MyShake, Aplikasi Pendeteksi Gempa Bumi

Seiring berkembangnya zaman, teknologi dan informasi bukan sekedar media hiburan, namun menjadi salah satu hal yang dapat membantu kemaslahatan bersama. Dengan adanya teknologi ini Anda mampu mengetahui sesuatu yang terjadi di belahan dunia lain serta mengikuti berita beritanya. Namun ada beberapa hal yang sampai saat ini tidak dapat dikendalikan oleh teknologi, yaitu alam. Tentu saja sebagian besar kejadian di alam tidak dapat dikontrol oleh teknologi, namun saat ini kemajuan teknologi telah memberi mereka kemampuan untuk membaca bahkan meramalkan hal yang akan terjadi, seperti bencana alam. Pernahkah Anda membayangkan apa yang terjadi ketika ada badai besar yang akan menerjang kota Anda? Tentu hal yang pertama kali Anda ingat adalah evakuasi, namun bagaimana jika perintah evakuasi tersebut sudah terlambat? Tentu bisa fatal akibatnya. 

MyShake, Aplikasi Pendeteksi Gempa Bumi

Beberapa orang mengerti akan pentingnya pengetahuan serta peringatan dini akan datangnya bencana alam, seperti para seismolog dari UC Berkeley. Beberapa bulan yang lalu mereka telah merilis aplikasi terbaru mereka yang bernama MyShake, sebuah aplikasi yang mampu secara pasif membaca serta mendetekis kejadian seismic atau yang bersangkutan dengan lempeng bumi. Dengan kata lain, aplikasi ini mampu mendeteksi gempa bumi yang terjadi di sekitar lingkungan Anda.

Semenjak aplikasi ini dirilis pada quarter awal tahun ini, sudah ada ratusan ribu unduhan dari berbagai orang di seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi gempa bumi kecil maupun besar, sebuah pencapaian yang diluar ekspektasi  pembuatnya. “Kami tidak menyangka bahwa aplikasi ini tidak hanya mendeteksi gempa bumi dengan skala besar, namun skala kecil juga. Kami tidak pernah menyangka bahwa hal tersebut dapat terjadi” ungkap Qingkai Kong, salah satu tim pembuat aplikasi ini.

MyShake, Aplikasi Pendeteksi Gempa Bumi

Aplikasi ini bekerja dengan memanfaatkan teknologi Accelerometer yang ada di dalam smartphone Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini hanya bekerja ketika smartphone Anda dalam keadaan idle, jadi tidak akan mengganggu kegiatan sehari hari Anda.  Aplikasi ini tidak hanya “meramalkan” gempa bumi yang akan terjadi, namun Anda jga dapat melihat catatan gempa bumi yang pernah terjadi sebelumnya.

KELEBIHAN


  • Mampu membantu meramalkan gempa bumi
  • Dibuat dalam bentuk Networking
  • Tidak membutuhkan pembelian

KEKURANGAN


  • Memakan daya baterai
  • Tidak ada notifikasi untuk sensor  live update
  • Masih ada beberapa bug

MyShake, Aplikasi Pendeteksi Gempa Bumi

Secara garis besar, aplikasi ini adalah sebuah inovasi yang sangat berguna tidak hanya untuk keperluan riset mengenai gempa bumi, namun juga untuk orang banyak. Fitur aplikasi yang bekerja hanya saat smartphone dalam kondisi idle atau tidak digunakan sehingga tidak mengganggu kegiatan sehari hari juga sangat brilian. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play dengan gratis.

Sumber gbr: myshake.berkeley.edu, Google Play