Kenali dan Hindari Modus Penipuan Online Shop!!!

Sebelumnya Jagoan Gadget sudah memberikan beberapa Tips Berbelanja Online dengan Aman dengan harapan membantu para customer dan buyer transaksi online terhindar dari penipuan online yang memang marak terjadi. Namun beberapa waktu belakangan kami banyak menerima laporan dari customer kami yang menemui penipuan online shop yang mengatasnamakan Jagoan Gadget, dan parahnya oknum - oknum tak bertanggungjawab tersebut menggunakan testimoni kami yang di ambil dari instagram Jagoan Gadget Testimoni.


Penipuan di dunia maya memang sering terjadi dan banyak sekali modusnya. Mulai dari dengan berpura - pura meminta bantuan dan memang yang paling banyak adalah penipuan online shop yang menjual barang dengan menawarkan harga yang sangat murah terutama untuk handphone atau smartphone. Mereka beralasan bahwa barang yang mereka jual adalah barang illegal atau black market yang tidak melalui bea cukai. Namun harga yang ditawarkan sangat tidak masuk akal bagi kami sebagai supplier dan distributor handphone yang memang tau benar harga dari importir. Namun bagi orang awam harga ini sangat menggiurkan, nah disini kesempatan para penipu menarik minat para korbannya.

Jika tips dari kami dalam artikel pada link di atas belum cukup, disini kami akan menambahkan tips dan cara menghindari penipuan online.

  • Lapak Penjual Online
Yang perlu Anda cermati adalah lapak dari penjual online yang akan Anda beli. Kebanyakan penipu online tidak memiliki lapak yang jelas, baik itu lapak di ecommerce, market place ataupun website sendiri. Meskipun tidak memiliki toko fisik atau offline yang bisa Anda datangi langsung, seller online tentunya harus memiliki lapak online yang jelas.

  • Kontak dan Rekening Penjual Online
Track record atau rekam jejak seorang penjual online bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah penjual tersebut penipu atau bukan. Penjual online yang terpercaya pastinya memiliki track record yang baik, tidak pernah menipu jadi data - data yang digunakan tidak akan ganti mulai dari nomer handphone, pin BBM sampai rekening yang digunakan untuk bertransaksi. Nah rekening ini adalah yang terpenting, karna membuat rekenging baru tidak semudah ganti nomer hp atau kontak lainnya, karena penipuan online bisa kita laporkan dan memblokir rekening si penipu. Caranya ada pada link di akhir artikel.

Data penipu juga ada di beberapa website yang menerima laporan dari korban - korban penipuan online seperti di Polisi Online dan website lainnya yang melampirkan daftar penipu online shop yang bisa Anda lihat agar berhati - hati jika menemui penjual online yang terdaftar disitu.

Customer kami banyak yang meminta foto KTP untuk meyakinkan bahwa kami toko online terpercaya. Menurut kami foto KTP bukan bukti yang valid untuk membuktikan sebuah penjual terpercaya atau tidak. Banyak penipu online yang mau memberikan foto KTP namun foto tersebut tidak asli atau milik orang lain bahkan mereka menunjukan surat dan setifikat izin usaha dan lain - lain yang palsu. Jadi kami selalu menolak jika dimintai foto KTP karena kami juga tidak ingin nantinya foto tersebut disalah gunakan.

CONTOH FOTO KTP PENIPU YANG DILAPORKAN OLEH CUSTOMER KAMI


















  • Bukti Transaksi dan Testimoni
Nah, beberapa laporan yang masuk ke kami belakangan ini ada penipu online shop yang mengatasnamakan Jagoan Gadget dan menggunakan testimoni dari kami. Para korban yang tertipu kebanyakan mereka kurang teliti. Kontak yang digunakan tidak terdaftar di website kami, bahkan rekening yang digunakan untuk menerima pembayaran berbeda dengan yang tertera di website ini. Kami hanya menggunakan rekening atas nama Haryo K. P. Padahal testimoni dan bukti transaksi tertera nama website kami dan rekening atas nama kami. Namun korban tetap melakukan pembayaran ke rekening yang berbeda, mungkin karena kurang teliti atau tergiur dengan harga yang sangat murah.

Jika Anda menemui seller yang mengaku dari sebuah lapak / website yang sudah terkenal sebagai toko online terpercaya, pastikan dulu kontak dan data - data cocok dengan yang ada di website.

  • Harga yang Ditawarkan
Seperti yang disebutkan di atas, harga yang ditawarkan penipu online sangat tidak masuk akal. Contohnya saja iPhone 6S bisa ditawarkan dengan harga 1 - 2 juta bahkan ratusan ribu yang harga pasaran masih 6 - 7 juta. Siapa yang tidak tergiur? Namun Anda justru harus berhati - hati dan curiga bila ada yang menawarkan harga terlalu murah.

Memang Jagoan Gadget menyediakan smartphone replika atau supercopy yang harganya jauh lebih murah dari original namun kita tetap menginformasikan pada buyer bahwa barang tersebut adalah replika. Penipu biasanya menjual barang sangat murah dan mengatakan bahwa barang tersebut original agar calon korban semakin tertarik untuk membeli.

Penipu biasanya beralasan bahwa barang yang dijual adalah barang BM atau Black Market yang tidak melalui bea cukai dan tidak dikenai pajak sehingga harganya sangat murah namun setelah Anda bertransaksi melakukan pembayaran barang tidak kunjung tiba di tangan Anda. Apa sih Handphone Black Market itu? Banyak orang memiliki pemikiran bahwa brang seperti itu memang ada, "hp bm itu harganya murah, jauh dari harga pasaran, harganya setengah dari aslinya." hal tersebut menjadi kesempatan para penipu untuk memakai modus menawarkan harga murah dan mengatakan bahwa barang tersebut BM.

Black Market artinya pasar gelap, jadi singkatnya barang bm terutama handphone adalah barang yang berperjual belikan secara tidak resmi jadi seperti handphone garansi internasional dan garansi distributor bisa dibilang barang BM karena tidak dipasarkan secara resmi oleh perusahan resmi yang memiliki izin untuk import barang tersebut seperti SEIN, TAM dan lainnya. Memang harga lebih murah dari barang resmi karena garansi bukan dari perusahaan resmi yang pelayanannya memang lebih baik, namun selisih harga juga tidak sampai setengah dari harga pasaran seperti yang dipikirkan kebanyakan orang. Baca lebih lengkap mengenai handphone BM pada link yang ada di atas.

Demikian informasi yang kami sampaikan agar para customer online terhindar dari penipuan online. Jika Anda sudah terlanjur tertipu oleh penipu online dan barang yang Anda beli tidak Anda terima, sebaiknya Anda laporkan ke pihak bank dan polisi secepatnya. Baca Cara Melaporkan Penipuan Online. Share juga pengalaman Anda agar buyer yang lain tidak mudah tertipu oleh oknum - oknum tidak bertanggung jawab di dunia maya.