Vine Dipastikan Berganti Nama Menjadi Vine Camera

Anda tentu masih ingat bahwa pada bulan Oktober lalu pihak twitter berencana menutup total akses vine bukan? Sepertinya rencana tersebut tidak akan menjadi kenyataan karena pada hari ini pihak twitter telah memberi konfirmasi bahwa mereka tidak akan menarik vine dari app store seperti yang telah diberitakan sebelumnya. Justru sebaliknya, vine akan tetap berada di app store namun menggunakan nama yang berbeda, yaitu Vine Camera. Pada dasarnya aplikasi ini merupakan aplikasi dengan cara kerja yang sama namun Vine Camera memiliki tingkat pemeliharaan yang cenderung tidak seintensif Vine pada masanya. Seperti yang kita ketahui bahwa Vine adalah sebuah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk merekam video berdurasi 6 detik secara looping untuk kemudian dibagikan kepada komunitas. Kemampuan tersebut akan tetap ada pada Vine Camera namun komunitas vine yang telah ada sebelumnya akan dihilangkan.

Vine Dipastikan Berganti Nama Menjadi Vine Camera

Video yang direkam menggunakan aplikasi Vine Camera dapat Anda simpan di dalam smartphone Anda ataupun diunggah ke dalam twitter, seperti yang kita ketahui bahwa vine sendiri berada dibawah naungan twitter selayaknya instagram yang berada di bawah naungan facebook.  Karena itulah kali ini twitter akan membuat strategi pemasaran yang sama, yaitu untuk memperkuat hubungan antara twitter dengan vine, daripada membuat vine camera sebagai suatu media yang berdiri sendiri. Bahkan ke depannya pihak twitter juga memiliki rencana untuk memindahkan basis pengguna vine ke twitter itu sendiri.

Hal tersebut sudah di dalam agenda ke depan dari pihak twitter, mereka juga telah mempersiapkan cara untuk melakukan follow terhadap user favorit Anda selama berada di Vine melalui twitter. Hal tersebut diungkapkan dalam blog post yang dirilis secara bersamaan dengan berita bergantinya vine menjadi vine camera, namun demikian tidak ada informasi lebih lanjut bagaimana dan kapan proses transisi ini akan dilakukan.

Vine Dipastikan Berganti Nama Menjadi Vine Camera

Walau vine sendiri dapat diartikan akan menghilang, namun seperti yang telah dijanjikan oleh pihak twitter sebelumnya bahwa website vine akan terus aktif. Bagi Anda yang ingin melihat arsip video yang telah diciptakan oleh ribuan user vine selama beberapa tahun terakhir Anda cukup membuka website vine seperti biasa karena konten tersebut tidak akan dihapus, setidaknya untuk jangka waktu yang cukup lama.

Vine Dipastikan Berganti Nama Menjadi Vine Camera

Berita tentang bergantinya vine menjadi vine camera ini ternyata cukup menuai beberapa pendapat miring dari para penggunanya. Beberapa dari mereka ada yang merasa kecewa karena dengan pergantian nama ini, maka secara tidak langsung pihak twitter telah menolak berbagai tawaran akuisisi yang dapat menyelamatkan versi original dari vine. Namun mereka sudah harus puas karena setidaknya layanan vine masih dapat digunakan, walau ada sedikit kekurangan.

Sumber gambar: gsmarena, techcrunch