Cara Menghindari Malware Android

Anda tentu sudah mengenal jenis jenis malware pada Android yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya. Memang malware tersebut adalah sekumpulan aplikasi atau program yang dapat merusak dan mencuri data pribadi kita yang ada di dalam smartphone. Karena itulah malware tersebut bersifat merusak dan harus dihindari serta dibasmi. Berbicara memang mudah, namun prakteknya membutuhkan ketelitian dan pengetahuan penuh agar smartphone kita tidak terserang oleh malware tersebut. 

Cara Menghindari Malware Android

Kabarnya, ada versi palsu dari aplikasi game favorit pertengahan tahun lalu, Pokemon GO. Aplikasi palsu tersebut menyamar sebagai game namun sebenarnya di dalamnya telah terkandung beberapa malware yang dapat membawa dampak negatif bagi pengguna smartphone. Sebenarnya malware ini dapat dihindari dengan meningkatkan kesadaran seluruh pengguna smartphone, yaitu kesadaran tentang pentingnya menjaga smartphone kita dari aplikasi yang tidak jelas asal usulnya serta website yang mencurigakan. Walaupun begitu, di app store sendiri masih ada aplikasi yang mengandung malware, karena itulah kami memiliki tips untuk menghindari aplikasi yang telah terpasang malware tersebut:

Hindari App Store Mencurigakan

Ada banyak app store di luar sana, google play hanya merupakan salah satunya. Salah satu cara paling gampang untuk dapat mengindari malware adalah dengan selalu mendownload program dari situs app yang dapat dipercaya. Kebanyakan malware berasal dari website penyedia app yang tidak jelas.

Perhatikan Nama Developer

Seperti kasus Pokemon GO yang telah kami ungkapkan di atas, sangat sulit untuk membedakan antara aplikasi palsu dengan yang asli sebelum kita mendownloadnya. Namun ketika  kita sudah mendownload dan memasang aplikasi tersebut pada smartphone, semua sudah terlambat karena malware sudah terlanjut terpasang dan siap menyerang. Karena itu selalu perhatikan nama developer dari suatu aplikasi karena aplikasi palsu tidak akan menggunakan nama developer yang asli.

Cara Menghindari Malware Android

Baca Review

Banyak aplikasi di google play store yang dapat dikategorikan mencurigakan. Karena itu salah satu cara untuk melakukan kroscek kredibilitas dari aplikasi tersebut adalah melalui review. Walau tidak terjadi kepada semua aplikasi, namun aplikasi yang baik akan memiliki beberapa review dari pengguna yang baik pula. Sebaliknya Anda patut curiga bila ada sebuah aplikasi yang didownload dengan  jumlah tinggi namun tidak ada uang yang masuk ke dalam kas.

Jaga Keamanan Android Anda

Untuk menjaga keamanan Android dapat dilakukan dengan  memasang anti virus atau aplikasi keamanan ketiga. Melakukan update pada sistem operasi Android juga dapat membantu untuk menghindari malware yang tersebar. Biasanya ketika Android melakukan update, akan disertai dengan update untuk sistem keamanan sehingga nantinya Anda akan lebih kuat terhadap serangan malware.

Cara Menghindari Malware Android

Beberapa langkah diatas adalah hal yang bisa Anda lakukan sendiri dalam menghindari aplikasi yang mengandung virus atau malware perusak. Pada dasarnya kembali lagi yaitu kesadaran pengguna smartphone terhadap perangkat mobilenya.

Sumber gambar: wonderhowto, antivirusinsider