Meningkatkan Performa Smartphone Dengan Clear Cache

Bagi Anda yang menggunakan smartphone, tentu saja performa dari perangkat tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kegiatan sehari hari Anda. Bagi beberapa orang memang tidak dapat merasakan bahwa ada yang “salah” dengan smartphone mereka, mereka tidak menyadari bahwa smartphone mereka sedang mulai memasuki fase penurunan dalam performa, hal wajar untuk perangkat yang berada dalam dunia gadget. Faktanya memang seluruh smarphone akan masuk ke dalam fase tersebut, hal itu bukanlah sesuatu yang dapat dihindari. Banyak aplikasi diluar sana yang menawarkan kemampuan untuk menjaga performa smartphone agar tetap stabil, namun sebenarnya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan tanpa harus menginstall aplikasi dari luar untuk menjaga performa smartphone Anda, salah satu dari hal tersebut adalah menghapus cache atau biasa dikenal dengan “Clear cache”.


Secara default, Android memberikan dua opsi untuk menghapus data yang terdapat di dalam sebuah aplikasi, opsi pertama adalah clear app data , opsi kedua adalah clear cache. Tentu saja kedua opsi tersebut memiliki fungsi yang berbeda sangat jauh meskipun sama sama bertujuan untuk menghapus sesuatu, maka akan lebih baik jika Anda mengenal fungsi dari kedua tombol tersebut terlebih dahulu, dimulai dengan tombol clear app data.

Clear App data

Clear app data adalah suatu bentuk penghapusan terhadap segala data yang terdapat dalam sebuah aplikasi. Tombol ini akan secara langsung melakukan hard reset pada suatu aplikasi dan mengembalikannya ke kondisi awal ketika aplikasi tersebut baru didownload. Perlu diingat bahwa melakukan hal tersebut berbeda dengan melakukan uninstall. Ketika Anda memilih untuk melakukan uninstalling pada suatu aplikasi, maka itu berarti Anda setuju bahwa seluruh data aplikasi tersebut akan dihilangkan dari smartphone Anda. Clear app data, walaupun memang berfungsi untuk menghapus data pada sebuah aplikasi, tidak seperti itu. Fitur clear tersebut hanya akan mengembalikan kondisi aplikasi ke dalam kondisi awal ketika aplikasi tersebut baru terpasang, tanpa harus menghilangkannya secara keseluruhan dari smartphone Anda.

Clear Cache

Seperti yang dilakukan pada PC, cache adalah suatu memori yang bersifat sementara pada perangkat smartphone Anda. Memori tersebut bertugas untuk menyimpan data yang terkait dengan aplikasi Anda. Sebagai contohnya ketika Anda pertama kali membuka suatu halaman website, maka akan terasa lebih lama jika dibandingkan dengan membuka website yang sering Anda kunjungi . Di situlah cache mulai bekerja, yaitu dengan menyimpan data secara sementara sehingga jika sewaktu waktu Anda membutuhkannya, Anda dapat mendapatkannya dengan cepat. Clear cache berfungsi untuk menghapus data data tersebut.


Walau cache sendiri adalah fitur yang memudahkan akses terhadap suatu aplikasi, terkadang banyaknya cache yang tersimpan seiring dengan lamanya pemakaian dapat menurunkan kinerja smartphone Anda karena aplikasi yang mulai bertindak diluar kebiasaan normalnya. Ketika hal tersebut sudah terjadi, maka langkah yang tepat untuk diambil adalah melakukan clear cache. Memang untuk beberapa penggunaan ke depan aplikasi akan terasa lebih lambat, namun setelah beberapa saat Anda akan merasakan perbedaannya.

Sumber gambar: androidpit, edumobile.org