Perkembangan Media Sosial 2017: Twitter

Pada artikel special tahun baru sebelumnya kami telah memberikan beberapa fitur terbaru facebook tahun 2016 dan juga beberapa prediksi tentang kemungkinan arah perkembangan facebook pada tahun 2017 ini. Kali ini kami akan melanjutkan edisi artikel special ini dengan media sosial terbesar selanjutnya, yaitu twitter. Seperti yang kita ketahui bahwa tahun 2016 merupakan tahun yang cukup berat untuk twitter dikarenakan masalah yang datang secara bertubi tubi mulai dari isu akuisisi vine yang berakhir dengan munculnya Vine Camera, dan masih banyak hal lain lagi.


Jika Anda masih ingat, pada tahun 2016 kemarin twitter telah merubah target fokusnya, mereka bukan lagi sekedar jaringan sosial, namun telah menjadi media pemberitaan, hal tersebut terungkap dalam pesan Jack Dorsey, CEO twitter yang disampaikan kepada para pekerjanya, pesan tersebut kurang lebih berbunyi seperti ini:

“Twitter adalah segala yang sedang terjadi dan apa yang sedang orang bicarakan. Berita dan komunikasi. Kita adalah jaringan berita milik orang banyak. Mereka memilih kita karena kita adalah yang tercepat. Tercepat dalam mendapatkan berita serta tercepat dalam menyebarkan berita tersebut ke seluruh dunia. Sekarang mari kita bergerak maju untuk menjadi yang pertama. Tempat pertama yang orang orang lihat ketika mencari apa yang tengah terjadi di dunia.”

Tentu saja hal tersebut memberi gambaran tentang bagaimana posisi twitter di tahun 2017 ini. Sekarang mari kita masuk ke apa saja yang terjadi pada twitter tahun lalu serta beberapa prediksi perkembangannya tahun ini.


Fitur Twitter Terbaru 2016


  • Moments, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk saling menghubungkan tweets sehingga menghasilkan suatu cerita yang berkesinambungan
  • Customer Support, seperti namanya , fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan kontak dengan cepat ketika terjadi kesalahan pada akun mereka

Twitter Tahun 2017


  • Peningkatan Fitur Live Content

Seperti target twitter yang sudah dijelaskan oleh Dorsey, twitter ingin menjadi rumah yang Anda datangi pertama kali ketika ingin melihat apa yang tengah terjadi. Maka dari itu tidak heran jika pada tahun 2017 nanti, sepertinya twitter akan memberi fokus pada fitur live contentnya yang mencakup live streaming ataupun live broadcast dari partner yang telah menjalin kerjasama dengan twitter. Dan masih seperti tahun 2016 kemarin, Periscope masih menjadi Andalan twitter dalam mengimplementasikan konten berbasis video mereka.

  • Pemangkasan Konten Ofensif

Sebagai sebuah media sosial yang fokus pada berita yang terjadi, maka sudah pasti twitter memiliki tanggung jawab terhadap konten yang beredar di dalamnya. Sepertinya twitter tetap akan melanjutkan kebijakan mereka untuk melakukan filtering terhadap konten yang dirasa ofensif, namun masih belum tahu bagaimana mereka akan melanjutkannya di tahun ini.


Wacana diatas adalah beberapa hal mengenai twitter yang harus Anda ketahui di awal tahun 2017 ini, tentu saja nantinya akan banyak hal hal terbaru yang mungkin dapat menjadi kejutan di tahun 2017 ini, selanjutnya kami akan membahas artikel special tahun baru yang terakhir, yaitu Instagram.

Sumber gambar: geeky-gadgets, marketingweek