3 Perbedaan Antara Google PlayStore dan App Store

Berbicara tentang perbedaan antara iOS dan Android memang tidak akan ada habisnya. Kedua jenis system operasi ini memiliki kelebihan serta kekurangannya masing masing. Dari segi aplikasi misalnya, banyak sekali aplikasi yang hanya kompatibel dengan salah satu system operasi begitu juga sebaliknya. Tempat resmi untuk mendownload aplikasi untuk Android dan iOS juga tidak sama, kalau Android memiliki Google Playstore, maka iOS juga memiliki App store yang walaupun berbeda namun tujuan utama dari masing masing halaman tersebut tetap sama yaitu sebagai tempat untuk mengunduh aplikasi bagi jenis system operasi yang bersangkutan. Mengingat banyaknya pertanyaan tentang perbedaan antara keduanya, kali ini secara khusus kami akan mengulas hal tersebut dengan sederhana.

3 Perbedaan Antara Google PlayStore dan App Store

Kualitas Aplikasi Dan Keterbukaan Terhadap Developer

Memang salah satu kelebihan dari Playstore dibandingkan dengan App store adalah banyaknya aplikasi yang ditawarkan.  Jumlah yang banyak tersebut tentu saja semakin memberikan opsi terhadap pengguna Android terhadap variasi aplikasi yang ingin mereka pasang di smartphone kesayangannya. Sayangnya banyaknya variasi aplikasi ini tidak selamanya memiliki efek positif. Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah aplikasi yang ada pada App store memang tidak sebanyak Google Playstore, namun hal tersebut bukannya terjadi tanpa alasan, melainkan karena pihak Apple sendiri yang benar benar selektif dalam memilih aplikasi.

3 Perbedaan Antara Google PlayStore dan App Store

Bagi pengguna, tentu saja sikap selektif dalam memilih aplikasi yang layak masuk ke dalam app store tersebut merupakan hal yang positif. Karena semakin ketat prosedur yang ada, maka kualitas dari aplikasi yang ada di dalam App store akan lebih terjamin. Hal tersebhut berbanding terbalik dengan para developer dimana mereka akan memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk ditolak ketika melakukan submit  ke App store. Karena hal itulah juga mengapa banyak developer yang lebih memilih pasar Google Playstore.

Kemudahan Dalam Pencarian Aplikasi

Salah satu factor yang membedakan antara Google Playstore dengan App store adalah proses pencarian aplikasi melalui fitur search. Pada Google Play, keyword yang kita masukkan akan dicocokkan dengan keterangan apapun yang ada pada aplikasi mulai dari judul hingga deskripsi dari aplikasi itu sendiri. Sementara di App store, keyword yang kita masukkan akan dicari melalui fitur keyword yang telah disiapkan pada masing masing developer ketika mereka mendaftarkan aplikasinya di App store ini. Jadi secara umum dari segi pencarian Google Playstore memiliki hasil yang lebih luas, namun dari segi relevansi iOS cenderung lebih tepat, selama keyword yang kita masukkan tidak terlalu spesifik.

3 Perbedaan Antara Google PlayStore dan App Store

Harga Serta Kompatibilitas

Berbicara soal harga tentu saja Google Playstore merupakan tempat dimana Anda dapat mendapatkan berbagai jenis aplikasi tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Serta banyaknya aplikasi yang ditawarkan juga secara tidak langsung menunjukkan fleksibilitas dalam hal kompatibel tidaknya aplikasi tersebut terhadap kebanyakan smartphone. Memang jika menilik dari segi harga dan kompatibilitas App Store dapat dibilang masih kalah, namun kembali lagi perlu diingat karena aplikasi pada App store telah melalui prosedur seleksi yang maksimal maka Anda dapat percaya bahwa tidak akan ada aplikasi yang tidak memuaskan yang Anda jumpai di App store.

3 Perbedaan Antara Google PlayStore dan App Store

Tiga perbedaan tersebut adalah perbedaan utama antara Google Play dengan App store. Tentu saja jika sudah berbicara soal preferensi maka tidak akan ada yang dinamakan dengan benar tidak atau lebih baik mapun lebih buruk, semua memiliki kelebihan serta kekurangannya masing masing.

Sumber gambar: androidauthority,tabtimes