iPad Pro vs iPad Air 2, Spesifikasi Manakah yang Tangguh

Banyak perdebatan yang terjadi antar fans Apple tentang iPad Pro dan iPad Air 2. Apakah fitur iPad Air 2 melebihi iPad Pro sehingga harganya lebih mahal? Apakah iPad Air 2 memiliki sesuatu yang tidak dipunyai iPad Pro? Kenapa kedua produk ini dirilis di tanggal yang tidak jauh berbeda? Faktanya, iPad Pro memiliki kualitas yang setara bahkan lebih baik daripada Air 2. Jika ingin tau jawabannya, akan kami bahas sekarang.

iPad pro punya penyimpanan lebih besar.
cita -cita iPad Pro adalah untuk menggantikan laptop. Untuk memastikan hal itu terwujud, Pro ditanami penyimpanan internal yang besar. Kedua seri iPad Pro dengan lebar 9,7 dan 12,9 inchi memiliki tiga pilihan penyimpanan internal yang berbeda yaitu 32, 128 dan 256GB. 
Sedangkan iPad Air 2 hanya menyediakan pilihan model 16 dan 64GB saja.

Support Apple Pencil
Pertimbangan paling jelas untuk kamu memilih iPad Pro daripada Air 2 adalah karena pensil (stylus) nya. Pro dirancang untuk kerja sekaligus entertainment yang menjadikannya dibekali dengan Apple pencil, sedangkan Air 2 tidak. Dengan pensil ini,  kamu bisa menulis catatan, menggambar, mengisi waktu luang dengan mewarnai coloring book dan tidak perlu repot-repot membawa buku catatan.

Ya, kamu pun juga bisa menggunakan stylus reguler dengan iPad Air, akan tetapi akurasi stylus ini tidak menyamai akurasi Apple Pencil yang dimiliki Pro. Pensil ini memiliki dua sensor yang bereaksi untuk tekanan dan kemiringan, memberikan sense sebagaimana kamu memegang pensil biasa.

apple-event-sept9-apple-pencil-8466.jpg, spesifikasi dan harga, iPad Pro vs iPad Air 2, Spesifikasi Manakah yang Tangguh, terbaru 2016


Smart Connector
Model iPad Pro memiliki fitur yang dinamakan Smart Connector yang secara otomatis memasangkan aksesori kompatibel apapun menggunakan port magnetis. Itu artinya kamu tidak perlu repot repot memasangkan gadget gadget kamu dengan Bluetooth secara manual, tinggal “snap” saja dan gadgetmu sudah terhubung dengan iPad Pro.

Smart Connector ini juga memberikan daya pada aksesori, maksudnya kamu tidak perlu lagi baterai besar di dalam keyboard. Sebagai contoh, Smart Keyboard Apple dan keyboard Logitech Create memiliki tipis yang cocok untuk iPad Pro, dengan Smart Connector kedua keyboard ini tidak perlu menggunakan baterai lepas pasangnya lagi.

Fungsinya mungkin belum seberapa besar, akan tetapi hanya soal waktu saja sebelum Apple merilis berbagai aksesori yang bekerja dengan teknologi Smart Connector tersebut, menambah kemampuan iPad Pro. Connector semacam ini tidak akan kamu temukan pada iPad Air 2.

Audio yang lebih baik
iPad Pro memiliki empat speaker, dua diatas dan dua laiinnya di bawah, dibandingkan dengan iPad Air 2 yang hanya memiliki dua speaker dibawah didekat port Lightning. Tapi, perbedaan besarnya adalah pada kemampuan speaker iPad Pro yang bisa mengatur soundnya sesuai dengan bagaimana kamu memposisikan iPad mu. 

ipad-pro-9-7-7459.jpg, spesifikasi danharga, iPad Pro vs iPad Air 2, Spesifikasi Manakah yang Tangguh

img source :www.cnet.com