iOS Enlight, Edit Foto Sekaligus (All-In-One)

Hingga saat ini, Enlight adalah aplikasi editing foto terbaik yang pernah Nona pakai. Meski masih belum kompatibel dengan kontrol kamera iOS 8 seperti KitCamera atau Camera+, Enlight tetap mampu melakukan hal lain yang tidak bisa dilakukan saingannya.

Enlight, apps, photo editor, edit foto, iOS

Enlight memiliki set fitur yang sangat banyak dan hadir dalam bentuk daftar, sehingga Nona tidak perlu bingung untuk memilih efek mana yang akan nona aplikasikan pada foto. Gambar bisa dimasukkan ke bidang kerja dengan dua cara: snap yang mana mengambil gambar lewat kamera, atau library untuk memasukkan gambar ke bidang kerja lewat gallery. Semua bisa dilakukan dengan menggunakan tombol menu di sebelah pojok kanan atas untuk membuka bar menu yang lebih detail dari kiri ke kanan.

Di aplikasi ini, Nona menemukan macam-macam heading seperti Canvas, Images, Filters, Tools dan Brushes yang saat disentuh salah satunya akan memberikan opsi lebih banyak untuk setiap kategorinya, sama seperti Photoshop. 

Enlight, edit foto, photo editor

Sedangkan di bagian bawah layar, tersedia camera roll galeri foto pengguna yang bisa di swipe secara horizontal untuk memilih foto yang ingin diedit. Keunikannya adalah saat meng-swipe foto, masing-masing foto memiliki ukuran full-screen dan terdapat tombol album sama seperti antarmuka photo library iPhone. Di swipe kembali, akan membawa foto yang dipilih kembali ke ukuran normalnya. Di bagian atas layar, terdapat bermacam tombol seperti app settings, kamera, share, dan tombol menu slide-out.

Enlight dirancang dengan semua fitur yang biasanya ditemukan di aplikasi editing foto yang lainnya lengkap seperti cropping, filter, color correction dengan kurva, teks, frame dan beberapa ekstra lainnya. Selain itu semua, Enlight memiliki fitur yang tidak dimiliki aplikasi lain.

Sebagai contoh, dengan memilih tombol Canvas, Nona akan mendapatkan pilihan untuk memotong (crop) atau mengatur kemiringan (skew) gambar yang Nona edit. Tapi, fitur lain yang bernama Refit akan menyetop/membekukan subyek foto di gambar. Lalu, dengan memasukkan gambar lain kedalam panel kerja, akan mengepaskan seluruh foto yang diedit. Memang sulit dijelaskan jika tidak dicoba sendiri, tapi all-in-all ini adalah fitur yang tidak akan ditemukan di aplikasi lain.

Enlight, apps, iOS, photo editor, edit foto

Fitur itu adalah Tilt Shift photos, untuk memperlihatkan gambar yang telah difilter efek. Pengguna bisa mengubah foto yang dipilih menjadi terlihat seperti lukisan artistik atau sketsa dengan beberapa pilihan variasi. Pengguna juga bisa memasukkan teks kedalam gambar lengkap beserta pilihan font yang beragam, ditambah efek drop shadow dan blend text dengan background. Aplikasi ini bahkan memiliki fitur meme untuk membuar gambar berteks di bawah dan atasnya.
   
Enlight mengemas banyak sekali fitur menjadi satu aplikasi yang rapi, bersih, dan mudah digunakan berkat antarmukanya yang simpel. Semua kontrol edit didalamnya sangat presisi lengkap plus fitur-fitur efek kelas atas yang membuat gambar editan Nona lebih ciamik dilihat.