iOS 10, Sistem Terbaru dari Apple.

Halo temen-temen, bertemu lagi dengan Jagoan Gadget di pagi hari ini. Pada kesempatan kali ini, Kami bakal mengajak kalian untuk mengulas sedikit tentang iOS 10 yang baru-baru sudah dirilis loh. Meski masih dirilis sebagai Developer Preview saja. Kabarnya, pada Juni nanti versi Beta dari iOS 10 ini bakal dirilis, dan pada July nanti, versi full akan dirilis secara internasional dan gratis. Berbeda dengan upgrade iOS 8 ke 9 dan lebih dioptimalkan pada iPhone 6s dan 6s+, kali ini iOS 10 bakal membawa banyak sekali fitur baru untuk perangkat-perangkat iPhone, iPad, dan iPod. Lalu apa aja sih fitur barunya? Yuk kita ulas bareng-bareng iOS 10 ini.

iOS 10, apple, OS, terbaru, 2016,

iOS 10, apple, OS, terbaru, 2016,

Compatibility 
iOS 10 akan hadir untuk beberapa perangkat iPhone, iPad, dan iPod lama maupun yang baru. Berikut merupakan daftar perangkat-perangkat yang dapat menggunakan iOS 10 nantinya:
  • iPad 4th  gen
  • iPad Air
  • iPad Pro
  • iPad mini 2
  • iPad mini 3
  • iPad mini 4
  • iPod touch 6th gen
  • iPhone 5
  • iPhone 5c
  • iPhone 5s
  • iPhone SE
  • iPhone 6
  • iPhone 6 Plus
  • iPhone  6s 
  • iPhone 6s Plus
Untuk iPhone 4s, iPad 2, dan iPod touch 5th gen yang sebelumnya mendapatkan update untuk iOS 9, kali ini tidak akan mendapatkan update untuk iOS 10 dikarenakan ketiga perangkat ini masih menggunakan RAM 512 sedangkan iOS 10 membutuhkan RAM sekitar 1 GB. Walaupun iOS terkenal dengan penggunaan RAM yang sedikit, namun 1 GB RAM yang dibutuhkan merupakan syarat minimal untuk mengoptimalkan perangkat.

Raise to Wake
Sejak dirilisnya iPhone pertama sembilan tahun lalu, Apple kerap meningkatkan kualitas lockscreen pada perangkat iPhone dan iPad. Jika pengguna iPhone, iPad, dan iPod telah terbiasa dengan fitur slide untuk membuka lockscreen, maka pada iOS 10 ini “Slide to unlock” telah diganti dengan “Press Home to open”.

Kemampuan lainnya dari OS ini adalah fitur Raise to Wake. Yaitu fitur dimana ketika kalian mengangkat perangkat anda, perangkat akan langsung menyala dan memunculkan berbagai notif secara otomatis pada layar lockscreen.

Rich notification
Sebuah fitur baru dari iOS 10 adalah para pengguna akan dapat berintegrasi langsung dengan notif yang ada di lockscreen tanpa harus membuka satu persatu aplikasi yang berkaitan. Mulai dari pesan, gambar, video, invitation, dll dapat anda lakukan sekaligus. Fitur ini dapat digunakan secara maksimal jika perangkat anda didukung oleh fitur 3D Touch. Namun ada kabar baik dari pihak Apple, bahwa rumornya perangkat lain yang tidak dilengkapi fitur 3D touch akan mendapatkan fitur Rich notification ini. Beserta fitur “Clear all notification button” juga.

iOS 10, apple, OS, terbaru, 2016,

Clear all notification button
Sebuah perubahan yang paling dominan adalah sebuah tombol x yang dapat menghapus semua notif anda hanya dengan menggunakan fitur 3D touch. Hal ini merupakan salah satu fitur yang lebih efisien jika dibandingkan dengan fitur lama pada iOS 9 dimana penggunanya harus swipe satu persatu notif untuk menghilangkannya.

Control Center yang lebih rapi
Terdapat sedikit perubahan pada Control Center di dalam iOS 10. Sebelumnya banyak pengguna yang berkata bahwa Control Center pada iOS 9 terlalu sempit dan tombolnya terlalu kecil. Pada Control Center iOS 10 masih membawa desain lama seperti terdapat empat tombol berupa flaslight, stopwatch, calculator, dan camera app). Lalu terdapat tombol Night Shift yang lebih besar tepat diatas keempat tombol tadi.
Selain itu, tombol AirPlay dan AirDrop juga didesain menjadi lebih besar tepat diatas tombol Night Shift. Lalu tombol lama seperti WiFi, Bluetooth, Do Not Disturb, dan Orientation lock masih menggunakan desain yang sama dengan ukuran yang sama seperti iOS sebelumnya.

iOS 10, apple, OS, terbaru, 2016,

iOS 10, apple, OS, terbaru, 2016,

Lockscreen camera dan ‘widgets’
Salah satu fitur baru dari iOS 10 adalah sebuah widgets kamera yang dapat digunakan secara otomatis ketika pengguna menggeser layar home ke kanan (ketika Control Center tidak terbuka). Fitur ini memang telah banyak terdapat pada perangkat Android, namun pihak Apple memutuskan untuk menambahkannya pada iOS 10 ini untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses kamera.
Fitur tadi berjalan ketika anda menggeser layar ke kanan, lalu apa yang terjadi ketika anda menggesernya ke kiri? Terdapat tempat untuk beberapa widgets yang merupakan fitur baru dari Apple. Tidak ada yang istimewa memang, namun ini yang pertama dari fitur Apple, khususnya pada iPhone dan iPad.

Apple Maps
Banyak perubahan yang terjadi pada Apple Maps seiring banyaknya komplain dari para pengguna. Pasalnya, Apple Maps pada iOS 9 masih memiliki banyak kekurangan. Kali ini, pada iOS 10, para pengguna dapat memaksimalkan fitur Apple Maps seperti Google Maps yang lebih terkenal di kalangan smartphone saat ini. Fitur-fitur baru yang tidak ada pada Apple Maps di iOS 9 adalah seperti, zooming, nearby, Apple CarPlay support, dll.
Ketika anda memiliki suatu acara pada suatu hari di suatu tempat tertentu, Apple Maps akan memberikan info mengenai tempat, hari, dan jam yang tertera pada Map.

iOS 10, apple, OS, terbaru, 2016,

iOS 10, apple, OS, terbaru, 2016,

Messages
Salah satu perubahan yang banyak terjadi adalah pada Messages. Terdapat beberapa fitur baru seperti “say it loud” untuk merubah ukuran text pesan anda menjadi lebih besar dan “gently” untuk merubah ukuran text pesan anda menjadi lebih kecil untuk memunculkan efek emosi yang lebih pas.
Lalu terdapat fitur “invisible ink” yang dapat digunakan untuk membuat pesan anda baik text maupun foto menjadi blur. Penerima pesan harus men-swipe pada bagian blur tadi untuk melihat pesan. Pihak Apple membuat fitur ini untuk memberikan kesan kejutan, terharu, kaget, dll bagi penggunanya.
“Digital Ink” merupakan fitur baru lagi dari Messages yang dapat digunakan untuk menulis tulisan tangan dan langsung mengirimnya tanpa mengconvert ke text terlebih dahulu.

Nah mungkin itu dulu dari Kami seputar ulasan dari iOS 10 ini ya teman-teman. Dari semua yang Kita ulas tadi, semua itu masih belum fix karena ulasan tadi berdasarkan pada iOS 10 versi developer preview. Mungkin masih terdapat banyak lagi perubahan pada versi Beta dan Closed Beta nantinya. Sekian dulu dari Jagoan Gadget.