Satu Lagi Inovasi Terbaru Facebook, Instant Games

Menurut Anda, kegiatan apakah yang paling membosankan? Menunggu antrian pom bensin, menemani pasangan Anda belanja, atau menunggu pesan yang tak kunjung dibalas? Jika jawaban Anda adalah yang ketiga, maka sepertinya Anda membutuhkan sesuatu yang dapat menjawab kebosanan tersebut. Baru baru ini pionir dunia teknologi dunia, facebook merilis fitur terbarunya beranama Instang Games. Fitur ini memungkinkan para pemainnya untuk bermain melalui aplikasi facebook messenger yang ada di dalam smartphone mereka. Tentu fitur ini merupakan bentuk pengertian pihak facebook terhadap para pengguna messenger yang ada di seluruh belahan dunia akan betapa membosankannya menunggu pesan singkat yang tidak kunjung dibalas.

Satu Lagi Inovasi Terbaru Facebook, Instant Games

Seperti layaknya game pada umumnya, Facebook Instant Gaming ini memiliki beberapa fitur seperti fitur kompetitif berupa high score sharing sehingga Anda dapat membandingkan highscore Anda dengan teman teman Anda. Ada juga fitur leaderboard untuk melihat siapakah pemilik nilai tertinggi di game game tertentu. Sejauh ini telah ada kurang lebih 17 game yang dapat Anda mainkan melalui facebook messenger Anda, game game ini adalah game andalan dari developer yang cukup terkenal seperti Bandai Namco, Konami, Zynga, King bahkan developer retro gaming yang namanya telah dikenal oleh berbagai kalangan, Taito. 

Satu Lagi Inovasi Terbaru Facebook, Instant Games

Memang sebagai Instant Game yang ditargetkan untuk mengisi waktu luang disela sela chatting Anda, Messenger Gaming ini tidak akan memiliki grafik yang high end seperti game facebook pada umumnya. Faktanya sebagian besar dari permainan yang dapat dimainkan akan selesai dalam waktu kurang lebih satu atau dua menit saja., sehingga Instant Gaming ini benar benar cocok disebut sebagai permainan untuk mengisi waktu luang. Namun jangan beranggapan bahwa permainan minimalis ini akan menjadi permainan yang membosankan. Justru sebaliknya, walaupun memiliki grafik yang standar serta durasi gameplay yang cukup singkat, Messenger Gaming mampu memberikan pengalaman bermain yang luar biasa. Sepertinya Facebook ingin mengimplementasikan permainan yang simple yet addictive dalam fitur Messenger gaming ini, dimana pemain akan merasa ketagihan dengan permainan permainan yang ada walau dapat dibilang permainan tersebut cukup sederhana. Salah satu kelemahan dari instant gaming ini adalah kontrolnya yang terkadang cukup merepotkan  dan memungkinkan untuk mengganggu Anda ketika bermain permainan yang membutuhkan respon cepat seperti pac-man.

Satu Lagi Inovasi Terbaru Facebook, Instant Games

Messenger gaming dibuat berdasarkan HTML 5, tentu saja Anda masih mengingat permainan yang sempat popular pada platform facebook desktop. Seiring dengan berjalannya waktu, pengguna facebook mulai beralih ke platform mobile sehingga cukup jarang orang yang mau membuka computer hanya untuk bermain permainan yang ada di dalam facebook. Instant Gaming ini sepertinya juga menjadi solusi bagi facebook untuk mengatasi peralihan tersebut. Instant gaming ini juga menjadi gerbang baru bagi para developer untuk kembali mengais dollar melalui Facebook. Saat ini instant gaming hanya tersedia di 30 Negara saja.

Sumber gambar: techcrunch