Cara Meningkatkan RAM Tanpa Root Pada Android

Jika Anda telah menggunakan smartphone kesayangan Anda dalam waktu yang lama, tentu saja Anda akan mulai merasakan kinerja smartphone Anda yang mulai melambat, sehingga akhirnya memaksa Anda untuk melakukan restart pada smartphone. Memang jika hanya sekali atau dua kali tidak masalah, namun jika berkali kali hal tersebut dapat mengganggu kegiatan harian Anda dengan smartphone tersebut, apalagi jika Anda tengah sibuk. Maka dari itu Anda harus bisa mencari masalah apa yang tengah terjadi sehingga smartphone Anda kehilangan performa primanya. Salah satu “terdakwa” yang mengakibatkan smartphone Anda melambat adalah tidak adanya space pada RAM. Seperti yang kita ketahui RAM atau Random Access Memory berguna untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh smartphone saat sedang melakukan sesuatu. Ketika kapasitas RAM ini sudah penuh atau tidak cukup untuk menampung data lagi maka tentu saja performa smartphone Anda dapat melambat. Ada banyak cara untuk meningkatkan RAM pada smartphone Anda, namun sebagian besar cara tersebut mengharuskan Anda untuk melakukan root pada smartphone. Kali ini, kami akan membahas bagaimana cara meningkatkan RAM tanpa menggunakan root.

Cara Meningkatkan RAM Tanpa Root Pada Android

Sebelum melangkah lebih jauh maka ada baiknya jika Anda memahami apa sebenarnya RAM atau Random Access Memory ini, sehingga nantinya Anda tahu langkah apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk memperbaiknya. RAM adalah sejenis alat yang digunakan oleh perangkat ketika sedang melakukan sesuatu. Seperti contohnya ketika Anda sedang melakukan edit video, aplikasi yang Anda gunakan akan tersimpan sementara dalam RAM, semakin besar kapasitas RAM semakin banyak aplikasi yang dapat Anda jalankan.

Masalahnya adalah tidak semua aplikasi bekerja seperti seharusnya, masih ada sisa sisa data yang tertinggal dalam RAM atau proses yang berjalan walau sudah tidak diperlukan,lambat laun hal tersebut akan membuat terjadinya anomaly pada RAM dan mengakibatkan melambatnya performa perangkat Anda, dalam kasus yang parah dapat terjadi Hang / Crash. Untuk smartphone memang tidak ada cara untuk menambah kapasitas RAM, namun tentu saja ada cara untuk menggunakannya dengan lebih efektif.

Cara Meningkatkan RAM Tanpa Root Pada Android

Beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat penggunaan RAM menjadi lebih efektif adalah:


  • Disable Live Wallpaper serta Widget yang tidak diperlukan
  • Disable  proses dari aplikasi yang tidak diperlukan melalui options
  • Disable  Animasi Bawaan dari Android ( Harus mengaktifkan Developer Options )


  1. Aktifkan developer options ( Settings > About Phone > ketuk 7x pada Build Number
  2. Setelah keluar notifikasi developer options, kembali ke menu
  3. Cari opsi developer options
  4. Pada bagian drawing, matikan Window Animation Scale, Transition Animation Scale, Animator Duration Scale. Harap berhati hati saat mengubah opsi tersebut
  5. Restart smartphone Anda 


Cara Meningkatkan RAM Tanpa Root Pada Android

Pada dasarnya untuk meningkatkan RAM adalah dengan mematikan berbagai aplikasi atau fitur yang tidak dibutuhkan. Banyak aplikasi yang dapat membantu Anda untuk melakukan hal ini dan dapat Anda unduh secara langsung melalu app store. 

Sumber gambar: Androidpit