Perkembangan Media Sosial 2017: Facebook

Media sosial adalah salah satu tren internet yang sudah mendarah daging di dalam setiap aspek, mulai dari komunikasi hingga bisnis. Karena itu peran media sosial terhadap kehidupan saat ini telah mencapai tahap yang cukup signifikan. Dalam beberapa artikel special awal tahun ini, kami akan memberi sedikit gambaran tentang apa yang telah terjadi dan beberapa prediksi tentang perkembangan tiga media sosial terbesar saat ini, yaitu facebook, twitter, dan instagram


Artikel pertama ini kami akan membahas tentang facebook, sebuah produk media sosial fenomenal yang telah mengakar di dalam dunia internet. Dengan milyaran orang pengguna yang tersebar di seluruh belahan dunia, maka tidak heran bahwa facebook merupakan media sosial terbesar saat ini. Tahun 2016 kemarin, facebook kembali memecahkan rekor pendapatannya yang dicapai pada quartal ketiga tahun lalu, yaitu sebesar 7.1 milyar dollar amerika dan pengguna aktif bulanan sebanyak 1.79 milyar orang (meningkat sekitar 16% dari tahun 2015). Berikut adalah beberapa informasi mengenai facebook beserta prediksi perjalanannya untuk tahun 2017.

Fitur Terbaru Facebook Tahun 2016


  • Facebook merilis fitur marketplace dimana Anda dapat mencari, membeli ataupun menjual barang dengan orang orang yang tergabung dalam komunitas tertentu.
  • Facebook Reactions, yaitu sebuah ekspresi terhadap suatu konten yang lebih beragam, dimana sebelumnya Anda hanya dapat memberi like / emoji jempol.
  • Instant Articles, mungkin banyak dari Anda yang belum tahu bahwa facebook juga dapat memuat suatu artikel dengan kecepatan 10x lebih cepat dari versi mobilenya.
  • Facebook Live, Fitur terbaru ini memungkinkan Anda untuk melakukan live streaming yang dapat dilihat public ataupun terbatas pada orang di dalam daftar teman Anda.

Facebook Tahun 2017


  • Fitur Facebook Video Yang Semakin Populer

Pada tahun 2016 kemarin facebook sedang menggalakkan penggunaan video dalam konten mereka, hal tersebut terbukti dengan dirilisnya berbagai macam fitur video terbaru mulai dari video 360 derajat, live streaming, bahkan live 360 streaming. Berdasarkan Social Media Survey, 30% responden mengatakan bahwa facebook adalah salah satu channel untuk merilis video mereka. Survey selanjutnya juga mengungkap bahwa 80% dari pebisnis online mengatakan bahwa mereka lebih menyukai konten berupa video, tentunya jika ada waktu dan sarana yang tepat

  • Fitur AR

Pada quarter ke dua tahun lalu, Mark Zuckenberg sempat mengunkap ketertarikannya pada produk Pokemon GO yang menggunakan teknologi AR dalam pengoperasiannya. Maka sepertinya bukan hal yang aneh jika pada tahun 2017 facebook akan mulai mengimplementasikan fitur AR dalam beroperasi, namun masih belum jelas bagaimana hal tersebut akan terjadi, kemungkinan besar perusahaan ini akan memanfaatkan aplikasi yang baru mereka akusisisi yaitu Masquerade


Selain beberapa hal di atas masih banyak hal terbaru yang mungkin akan dilakukan facebook pada tahun 2017 ini, begitu juga twitter dan Instagram yang akan kami bahas dalam artikel selanjutnya. 

Sumber gambar: spokenabout, fbnewsroomus