Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Force Close Android

Bagi Anda yang gemar bermain game, tentu salah satu saat yang paling menyebalkan adalah ketika sedang asyik asyiknya, tiba tiba layar smartphone Anda kembali ke menu utama. Hal itulah yang biasa disebut sebagai force close.  Beberapa orang meyakini bahwa penyebab force close ini adalah RAM dari smartphone yang terlalu kecil dan tidak mampu melayani penggunaan yang terlalu memforsir atau memaksa. Walaupun memang hal tersebut merupakan dugaan yang benar, namun bukan berarti bahwa penyebab force close pada aplikasi Android adalah karena RAM. Hal tersebut terbukti ketika tidak hanya smartphone kelas menengah kebawah yang sering mengalami force close, namun terkadang smartphone kelas atas juga terkena masalah ini. 


Sebenarnya ada beberapa indikasi atau penyebab yang mampu membuat suatu aplikasi menjadi force close, berikut adalah beberapa contoh tersebut:

Aplikasi Yang Bermasalah

Software yang bermasalah juga dapat menjadi salah satu penyebab aplikasi Anda sering force close secara tiba tiba dan berhenti bekerja. Terkadang aplikasi tersebut adalah sebuah aplikasi yang memiliki beberapa corrupt data ataupun masih dalam versi beta. Maka selalu periksa aplikasi Anda apakah sudah masuk dalam versi stable atau belum.  Karena secara umum aplikasi yang berada dalam versi beta merupakan aplikasi yang dapat dipastikan pasti akan ada bug yang “berulah”.

Sistem Operasi Yang Rusak

Penyebab ke dua ini cukup jarang terjadi, yaitu sistem operasi Android yang bermasalah. Biasanya penyebab masalah tersebut adalah ketika sistem operasi Android tidak memiliki data yang dibutuhkan untuk dipanggil ketika sedang menjalankan suatu aplikasi. Penyebab rusaknya sistem operasi ini juga bermacam macam, namun penyebab utama biasanya ketika salah dalam melakukan pemasangan ROM. Saat ini sudah banyak orang yang melakukan perombakan pada sistem operasi Android. Salah satu contohnya adalah pemasangan custom ROM. Ketika custom ROM ini tidak cocok dengan smartphone yang Anda gunakan, maka besar kemungkinan bahwa hal tersebut adalah penyebab aplikasi Anda sering force close.


Contoh diatas adalah beberapa penyebab mengapa sebuah game atau aplikasi dapat force close sendiri. Memang force close pada sebuah aplikasi adalah sebuah hal yang umum, namun Anda harus tetap mengetahui bagaimana cara mengatasi force close atau paling tidak meminimalisir frekuensi terjadinya hal tesebut:

  • Reboot smartphone secara berkala
  • Install ulang game atau aplikasi yang ingin diabadikan
  • Bersihkan semua cache dari menu pengaturan pada Android


Melalu beberapa cara di atas diharapkan bahwa Anda dapat terhindar dari force close yang terjadi pada smartphone. Sebenarnya cara melakukan pemahaman dari force close ini cukup sederhana, Ketika smartphone Anda sedang dalam kondisi prima dan terjadi force close, maka dapat dipastikan jika yang bermasalah adalah aplikasinya. Namun jika sebaliknya maka Anda harus pintar mengatur penggunaan smartphone sehari hari.

Sumber gambar: techtimes, komando.com