Anti-Harrasment, Fitur Terbaru Twitter Untuk Blokir Para Haters

Saat ini kebebasan untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat telah naik ke tingkat yang lebih tinggi, hal ini terjadi karena adanya media sosial. Seperti yang kita ketahui bersama media sosial bertujuan untuk memberi saran bagi siapa saja untuk saling berhubungan dengan teman atau keluarga walau mereka berada dalam lokasi yang jauh, melalui media sosial ini jugalah kita dapat berbagi momen momen yang terjadi dalam kehidupan sehari hari, baik itu momen menyenangkan maupun menyedihkan. Media sosial saat ini juga telah mengalami pergeseran fungsi dari sekedar sarana untuk saling berkomunikasi dan bersosialisasi satu sama lain menjadi sarana untuk mencari pundi uang. Tentu saja dibalik kelebihan tersebut terselip sebuah kekurangan ; yaitu kebebasan untuk berbicara dalam media sosial yang mana dapat menimbulkan konflik dan permasalahan. Mengingat bahwa menngungkapkan pendapat dalam media sosial tidak mengharuskan pengggunanya untuk berbicara secara langsung, maka tidak dapat dipungkiri  tendensi untuk melakukan hatespeech tentu lebih kuat. 

Anti-Harrasment, Fitur Terbaru Twitter Untuk Blokir Para Haters,apps, aplikasi, android, ios, aplikasi android dan ios

Twitter sebagai salah satu perusahaan pemilik media sosial yang paling diminati oleh jutaan netizen di dunia mengerti celah tersebut, karenanya mereka baru baru ini merilis sebuah fitur terbaru bernama Anti –Harrasment. Fitur terbaru ini bertujuan utuk membuat para pengguna Twitter menjadi lebih nyaman dalam berkegiatan. Cara kerja dari fitur ini adalah dengan mematikan notifikasi yang mengandung kata atau frasa tertentu. Fitur ini merupakan tindak lanjut pihak Twitter terhadap maraknya jumlah hatespeech yang muncul dari kicauan para penggunanya. Sebelumnya, pengguna Twitter dapat melakukan blokir terhadap akun akun tertentu namun mereka tetap tidak dapat menghindari datangnya notifikasi dari akun yang tidak mereka blokir, namun saat ini dengan adanya fitur ini para pengguna dapat berselancar dengan lebih nyaman karena mereka dapat melakukan filtering terhadap apa yang ingin mereka lihat dalam newsfeed
 .
Anti-Harrasment, Fitur Terbaru Twitter Untuk Blokir Para Haters,apps, aplikasi, android, ios, aplikasi android dan ios

Kedepannya, Twitter juga berencana untuk melakukan tindak filtering yang sama terhadap tagar, jadi pada akhirnya pengguna dapat memilah tagar dan kata kata yang ingin mereka lihat dalam notifikasi mereka. Menurut pihak Twitter, fitur ini adalah awal dari usaha mereka untuk menciptakan suasana yang damai dan aman dalam berselancar di dunia sosial media, Twitter akan terus memantau dan melakukan inovasi baru seiring dengan berjalannya waktu.

Sumber gambar: twitter, heavyeditorial