Optimalkan Penggunaan Memori Smartphone Anda Dengan Hal Berikut

Bagi kebanyakan pengguna smartphone, kapasitas penyimpanan merupakan salah satu musuh utama. Begitu banyak data yang ingin disimpan di dalam smartphone seperti foto, music, video, games namun tidak diimbangi dengan kapasitas media penyimpanan yang mumpuni juga. Bagi beberapa orang yang cukup beruntung dan memiliki smartphone dengan kapasitas media penyimpanan yang cukup besar, tentu saja hal tersebut bukan menjadi masalah, apalagi jika smartphone mereka juga telah mendukung Micro SD card sebagai media penyimpanan eksternal tambahan. Masalahnya adalah bagi pemilik smartphone yang memiliki media penyimpanan internal dengan kapasitas yang cukup kecil, apalagi jika tidak mendukung pemasangan SD card, proses manajemen data dapat menjadi mimpi buruk.


Termasuk dalam golongan yang manakah Anda? Jika Anda termasuk ke dalam golongan terakhir maka kami harap artikel ini dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan kapasitas media penyimpanan dalam smartphone kesayangan Anda tersebut. Sebelumnya perlu diingat bahwa sebagai pengguna smartphone yang ingin mengoptimalkan penggunaan media penyimpanan internal ataupun eksternal, Anda harus mengetahui alokasi yang dibutuhkan serta file apa yang mengisi memori perangkat Anda. Cara melihatnya adalah dengan masuk ke menu setting > storage, lalu Anda lihat data apakah yang memenuhi media penyimpanan, selanjutnya baru Anda tindak lanjuti sesuai dengan prioritas yang sudah Anda tentukan sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang mungkin dapat menjadi pertimbangan Anda dalam mengoptimalkan penggunaan memori smartphone.

Hapus Aplikasi Tidak Berguna

Menghapus aplikasi berguna secara sekilas memang terdengar cukup jelas dan tidak perlu lagi di elaborasikan. Namun cara ini merupakan cara paling cepat dan mudah dalam mengoptimalkan penggunaan memori Anda. Beberapa orang terlalu asyik memasang aplikasi aplikasi baru hingga mereka merupakan bahwa aplikasi lama mereka hanya menjadi “penjaga gudang”. Maka dari itu lebih baik jika Anda melakukan pengecekan secara berkala dan menghapus aplikasi yang tidak berguna untuk lebih memberi ruang bagi aplikasi lain.

Pindahkan Foto Dan Video

Langkah kedua adalah pindahkan data foto dan video Anda ke media lain seperti computer rumah atau online. Beberapa orang tidak sadar bahwa yang membuat penyimpanan smartphone mereka menjadi penuh adalah foto atau video yang menumpuk. Jika smartphone Anda memiliki dukungan micro SD, maka Anda dapat dedikasikan satu kartu untuk menyimpan foto dan video saja sedangkan kartu lain untuk penyimpanan data lainnya.

Bersihkan Cache

Dalam kebanyakan kasus, kapasitas memori internal dapat terkikis dengan banyaknya cache yang tersimpan. Cache secara umum memang memiliki sisi positif yaitu mampu membuat proses load aplikasi menjadi lebih cepat, namun jika lama tidak dibersihkan, cache ini dapat berisi data data tidak penting yang memakan ruang, karena itulah pembersihan cache secara berkala juga dibutuhkan, tergantung yang mana prioritas Anda.


Beberapa tips di atas adalah cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghemat penggunaan memori smartphone tanpa root. Yang paling penting adalah bagaimana Anda mengatur kapasitas penyimpanan dalam smartphone, semakin rapi maka media penyimpanan tersebut akan semakin optimal.

Sumber gambar: newsinc, wonderhowto