Cara Menjaga Smartphone Tetap Awet

Setiap orang pasti menginginkan agar barang kesayangannya dapat tahan lama, tak terkecuali untuk smartphone. Anda tentu tahu bahwa smartphone saat ini telah menajadi salah satu bagian hidup yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari hari, mulai dari bisnis, komunikasi dan keperluan keperluan lain dapat dipermudah dengan Adanya smartphone ini. Dissamping ukurannya yang kecil dan dapat dibawa dengan mudah kemana mana, smartphone merupakan salah satu bentuk investasi cerdas dalam bentuk perangkat elektronik. Mengingat betapa pentingnya peran smartphone tersebut dalam kehidupan sehari hari, maka daya tahan dari perangkat tersebut juga memegang peranan penting karena ketika smartphone rusak, maka Anda akan mengalami kerugian waktu dan biaya dalam saat yang bersamaan. Karena itu pentingnya pengetahuan untuk menjaga “kesehatan” smarptohne ini harus ditekankan. Kami juga percaya bahwa smartphone yang tahan lama akan memiliki manfaat yang tahan lama juga, karena itulah dalam artikel ini kami akan memberi sedikit tips tentang cara menjaga smartphone  agar tetap awet.

Selalu Jaga Baterai Anda

Baterai selayaknya bahan bakar yang mampu menghidupkan mesin mesin kendaraan Anda. Pada smartphone pun baterai memegang peranan penting dalam pengoperasiannya. Anda pasti tahu betapa menyebalkannya ketika baterai smartphone Anda habis padahal sedang ada dalam keperluan penting. Memang saat ini kekurangan baterai tidak menjadi masalah besar karena ada alat yang dinamakan dengan power bank, yaitu alat untuk melakukan charging pada smartphone,  cara menggunakannya pun sederhana.

Namun menggunakan power bank untuk melakukan charging smartphone bukanlah hal yang tepat, karena walau memang powerbank mampu membantu menambah kapasitas baterai, namun hal tersebut  tidak mampu menjaga waktu hidup baterai tersebut. Kami sudah pernah menjelaskan cara untuk melakukan charing smartphone pada artikel sebelumnya.

Ada baiknya jika saya beri sedikit tips untuk melakukan chargin atau isi ulang smartphone adalah dengan tidak membiarkannya berada di titik tertinggi dan terendah dalam proses pengitisan baterai. Ketika baterai sudah hampir 100% segera jabut dari listirik dan gunakan smartphone tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika bisa selalu jaga baterai di atas 20%.

Letakkan di Suhu Sejuk

Suhu memegang peranan penting dalam smartphone. Seperti yang kita tahu,  overheat dapat menagkibatkan kerusakan pada bagian dalam dari smartphone itu sendiri. Maka dari itu selalu perhatikan dimana posisi smartphone Anda, apakah sirkulasi smartphone cukup baik atau tidak Yang penting adalah selalu jaga suhu dari smartphone Anda.

Berhati hati

Mungkin tips di atas cukup jelas, namun tetap saja namanya musibah kita tidak dapat mengetahui kapan hal tesebut akan terjadi. Berlaku juga untuk smartphone, Anda harus berhati hati ketika menggunakan smartphone tersebut, jangan sampai lalai hingga terjatuh, terkena air dan masih banyak lagi.

Beberapa tips di atas adalah cara sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri untuk menjaga agar smartphone Anda tetap awet. Ingat selalu perhatikan kondisi dari smartphone Anda.

Sumber gambar: bedahgadget, chargetech