Mengenal Desain Terbaru Android Nougat

Jika Anda mengikuti perkembangan dunia Android, maka Anda pasti juga telah mengetahui bahwa beberapa waktu lalu Android 7.1 Nougat telah dirilis. Operating System bawaan google ini pada awalnya hanya tersedia pada smartphone eksklusif Google Pixel dan Pixel XL, namun sepertinya dalam waktu dekat semua perangkat juga telah akan siap untuk menyambut update terbaru dari sistem operasi ini. Pada versi 7.0 memang tidak ada perbedaan yang mencolok dengan versi Android Marshmallow, namun dengan adanya update versi 7.1 ini dapat dikatakan bahwa Android telah mengalami banyak perubahan serta beberapa peningkatan dalam fitur fitur baru. Berikut adalah ulasan kami mengenai beberapa desain terbaru yang tersedia dalam Android Nougat.

Mengenal Desain Terbaru Android Nougat

Ada beberapa perubahan yang terlihat dengan cukup jelas pada versi Android ini yang tentu saja mampu memberi nuansa baru pada Anda yang telah menantikan adanya perubahan visual dari Android.  Perubahan mencolok pertama adalah bentuk ikon bawaan yang tidak lagi dalam bentuk kotak atau bentuk bebas, melainkan saat ini bentuk ikonnya telah berubah menjadi lingkaran. Bentuk lingkaran tersebut tidak diimplementasikan tanpa alasan, bentuk ikon android terbaru ini secara tidak langsung memberi tanda bahwa setiap aplikasi harus menggunakan “seragam” yang sama, jadi nantinya Anda tidak akan lagi melihat ikon yang berbeda beda dalam smartphone Anda, seperti ikon berbentuk persegi, lingkaran, bahkan yang abstrak sekalipun, sehingga tampilan home screen Anda akan lebih tertata.

Beberapa aplikasi juga akan memiliki built in shortcut dimana nantinya beberapa fitur dari aplikasi tersebut akan dapat langsung Anda akses melalui halaman depan pada smartphone Anda. Contohnya adalah google map akan memiliki shortcut berupa navigasi khusus yang menunjukkan arah rumah, messenger yang akan memiliki shortcut untuk memunculkan pesan chatting terbaru, ataupun kamera yang akan memiliki shortcut untuk melakukan selfie. Tentu saja adanya fitur shortcut ini membuat peluang bagi aplikasi lain untuk mengimplementasikan fitur yang sama.

Mengenal Desain Terbaru Android Nougat

Perubahan desain visual juga terjadi pada notifikasi pop up, tentu Anda mengetahui bahwa pada Android Marshmallow, setiap pop up dari aplikasi misalnya messenger akan terlihat seakan akan berada di atas layar smartphone anda atau overlay, pada Android Nougat pop up tersebut akan mengalami perubahan yaitu semakin menyatu dengan layar, jadi tidak ada lagi kesang “mengambang” di permukaan layar.

Salah satu perbedaan yang mencolok juga pada animasi pada setiap interaksi. Dalam Android Nougat, animasi terlihat lebih lancar dan lebih halus, seperti saat kita melakukan swipe  untuk membuang aplikasi yang tidak dibutuhkan dari task manager, atau membuang pop up notifikasi dari aplikasi messenger. Salah satu bagian yang mencolok juga ketika menarik setting dari atas layar, turunnnya layar setting tersebut terlihat lebih halus dan dinamis.

Mengenal Desain Terbaru Android Nougat

Ulasan singkat di atas adalah beberapa perubahan dari segi visual pada Android 7.1 Nougat, tentu saja masih banyak perubahan dan penambahan fitur fitur baru yang sayang untuk Anda lewatkan.  Fitur terbaru tersebut akan kami kupas pada artikel selanjutnya.

Sumber gambar: youtube, pocketlint