Apple iPad Mini 4, Kecil - Kecil Cabe Rawit

Tahun lalu, Apple sempat mengecewakan para penggemarnya, yaitu iPad mini 3. Pada tahun 2014, Apple memutuskan untuk meng-upgrade spesifikasi iPad mini 2 hanya dengan satu spesifikasi saja: Touch ID. Hasilnya adalah tablet yang mirip sama sekali dengan harga yang sama pula. Apple seperti ingin menebus kesalahannya dengan memproduksi iPad mini 4. Tidak seperti revisi malas dari Apple seperti kasus iPad 3 mini, tablet Apple yang kita minta akhirnya tersedia.

iPad Mini 4, apple, iOS, iPad

Tidak ada masalah dengan desain kontinu iPad mini dengan konstruksi logam dan kaca yang terlihat “premium”. Tapi, dengan tetap setia pada desain seperti ini tentu masih menimbulkan kritik terhadap Apple. Contohnya, Apple tetap menggunakan sisi melengkung pada iPadnya, meski iPhone sudah tidak lagi memakai desain tersebut sejak 2014 lalu. Dengan sisi lengkung seperti ini, iPad mini memang terlihat bagus, akan tetapi layar akan mudah tergores jika terkena bidang kasar atau tergesek barang. Lebih lanjut, speaker iPad mini 4 yang diposisikan bersama di pojok kiri bawah masih merupakan hal minus karena memang perlu adanya tambahan stereo untuk iPad semewah ini.

Tentu selain hal-hal minus diatas, iPad mini 4 masih menyimpan daya tariknya sendiri. Terlihat dari layarnya, Nona bisa melihat bahwa hingga sekarang, Apple masih menjadi salah satu produsen top untuk layar yang bisa mereproduksi warna secara detil. iPad mini 4 juga punya display yang cantik dan terlihat hidup yang mana memang setara dengan iPad Air 2, layar ini adalah lonjakan besar bagi seri iPad mini. Apple juga sudah mengurangi celah udara antara Retina LCD dengan cover glassnya, yang membuat pengalaman Nona menyentuh layar seakan berbeda karena terasa tidak berbatas layar. Coating anti-reflektif juga membuat iPad mini 4 lebih nyaman dipakai diluar ruangan. Kemajuan-kemajuan ini memang kebanyakan terletak pada layarnya yang sempurna untuk dipakai gaming, browsing internet, menonton video dan apapun yang ingin Nona lakukan pada tablet.

iPad Mini 4, iOS, Apple, iPad

Performa iPad mini 4 memang belum bisa dibandingkan dengan tablet sekelas iPad Air 2. Tablet ini dibekali dengan processor Apple A8 64-bit, yang memang hasil upgrade dari produk tahun lalu. Apple menyatakan bahwa dengan chipset ini, kecepatan performa iPad mini 4 akan lebih cepat 30 persen dan benar saja, aplikasi yang dipilih akan terbuka lebih cepat. Tablet ini juga memiliki RAM sebesar 2GB, jadi aplikasi akan aman dari restart saat Nona melakukan multi-tasking. Performa grafis juga melejit sebanyak 60 persen yang akan membuat game berjalan tanpa lag (zero-lag). Saat menggunakan split view, resolusi memang terlihat agak kabur yang memang disebabkan oleh iOS 9, bukan hardwarenya. Semoga akan ada perbaikan dengan adanya software update.

iPad mini 4 masih menggunakan desain lawas bawaan iPad mini sebelumnya, tapi dari segala aspek, produk yang satu ini jauh lebih baik. Tablet ini memiliki screen paling bagus yang dibuat oleh Apple untuk iPad mininya dan sebagai perbaikan dari yang Apple berikan sebelumnya. iPad mini 4 tidak diragukan memiliki performa lebih cepat, Wi-Fi yang lebih cepat pula, serta kamera yang lebih bagus. Tidak bisa dipungkiri pula bahwa dengan apa yang Apple berikan, produk-produknya lebih ramah lingkungan daripada yang dimiliki Android.

iPad Mini 4, iPad, iOS, Apple