Aplikasi Smartphone Untuk Fitness

Memiliki tubuh sehat dan ideal memang bukan perkara mudah, membutuhkan kemauan, dedikasi, serta motivasi yang tinggi untuk dapat melakukannya. Sama halnya dengan pergi ke GYM untuk melakukan fitness, tidak semua orang memiliki keinginan untuk melakukan hal tersebut karena dikalahkan oleh rasa malasnya. Punya keinginan pun, terkadang masalah waktu tetap menjadi momok utama yang menghadang. Jika Anda termasuk orang yang ingin berolahraga fitness namun tidak memiliki waktu ataupun biaya, maka sekarang Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa aplikasi yang secara khusus digunakan sebagai pengganti kegiatan Anda di GYM.


Mungkin beberapa dari Anda meragukan, bagaiman sekedar berkegiatan sendiri dengan modal smartphone bisa mendapat hasil yang sama atau bahkan lebih dengan yang didapatkan dari berlatih di GYM? Sebenarnya jawabannya cukup sederhana, riset membuktikan bahwa jika Anda melakukan olahraga berjangka secara berkala (High intensity interval training) selama 15 menit dengan 3 kali seminggu, hasilnya sama dengan berlari di atas treadmill selama satu jam. Maka berikut adalah beberapa aplikasi pengganti fitness tersebut:

  • Nike+ Training Club

Aplikasi Nike+ Training Club memang layak berada di urutan teratas sebagai aplikasi olahraga karena aplikasi ini adalah aplikasi komprehensif yang dijamin mampu memberi Anda tubuh yang sehat dengan otot yang ideal jika diikuti secara benar. Sebagai sebuah aplikasi resmi dari Nike, ada lebih dari 100 jenis latihan yang mencakup latihan ketahanan tubuh, kecepatan, dan kekuatan dengan durasi 15 menit atau lebih.


Aplikasi ini juga telah didukung oleh Airplay ataupun AppleTV  sehingga Anda dapat melihat instruksi olahraga dengan jelas dan diperankan oleh orang orang terkenal seperti Rory Mcllroy, Serena Williams dan masih banyak lagi. Aplikasi ini tidak dipungut biaya dan tersedia bagi iOS maupun Android

  • Freeletics

Sedikit berbeda dengan Nike+ Training Club, Freeletics adalah sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai personal training untuk mengawasi kegiatan olahraga Anda. Cakupan dari aplikasi ini adalah Gym, olahraga penurun berat badan, dan pengaturan nutrisi. Namun pada dasarnya sama saja yaitu aplikasi ini menawarkan olahraga yang berfokus pada HIIT  (High Intensity Interval Training).


Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda harus membayar biaya berlanganan yang cukup mahal yaitu kurang lebih Rp.200.000,- setiap bulannya. Namun layanan yang disiapkan tidak akan mengecewakan.

  • Adrian James Bootcamp

Aplikasi ini digadang gadang sebagai aplikasi olahraga paling “mantap”. Aplikasi ini berisi motivasi olahraga serta berbagai macam jenis olahraga berat yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, tanpa adanya alat alat bantu yang merepotkan.  Dilengkapi dengan sistem points grading, aplikasi ini mampu mencatat setiap pencapaian Anda dalam berolahraga, video bagaimana cara melakukan setiap gerakan juga sudah tersedia.


Aplikasi ini dapat Anda dapatkan seharga Rp 50.000,- namun hanya tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini memang cukup ekstrim jadi walau latihannya memang benar benar berdampak terhadap kondisi tubuh, namun sebaiknya Anda menyediakan balsam linu juga.


Beberapa aplikasi di atas adalah sedikit dari sekian banyak aplikasi yang dapat menjadi pengganti waktu olahraga Anda di dalam GYM. Jadi sudah tidak ada lagi alasan Anda untuk tidak berolahraga, jangan jadikan teknologi sebagai alasan untuk memulai hidup yang tidak sehat.

Sumber gambar: techradar