Cara Memperbaiki Android Lemot

Android memang merupakan sistem operasi yang diminati oleh berbagai pengguna smartphone saat ini. Memang Android sendiri memiliki berbagai macam kelebihan antara lain performa yang cepat, banyaknya pilihan aplikasi untuk menunjang performanya serta pembaharuan berkala yang semakin menambah kemampuan sistem operasi tersebut. Walaupun Android merupakan sistem operasi yang memiliki performa bagus, namun tetap saja performa tersebut harus didukung dengan kemampuan hardware yang mumpuni, hal itu bukan berarti bahwa smartphone dengan spesifikasi canggih selalu memiliki performa yang lebih baik daripada yang memiliki spesifikasi di bawahnya. Seiring dengan lama penggunaan, smartphone Anda semakin rentan untuk mengalami penyakit yang diderita hampir semua jenis perangkat smartphone, yaitu lemot / lelet. Memang benar jika smartphone Anda semakin lelet maka hal tersebut dapat mengganggu kinerja Anda. Maka dari itu kami akan memberikan beberapa tips tentang cara memperbaiki Android lemot.


Perlu diingat bahwa penyebab lemotnya smartphone dapat terjadi dikarenakan banyak hal. Lebih lanjut lagi hal hal tersebut saling berhubungan antara satu sama lain. Seperti contohnya tampilan widget yang banyak akan memiliki pengaruh terhadap seberapa cepat Android melakukan proses pekerjaan, serta terlalu banyak aplikasi yang aktif secara bersamaan akan memakan kapasitas RAM sehingga membuat smartphone menjadi lelet. Berikut beberapa hal sederhana yang dapat Anda gunakan untuk memperbaikinya.

  • Bebaskan RAM Anda

RAM atau Random Access Memory adalah salah satu perangkat yang memegang peran penting dalam menjaga performa smartphone Anda. RAM berguna untuk menyimpan data ketika Anda sedang membuka aplikasi tertentu. Maka dalam waktu yang sama dapat dikatakan bahwa semakin banyak aplikasi yang terbuka, maka semakin banyak kapasitas RAM yang terpakai hingga pada akhirnya smartphone Anda menjadi lemot. Akan lebih baik jika Anda menutup aplikasi yang tidak Anda gunakan ketika selesai menggunakannya, hal tersebut akan mengurangi beban pada RAM. Cara sederhana untuk membuat RAM menjadi segar adalah dengan melakukan restrart pada smartphone tersebut.



  • Uninstall Aplikasi Lama

Seiring dengan bertambahnya waktu penggunaan, tentu saja Anda juga memiliki banyak aplikasi yang bahkan beberapa diantaranya tidak Anda gunakan.  Cara sederhana untuk membuat smartphone Anda menjadi cepat adalah dengan melakukan penghapusan pada aplikasi lama yang sudah tidak Anda gunakan, hal tersebut akan meringankan kerja memori serta menambah ruang untuk aplikasi lain yang lebih bermanfaat.

  • Gunakan Aplikasi Pendukung

Memang cara sederhana seperti menghapus data mampu menghilangkan file yang bersangkutan, namun perlu diketahui bahwa file file tersebut tidak hilang secara seluruhnya, masih ada sisa sisa berupa cache yang tidak terpakai. Maka tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mampu membantu Anda seperti Clean Master


Beberapa tips di atas mungkin mampu membantu Anda yang mencari cara memperbaiki Android lemot. Perlu diketahui bahwa kualitas sebuah Android tergantung dari pemiliknya, jika pemiliknya mampu merawat perangkat mereka, maka smartphone dengan spesifikasi menengah pun akan memiliki kemampuan kerja yang memuaskan.

Sumber gambar: nerdoholic, thetechpanda