MacBook 2016, Laptop Apple Dengan Desain Estetis Terbaru

Tahun lalu, Apple meluncurkan produk Macbook 12 inchinya ke pasaran, produk ini tidak dinamakan Macbook Air, atau Macbook Pro, atau lainnya, hanya Macbook. Macbook ini adalah hasil karya Macbook yang memiliki desain terbaik diantara Macbook lainnya. Laptop ini memiliki bentuk yang indah, sangat tipis dan ringan lengkap dengan display Retina dan trackpad janis baru. Akan tetapi bentuk setipis ini banyak mengorbankan performa mesinnya. 

Macbook, apple, ipad, iphone, laptop, terbaru 2016

Lalu, muncullah Macbook versi baru untuk menggantikan posisi Macbook tahun lalu. Hasilnya adalah Macbook yang sama persis dengan tambahan performa yang lebih baik. Perbedaan mencolok dimulai dari warnanya yang mana Macbook tahun ini berwarna rose gold sedangkan Macbook tahun kemarin datang dalam warna silver, space gray, dan gold. 

Sama seperti laptop yang lalu, Apple membalut bodi Macbook 2016 dengan alumunium solid. Berat maksimal dari laptop ini mencapai kurang dari satu kilo dengan ketebalannya mencapai 13.1 mm, lebih tipis daripada MacBook Air menjadikannya laptop paling tipis diantara jajaran laptop Apple. Macbook 2016 memberikan kenyamanan antarmuka lewat layar Retina displaynya yang ber resolusi 2304x1440 pixel. Rasio dari laptop ini pun mencapai 16x10 yang nyaman dipakai untuk entertainment.

laptop, apple, ipad, iphone, terbaru, 2016

MacBook tahun lalu memang sedikit mengecewakan fans Apple, akan tetapi tidak perlu khawatir akan performa Macbook 2016 yang baru ini. Macbook 2016 dibekali dengan hasil upgrade mesin pacu dari Macbook 2015. Laptop yang baru sudah dilengkapi dengan processor Intel Core M (bagian dari generasi Skylake) dan memiliki flash memory yang lebih cepat. Macbook 2016 memiliki TurboBoost didalamnya yang bisa memacu mesin hingga berjalan pada 2.2GHz, sedangkan spesifikasi versi lainnya memberikan TurboBoost hingga 2.7GHz.

Trackpad baru pada Macbook 2016 adalah Force Touch trackpad yang menjadi mahakarya teknisi Apple. Jadi tidak perlu menyentuh trackpad secara fisik, cukup meng-hovernya diatas, kursor di PC sudah berjalan. Tidak hanya bagian bawah trackpadnya saja yang berfungsi untuk click, tapi bagian atas juga bisa melakukan hal yang sama. Saat men-tap sebuah kata di Word atau bagian teks, Macbook 2016 akan menampilkan definisi kata tersebut. Trackpad serbaguna ini juga bisa digunakan untuk tanda tangan, menunjukkan betapa luwesnya trackpad baru Macbook 2016. 

Laptop, terbaru, 2016, apple, ipad, iphone,

Sayangnya, beberapa pengorbanan lagi-lagi dilakukan oleh Apple, salah satunya adalah keyboardnya. Keyboard Macbook 2016 memang memiliki full key, akan tetapi saat diketik, kedalaman keyboard ini terasa terlalu dangkal, hingga tidak terasa nyaman di jari. Fungsi dari keyboard setipis ini adalah karena isu laptop pada umumnya, saat kita membawa laptop dalam keadaan tertutup, jari sering terselip diantara layar dan keyboard yang mengakibatkan kita tidak sengaja meng-input perintah ke laptop. 

Untuk penggemar laptop Apple dengan desain yang estetis dan tidak keberatan dengan satu port USB saja, Macbook 2016 menjadi pilihan terbaik.