3D Touch iPhone 6S dan 6S Plus

Sejak dirilisnya iPhone 6s & 6s Plus beberapa waktu lalu, pihak Apple juga memperkenalkan para pengguna setia Apple pada fitur barunya yaitu 3D Touch. Fitur ini merupakan salah satu fitur baru yang dibuat untuk memudahkan para penggunanya dengan maksud bahwa pengguna akan merasa lebih efisien dalam menggunakan iPhone mereka.



3D Touch merupakan fitur yang dapat dilakukan dengan cara menekan lama sebuah icon, pesan, atau apapun yang ada di dalam iPhone. Akan muncul berbagai macam menu / pops up menu sesuai dengan menu yang ditekan menggunakan fitur ini. Seperti contohnya ketika pengguna mendapatkan sebuah pesan baru, sebelum membuka pesan tersebut, pengguna dapat menggunakan fitur 3D Touch untuk “peek-a-boo” atau mengintip pesan tersebut sebelum membalasnya. 


iphone apple, ios, ios 10, 3d touch new, iphone 6s dan 6s plus terbaru, tahun 2016


iphone apple, ios, ios 10, 3d touch new, iphone 6s dan 6s plus terbaru, tahun 2016



Sebagai contoh lainnya adalah 3D Touch juga tersedia pada beberapa menu lainnya. 
  • Menu Calendar misalnya. Ketika pengguna menekan lama menu Calendar, maka akan muncul pops up “New Event option”. Dan ketika pengguna menekan lama pada hari tertentu maka akan muncul sebuah pops up tentang event” yang akan datang dan menampilkannya secara keseluruhan.
  • Ketika anda menggunakan fitur 3D Touch pada Clock, maka akan keluar beberapa menu seperti New Alarm, Start, Timer, Stopwatch. 
  • Lalu ketika pengguna menggunakan fitur 3D Touch pada Maps, maka akan muncul beberapa menu pops up seperti Directions to Home, Share location, drop pin, dan search nearby. 
  • Pada Safari, pengguna dapat menggunakan fitur 3D Touch ini untuk mendapatkan Show Reading List, Bookmark List, New Private Tab, dan New Tab. Jika pengguna menekan pada sebuah link secara lama, maka akan muncul pops up tentang preview halaman tersebut sehingga pengguna tidak perlu lagi membukanya terlebih dahulu pada New Tab.
  • Lalu pada aplikasi Email, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur ini sebagai shortcut pada Inbox, VIP, New Message, dan Search. 
  • Ketika pengguna menggunakan fitur 3D Touch ini pada contact, maka akan muncul Mail, Message, dan Call Shortcuts.
  • Ketika pengguna menggunakan fitur 3D Touch ini pada Camera, maka secara otomatis akan muncul pops up kecil untuk mengambil foto.
  • Lalu jika fitur 3D Touch ini digunakan pada Gallery, maka akan muncul pops up tentang preview gallery. Jika anda menekan lama pada sebuah gambar, maka fitur Live Photo akan aktif (Jika tersedia).








Dan masih banyak lagi menu-menu lainnya yang dapat memanfaatkan fitur 3D Touch ini. Mungkin tadi adalah beberapa contoh banyaknya aplikasi dan menu yang dapat digunakan dengan memanfaatkan menu 3D Touch ini. Fitur baru ini mungkin akan menjadi awal dari sebuah fitur baru di jajaran smartphone. Jadi bisa jadi akan terdapat banyak smartphone lain yang berlomba untuk membuat fitur ini lebih canggih dari iPhone.