelaskan meningkatnya jumlah download pada aplikasi yang mau mencamtukan emoji ke dalam deskripsi dari aplikasi tersebut, namun mengingat fakta bahwa penelitian tersebut membuktikan bahwa benar benar ada peningkatan dalam jumlah download, maka sepertinya penggunaan emoji memang cukup relevan terhadap download count pada suatu aplikasi. 

Tentu saja kita tidak dapat melakukan klaim bahwa penggunaan emoji akan benar benar meningkatkan jumlah download di berbagai Negara. Namun sepertinya tidak ada salahnya jika ada developer dari aplikasi yang benar benar mencoba untuk mencantumkan emoji pada bagian deskripsi aplikasi mereka, siapa tahu saja mampu meningkatkan penjualan.

Sumber gambar: androidcentral, androidheadlines