Cara Menggunakan Kamera Smartphone Dengan Maksimal

Di zaman yang serba modern ini, smartphone telah beralih fungsi menjadi sebuah perangkat elektronik yang serba bisa. Jika kurang lebih 10 tahun lalu sebagian besar handphone hanya sekedar perangkat elektronik untuk berkomunikasi, saat ini generasi terbaru handphone, yang biasa disebut dengan smartphone (ponsel pintar) telah mengisi hampir seluruh aspek kehidupan bagi hampir semua orang di berbagai belahan dunia. Bagaimana tidak, mulai dari kegiatan sosial antar teman hingga bisnis semua bisa dimonitor dan dikendalikan melalui smartphone. 

Salah satu fitur mutakhir yang dimiliki smartphone canggih saat ini adalah kamera. Kebanyakan smartphone terbaru memiliki kamera dengan kualitas mutakhir yang hampir sama seperti perangkat kamera pada umumnya, bahkan vendor OPPO juga memiliki produk yang digadang gadang sebagai produk smartphone F1S dengan kamera depan hingga 16MP. Sayangnya saat ini banyak orang yang memiliki produk smartphone dengan kamera mutakhir namun tidak tahu bagaimana cara mengoptimalkan kamera tersebut. Berikut adalah beberapa tips cara menggunakan kamera smartphone dengan maksimal.

Pencahayaan

Dalam sebuah proses pengambilan gambar, pencahayaan merupakan faktor nomor 1 yang menentukan bagus atau tidaknya gambar yang berhasil diambil tersebut. Bagaimana bayangan yang dihasilkan cahaya matahari, cahaya yang dihasilkan oleh gedung, dan sumber cahaya lain. Memang untuk hal yang satu ini membutuhkan kebiasaan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa smartphone mungkin tidak akan memiliki performa terbaiknya jika tidak mendapat pencahayaan yang cukup. Maka dari itu Anda harus mengenal terlebih dahulu apakah smartphone Anda merupakan jenis yang dapat beroperasi di ruang yang minim cahaya atau tidak.

Hindari Tombol Zoom-in

Memang fitur zoom in merupakan fitur yang dapat kita jumpai di kamera manapun, tidak sekedar kamera smartphone, namun tahukah Anda jika sebenarnya zoom in justru dapat mengurangi kualitas foto? Jika memungkinkan berjalanlah mendekat ke obyek Anda, hindari tombol zoom in dan mendekatlah secara manual. Niscaya Anda akan melihat perbedaan hasilnya.

Sudut Pengambilan Gambar

Tidak hanya pencahayaan, sudut pengambilan gambar juga menentukan bagus atau tidaknyag gambar yang Anda abadikan. Sudut merupakan representasi perspektif terhadap apapun yang berada di dalam frame. Jadi sudut yang bagus akan menghasilkan gambar yang kaya makna.

Gunakan Aplikasi Pembantu

Tidak hanya hardware, software yang baik juga membantu untuk dapat mengambil gambar secara maksimal. Di dalam google app store banyak sekali aplikasi penunjang fotografi dengan fitur fitur unik. Anda pilih satu aplikasi yang cocok dengan Anda lalu gunakan aplikasi tersebut untuk mempercantik tarikan gambar yang Anda buat.


Beberapa tips di atas adalah bagaiman cara mengoptimalkan kamera pada Android. Yang paling penting bukanlah hasilnya karena hasil foto tersebut akan meningkat secara kualitas seiring dengan berjalannya waktu. Yang penting adalah Anda menikmati setiap proses fotografi tersebut.

Sumber gambar: lifewire