Ulasan Spesifikasi Oppo F1 Expert Selfie dengan Kamera depan 8MP

Pastinya kalian semua sudah mengenal Oppo produk handphone dengan tagline Oppo Smartphone. Sepertinya Oppo ingin membenahi sektor kamera, kini di tahun 2016 pabrik asal Cina ini mengganti tagline nya dengan Oppo cameraphone dan memperkenalkan produk barunya di tanah air yakni Oppo F1 yang dijuluki sebagai Expert Selfie. Ya salah satu kelebihan smartphone Android ini adalah pada kualitas kameranya yang sangat baik. Tidak hanya kamera, smartphone ini juga memiliki spesifikasi tinggi untuk performa terbaik.

Gambar Oppo F1

Desain Oppo F1

Body metal identik dengan smartphone kelas premium yang harganya di atas 5 juta, namun kamu sudah bisa mendapatkan smartphone bersensasi premium dengan harga 3 juta saja. Oppo F1 mengusung unibody dengan bahan alumunium berdimensi 143.5x71x7.3 milimeter dan berat 134 gram. Bahan alumunium yang digunakan berkualitas baik, sehingga perangkat sangat nyaman dan juga tidak licin saat digenggam. Ada 2 pilihan warna untuk smartphone ini yakni gold dan rose gold yang lebih cocok untuk pengguna wanita.

Bagian Belakang Oppo F1

Bagian Samping Oppo F1

Tampilan Oppo F1

Layar Oppo F1

Layar handphone Android ini memiliki layar 5.0 inchi. Dengan layar yang melengkung atau istilahnya 2.5D glass, tampilan Oppo F1 ini semakin elegan. Dengan layar seperti itu, layar akan terkesan mudah tergores, tapi tidak usah khawatir, karena layar hp ini sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 4 sehingga layar tidak akan tergores meskipun tanpa pelinding layar tambahan.

Resolusi Oppo F1

Untuk resolusi layar, resolusinya cukup rapat yakni 720 x 1280  pixels atau 294 ppi pixel density sehingga menampilkan gambar yang sangat tajam dan jernih. Meskipun belum full HD, sepertinya tampilan sudah mampu membuat pengguna merasa puas.

Spesifikasi Oppo F1

Mengusung Chipset Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 dengan Processor Octacore, Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 didukung dengan RAM berkapasitas 3GB smartphone ini tentunya memiliki performa yang cukup kencang. Apalagi dengan sistem operasi Android lollipop 5.1 yang dikembangkan dengan UI milik Oppo sendiri yakni ColorOS. OS yang digunakan sangat hemat dalam penggunaan RAM, hal ini menjadikan perangkat sangat responsif apalagi dalam switching aplikasi atau menggunakan banyak aplikasi sangat cepat. Management RAM nya pun sangat baik, sistem operasi akan menutup aplikasi yang tidak digunakan terlalu lama sehingga memberikan ruang yang luas untuk aplikasi lain.

CPUZ Spesifikasi Oppo F1

Spesifikasi CPU Oppo F1

Sektor grafis yang tak kalah canggih juga menambah performa smartphone ini, dengan Adreno 405 handphone ini juga masih bisa digunakan untuk game HD. ditambah spesiffikasi mesin yang canggih seperti yang disebutkan di atas. Untuk main Game HD atau aplikasi - aplikasi berat tentunya membutuhkan kapasitas memory yang besar, tidak perlu khawatir karena Oppo F1 sudah disematkan memory internal sebesar 16GB yang bisa ditambahkan memory eksternal.

Game HD Oppo F1

Gaming Oppo F1


Kapasitas baterai bisa dibilang menjadi kekurangan Oppo F1. Kapasitas baterai hanya sebesar 2500mAh, cukup kecil jika dibandingkan dengan smartphone lain di kelasnya. Namun untuk penggunaan normal, baterai mampu bertahan seharian.

Fitur Oppo F1

Handphone ini mengusung Dual SIM Card standby untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Yang menarik adalah keduanya sudah mendukung jaringan 4G LTE. Dengan jaringan terbaru ini kamu bisa mengakses internet dengan sangat cepat.

Untuk mengakses data pada flash disk kamu bisa langsung menggunakan Oppo F1 ini karena sudah support USB OTG. Kamu hanya butuh konektor OTG dan menghubungkan flash disk.

Dibangdingkan UI lain, ColorOS memiliki lebih banyak fitur yakni motion baik saat layar hitup atau mati. Salah satunya adalah doubletap untuk mengunci atau membuka layar. Yang menarik kamu bisa menggambar pola tertentu saat kondisi layar mati untuk mengakses langsung aplikasi tertentu. Untuk fitur lainnya bisa cek di Ulasan Fitur Oppo F1.

Kamera Oppo F1

Sesuai dengan gelarnya Selfie Expert perangkat smartphone Android ini memiliki keunggulan pada bagian kamera depannya. Resolusi kamera depan Oppo F1 ini memiliki resolusi 8MP dengan banyak menu dan fitur yang lengkap. dan yang menjadi kelebihan Oppo F1 ini adalah jika ponsel pintar lain mengandalakan LED Flash, kali ini Oppo lebih mempercayakan pada Screen Flash untuk membantu pencahayaan kamera depan. Oppo mengklaim penggunaan layar untuk lampu flash ini menghasilkan foto yang lebih terang dan natural.

Kamera Depan Oppo F1

Tidak hanya kamera depan yang unggul, kamera belakang juga tidak kalah canggih. Dengan resolusi 13MP, kamera belakang Oppo F1 ini mampu menghasilkan gambar ynag jernih dan tajam berkualitas tinggi. Ada juga beberapa fitur untuk melengkapi kecanggihan kamera handphone ini.

Fitur Kamera Oppo F1

Hasil Foto Kamera Oppo F1

Hasil Kamera Oppo Cahaya kurang dengan LED Flash

Hasil Kamera Oppo Cahaya Kurang

Demikianlah Ulasan Spesifikasi Oppo F1. Bagaimana? Apakah Oppo F1 bisa menjadi salah satu smartphone yang direkomendasikan untuk kelas smartphone di harga 3 jutaan? Untuk harga bisa cek di Daftar Harga Handphone Lengkap. Terima Kasih