Lebih Dekat Dengan Dunia Virtual : Cara Menghindari “VR Sickness”

Teknologi telah berkembang dengan sedemikian pesat, jika beberapa tahun lalu dunia virtual masih merupakan khayalan yang bersifat utopis, maka saat ini hal tersebut sudah semakin dekat dengan genggaman tangan manusia. Anda tentu mengetahui istilah VR atau Virtual Reality, itu adalah istilah yang digunakan dalam teknologi manipulasi realita menggunakan proses pembuatan dunia baru secara virtual. Lebih sederhananya adalah Anda diajak untuk masuk ke dalam dunia buatan menggunakan perangkat berbasis VR seperti Daydream, atau HTC Vive, dan masih banyak perangkat lainnya. Di dunia virtual ini Anda dapat melihat sekeliling selayaknya apa yang Anda lakukan di dunia nyata, dan tentu saja interaksi dengan benda benda yang ada di dunia tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan remote atau alat tertentu.

Lebih Dekat Dengan Dunia Virtual : Cara Menghindari “VR Sickness”

Siapa yang tidak penasaran dengan teknologi VR ini, sudah banyak permainan dan perangkat pendukung VR di pasaran yang siap untuk Anda beli dan mainkan. Namun sayangnya pengalaman baru ini bukan merupakan hal yang menyenangkan bagi semua orang,  karena beberapa dari mereka mengalami apa yang dinamakan dengan penyakit “VR Sickness”.  Penyakit VR Sickness tersebut merupakan perasaan pusing dan mual yang dirasakan setelah menghabiskan beberapa lama di dunia virtual, biasanya diiringi dengan perasaan pusing dan rasa tidak enak di perut. Hal tersebut merupakan hal yang wajar karena penyakit tersebut layaknya mual saat sedang berkendara, dapat diobati dan dihilangkan dengan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa cara untuk membiasakan diri Anda terhadap dunia VR.

Mulailah Secara Bertahap

Ada beberapa orang yang langsung menggunakan aplikasi berbasis VR yang mengharuskan penggunanya untuk berada dalam posisi berdiri. Hal tersebut memang bukan merupakan masalah yang besar, namun jika Anda cenderung mengidap Vr Sickness  maka tidak disarankan untuk langsung terjun pada aplikasi yang mengharuskan Anda untuk beridiri. Mulailah dari aplikasi sederhana yang dapat Anda mainkan dengan duduk, hal tersebut akan mengajari otak Anda untuk terbiasa dengan pengalaman baru tersebut sehingga pada akhirnya Anda akan dapat bermain aplikasi yang mengharuskan Anda untuk berdiri.

Lebih Dekat Dengan Dunia Virtual : Cara Menghindari “VR Sickness”

Aktifkan Comfort Mode

Beberapa aplikasi memiliki comfort mode yang dapat diaktifkan ketika digunakan. Mode ini akan mengkonfigurasi jarak pandang dan ketajaman, serta kedalaman dalam gambar yang dihasilkan. Konfigurasi tersebut secara tidak langsung akan membuat mata Anda merasa lebih nyaman dalam mendalami dunia VR dan dalam waktu yang sama mampu menurunkan resiko mual.

Pastikan Perangkat Anda Mampu Untuk Menjalankan VR

Memang saat ini banyak perangkat VR yang dijual dan langsung dapat Anda sambungkan ke PC. Namun tetap saja, PC tersebut harus mampu untuk menjalankan berbagai aplikasi VR yang terpasang. Perangkat seperti Oculus Rift, atau HTC Vive memiliki persyaratan minimal untuk perangkat computer. Jikla perangkat computer tidak cukup kuat untuk menjalankan aplikasi berbasis VR, maka tentu saja akan mengganggu kenyamanan bermain dan meningkatkan kemungkinan VR Sickness.

Lebih Dekat Dengan Dunia Virtual : Cara Menghindari “VR Sickness”

Beberapa contoh di atas adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari rasa mual akibat VR Sickness. Tentu saja jika Anda penasaran dengan seperti apa rasanya menyelam ke dalam dunia baru tersebut pastikan Anda sudah memiliki perangkat yang mumpuni karena perangkat tersebut ditambah dengan pengetahuan yang sudah Anda dapatkan di dalam artikel ini akan menciptakan pengalaman baru yang menakjubkan.

Sumber gambar: touchstoneresearch, lifewire