Mengukur Kemampuan Smartphone Dengan AnTuTu Benchmark

Ketika Anda sedang mencari smartphone baru, tentu saja ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Faktor faktor tersebut tentu saja berbeda bagi setiap orang, ada yang lebih memprioritaskan kualitas kamera, ada yang lebih suka dengan kualitas hardware yang canggih, bahkan ada juga yang mencari smartphone dengan fitur yang terbaru dan paling mutakhir. Tentu saja tidak ada yang dapat menyalahkan pertimbangan atas faktor faktor tersebut, karena Anda sendiri juga pasti memiliki beberapa pertimbangan dalam mencari smartphone yang pas untuk Anda atau orang terdekat Anda. Dalam memilih smartphone, kebanyakan orang pasti melihat apa yang tertulis di detail spesifikasinya, padahal apa yang tertulis belum tentu memiliki performa yang sesuai ekspektasi. 

Mengukur Kemampuan Smartphone Dengan AnTuTu Benchmark

Jika Anda mengikuti perkembangan smartphone, tentu tidak asing dengan istilah AnTuTu benchmark. Benar saja, saat ini aplikasi tersebut memang menjadi aplikasi nomor satu dalam hal melakukan penilaian pada smartphone. Seperti artinya, benchmarking adalah proses pengujian untuk menemukan nilai ukur dari performa suatu perangkat. Berikut adalah beberapa aspek yang dinilai oleh aplikasi ini

Mengukur Kemampuan Smartphone Dengan AnTuTu Benchmark


  • Overall Score

Seperti layaknya aplikasi benchmarking pada umumnya. AnTuTu akan memberi nilai rata rata pada smartphone Anda, nilai tersebut diambil dari hasil tes yang dilakukan pada setiap bagian dari perangkat. Nantinya nilai rata rata ini akan menjadi tolok ukur antara satu perangkat dengan perangkat lainnya.  Tidak hanya itu, nilai tersebut juga dapat digunakan untuk membandingkan performa suatu bagian dari perangkat dengan bagian yang sama pada perangkat lain, misalnya membandingkan kecepatan performa memori antara satu smartphone dengan smartphone lain.

Mengukur Kemampuan Smartphone Dengan AnTuTu Benchmark


  • UX (User Experience)

User Experience adalah salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan, aspek ini menilai bagaimana nantinya performa smartphone ketika digunakan, apakah transisi antar aplikasi lancar, apakah terjadi lag dan masih banyak lagi. Penilaian AnTuTu dalam UX akan dibagi menjadi dua, yaitu multitask score dan runtime score.

Mengukur Kemampuan Smartphone Dengan AnTuTu Benchmark


  • RAM

AnTuTu juga akan memberi nilai bagaimana performa RAM pada smartphone Anda, tentu kapasitas RAM yang besar tanpa adanya performa yang baik akan mempengaruhi kinerja dari smartphone itu sendiri. Aspek RAM yang akan diberi penilaian adalah RAM Operation dan RAM speed, atau kecepatan membaca dan menulis pada RAM.

Mengukur Kemampuan Smartphone Dengan AnTuTu Benchmark


  • CPU & GPU

Penilaian dari CPU adalah seberapa cepat aplikasi dapat dijalankan, semakin kuat CPU, maka semakin cepat pula proses eksekusi sebuah aplikasi. CPU yang bagus dan cepat juga dapat membantu dalam memainkan games yang butuh spesifikasi tinggi. Penilaian GPU akan berkisar pada kemampuan smartphone untuk melakukan rendering gambar, bagaimana suatu gambar serta transisi antar animasi dilakukan. Bencmarking GPU akan dibagi menjadi 2, yaitu untuk 2D dan 3D benchmarking.

Mengukur Kemampuan Smartphone Dengan AnTuTu Benchmark


  • IO (Input Output)

Nilai pada IO menunjukkan seberapa kuat kualitas memori internal Anda, semakin bagus memori internal, maka proses penulisan serta pembacaan data akan lebih cepat  sehingga aplikasi akan terbuka dengan lebih cepat, menyimpan data juga cepat, dan masih banyak lagi. 

Secara umum, aplikasi AnTuTu ini adalah aplikasi yang tepat untuk melihat performa dari smartphone Anda atau Smartphone yang akan Anda beli. Anda tidak perlu mempertanyakan hasil penilaian dari AnTuTu ini karena aplikasi ini telah menjadi patokan nilai bagi sebagian besar vendor smartphone di seluruh dunia.

Sumber gambar:google play, makeuseof.com