Fitur Terbaru Android 7.1 Nougat

Jika pada artikel sebelumnya Anda telah mengetahui perubahan visual yang terdapat dalam Android 7.1 Nougat, maka kali ini kami akan memberi ulasan tentang beberapa fitur terbaru yang ada di dalam update sistem operasi Android tersebut. Memang pada update terbaru ini banyak bagian yang mengalami perubahan atau tweaking, beberapa fitur terbaru juga telah ditambahkan. Fitur fitur tersebut antara lain Fitur Split Screen Multitasking, Google Assistant, Serta Battery Enchancement. 

Fitur Terbaru Android 7.1 Nougat

  • Split Screen Multitasking

Seperti namanya, fitur terbaru ini memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi dalam waktu yang bersamaan dalam satu layar, hampir mirip seperti ketika Anda melakukan pekerjaan secara multitasking dalam desktop.  Satu hal yang menarik adalah bahwa kegiatan multitasking ini kompatibel dengan kedua orientasi layar; portrait maupun landscape. Memang jika Anda pengguna smartphone Samsung dan LG, maka Anda tentu sudah mendapatkan fitur multitasking ini melalui skin khusus yang kedua vendor tersebut keluarkan secara eksklusif melalui smartphonenya. Namun dengan adanya Android Nougat ini Google secara resmi mengimplementasikan fitur splitscreen untuk perangkat luas.

Fitur Terbaru Android 7.1 Nougat

Cara menggunakan fitur split screen multitasking ini cukup sederhana, Anda tinggal mengambil aplikasi yang ingin Anda operasikan melalui tombol recent apps, lalu secara otomatis Anda dapat mengatur aplikasi mana yang ingin Anda operasikan secara bersamaan. Memang mengingat split screen ini membagi layar ke dalam dua bagian, maka hasil yang lebih baik akan terlihat pada smartphone yang memiliki ukuran layar cukup besar, sayangnya fitur ini masih belum kompatibel untuk semua games yang mengharuskan layar full screen

  • Google Assistant

Google Assistant adalah sebuah aplikasi unik yang mampu bertindak sebagai asisten Anda dalam beroperasi dalam Android. Aplikasi ini mendukung fitur speech recognition yang membuat penggunaannya menjadi lebih simple dan interaktif.  Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk melihat jadwal harian, atau melihat informasi tentang cuaca, bahkan Anda dapat bertanya sesuatu dan aplikasi ini secara otomatis akan memberi jawaban atau melakukan redirect ke halaman pencarian google.
Fitur Terbaru Android 7.1 Nougat

Dalam Android 7.1 Nougat, Google Assistant tampil dengan lebih interaktif, yaitu dalam bentuk chatting sehingga akan menimbulkan kesan lebih hidup. Aplikasi ini juga menjadi lebih “pintar” dan dapat Anda gunakan untuk lebih banyak hal, Google Assistant memang layak menjadi aplkasi asisten digital terbaik saat ini.

  • Battery Enchancement

Jika dalam Android Marshmallow Anda mengenal fitur “Doze”, yaitu fitur dimana Android akan menghemat penggunaan baterai ketika sedang tidak digunakan dan tidak mengalami pergerakan (diletakkan diatas meja) maka kali ini Android Nougat memperkenalkan fitur “Doze On The Go”. Fitur tersebut memungkinkan smartphone Anda untuk masuk dalam mode hemat baterai seperti saat fitur “Doze” sedang aktif, namun bedanya kali ini Anda tidak perlu meletakannya di atas meja, fitur penghemat baterei tersebut dapat aktif bahkan ketika Anda tengah membawanya di dalam saku atau tengah berjalan jalan. 

Fitur Terbaru Android 7.1 Nougat

Tulisan di atas adalah ulasan kami mengenai beberapa fitur terbaru yang terdapat dalam update Android terbaru, Android Nougat. Memang update terbaru ini bukanlah update terbesar yang pernah terjadi dalam sistem operasi ini, namun update ini setidaknya mampu membawa angin segar bagi para pecinta Android dengan tampilan dan berbagai fitur barunya.

Sumber gambar: androidauthority, pocketlint