Buat Smartphone Anda Menjadi Scanner Foto Dengan Google Photoscan!

Anda tentu pernah berpikir untuk “mengamankan” foto kesayangan Anda ke dalam data digital bukan? Atau sekedar ingin memindah gambar dari foto yang ada ke dalam laptop atau smartphone Anda. Kini Anda tidak perlu lagi repot untuk mencari alat yang dapat melakukan scanning foto karena baru baru ini google telah merilis aplikasi barunya yang bernama Photoscan. Seperti namanya, aplikasi ini adalah inovasi terbaru oleh google di bidang fotografi yang memungkinkan setiap penggunanya untuk melakukan scanning foto hanya dengan menggunakan smartphone mereka. Tentu saja Google Photoscan ini sangat membantu karena selain praktis, aplikasi ini juga mampu memberi hasil maksimal selayaknya melakukan scanning dan editing foto melalui layar computer.

Buat Smartphone Anda  Menjadi Scanner Foto Dengan Google Photoscan!

Mungkin beberapa dari Anda berfikir bahwa fitur kamera pada smartphone adalah jawaban terbaik saat ingin memindah gambar dari foto ke dalam data digital, tinggal ambil saja gambar fotonya dan simpan di dalam smartphone. Namun sayangnya tidak sesederhana itu, karena dalam pengambilan gambar banyak faktor yang harus diperhatikan seperti sudut pengambilan gambar serta pencahayaan yang pas. Google Photoscan mampu melakukan hal tersebut sehingga membuat hasil tarikan gambar sama mirip seperti layaknya hasil yang didapatkan melalui mesin scanning.

Cara kerja dari aplikasi ini sebenarnya cukup sederhana. Photoscan akan mengambil gambar sebanyak empat kali lalu menggabungkannya ke dalam satu gambar. Hal ini tentu saja sangat menarik karena setiap gambar akan saling melengkapi satu sama lain, misalnya jika ada pencahayaan yang kurang pada satu gambar maka gambar lain akan mampu menutup kekurangan tersebut. Tidak sebatas itu, Photoscape juga mampu mengurangi beban Anda dalam melakukan editing gambar karena setelah menyatukan ke empat data foto tersebut, photoscan akan secara otomatis melakukan beberapa pembenahan minor terhadap hasilnya. 

Buat Smartphone Anda  Menjadi Scanner Foto Dengan Google Photoscan!

Cara menggunakan Google photoscan ini juga sangat gampang dan sederhana. Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menggunakan aplikasi ini:

  • Unduh Aplikasi melalui Google Play
  • Pasang dan buka aplikasi
  • Siapkan foto yang ingin diproses
  • Arahkan kamera smartphone ke arah foto 
  • Akan muncul 4 titik pada layar, arahkan kamera Anda ke 4 titik tersebut satu persatu
  • Tunggu selama beberapa detik


Buat Smartphone Anda  Menjadi Scanner Foto Dengan Google Photoscan!

Hanya dengan beberapa langkah sederhana tersebut Anda sudah dapat mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Aplikasi ini pada dasarnya merupakan aplikasi untuk mengambil gambar, namun aplikasi ini mampu memberikan pelayanan untuk memberi kualitas gambar terbaik sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai pengganti mesin scanning yang biasa Anda gunakan. Perlu diingat bahwa faktor kemampuan kamera smartphone Anda juga berpengaruh terhadap gambar yang diambil.  Aplikasi ini sudah dapat Anda dapatkan secara gratis melalui Google Play.

Sumber gambar: google play, theverge