Cara Menghemat Penggunaan Data Internet Android

Sebagai pengguna smartphone, mungkin Anda setuju jika ada dua hal yang akan sangat mengganggu jika habis, yaitu baterai dan kuota. Benar saja, di tengah pesatnya perkembangan dunia digital, kebutuhan akan internet seakan telah naik posisinya menjadi kebutuhan primer bagi beberapa orang. Memang tidak dapat dipungkiri jika hampir setiap aspek kehidupan saat ini dipermudah dengan adanya internet. Penyedia layanan internet Indonesia pun juga tengah gencar gencarnya bersaing untuk memberi tawaran yang paling menarik untuk membantu proses berselancar Anda. Sayangnya, seberapa besarnya kuota yang ada tentu tidak akan cukup jika Anda tidak menggunakannya dengan benar. Bahkan faktanya, Anda mungkin tidak sadar jika paket internet yang Anda gunakan sudah hampir habis dan harus melakukan isis ulang atau daftar paket baru. Tentu hal tersebut sangat menyebalkan karena selain memakan waktu, juga memakan biaya yang jika diakumulasikan bisa dibilang cukup banyak. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips untuk menghemat penggunaan data internet yang dapat Anda praktekkan sendiri, silahkan simak ulasan kami berikut.

Cara Menghemat Penggunaan Data Internet  Android

Pastikan Estimasi Penggunaan Data Anda

Tentu saja langkah awal dalam berhemat adalah mengetahui seberapa besar paket data yang Anda butuhkan dalam setiap bulannya. Tentu saja Anda tidak bisa membandingkan kebutuhan Anda dengan orang lain karena setiap orang pasti memiliki prioritas yang berbeda juga. Mungkin beberapa orang hanya menggunakan paket internet untuk mengakses media sosial, dan beberapa orang lain memilih untuk streaming video, atau bermain games. Intinya, pastikan Anda sudah mengetahui kira kira berapa besar paket data yang Anda butuhkan dalam sebulan, kemudian baru optimalkan penggunannya.

Cara Menghemat Penggunaan Data Internet  Android

Terus Awasi Penggunaan Data

Banyak orang tidak sadar jika paket data mereka akan segera habis. Itu terjadi karena mereka tidak memonitor penggunaan data selama berselancar, padahal Android sendiri sudah memiliki fitur tersebut. Untuk dapat mengakses data monitor, Anda cukup masuk ke dalam opsi Mobile Data pada setting, atau Anda juga dapat memasang aplikasi pihak ketiga yang dapat memonitor penggunaan data Anda yang tersedia di Google Play.

Cara Menghemat Penggunaan Data Internet  Android

Matikan Proses Background Data Yang Tidak Diperlukan

Beberapa aplikasi akan terus memakan data bahkan ketika aplikasi tersebut sedang tidak dinyalakan, contohnya facebook. Walau tidak dapat dipungkiri bahwa data yang terpakai tidak terlalu banyak, namun fakta bahwa hal tersebut mengurtangi kuota Anda tidak berubah. Karena itu lebih baik Anda matikan saja proses background data yang dirasa tidak dibutuhkan. Caranya adalah dengan memilih aplikasi dari opsi yang Anda jumpai pada layar monitor penggunaan data, dan  nyalakan opsi restrict app background data. Perlu diketahui bahwa ada beberapa aplikasi yang akan berhenti total ketika Anda memaatikan proses background data tersebut.

Cara Menghemat Penggunaan Data Internet  Android

Beberapa tips diatas adalah cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk dapat menghemat kuota internet Anda. Perlu Anda ketahui juga bahwa hal tersebut pada akhirnya kembali kepada Anda sendiri bagaimana mengatur alokasi kuota yang terbatas untuk berselancar internet.

Sumber gambar: highway.pk, androidpit