Ulasan Lengkap ASUS Zenfone Selfie, HP Selfie Spesifikasi Gahar

Hallo sobat gadget, kali ini Jagoan Gadget akan membahas sampai tuntas tentang fitur dan spesifikasi smartphone ASUS Zenfone Selfie ZD551KL. Sesuai namanya, kali ini ASUS meluncurkan ponsel pintar yang mengunggulkan kamera, terutama kamera depan. Sepertinya ASUS melihat banyaknya kaula muda Indonesia yang sangat suka ber-selfie dan memanfaatkannya dengan meluncurkan smartphone ini. Apa itu selfie? Selfie merupakan salah satu teknik dalam fotografi yakni mengambil gambar yang objeknya kita sendiri dan dilakukan oleh kita sendiri. Tidak hanya unggul di bagian kamera, smartphone Android dengan kamera depan 13MP ini juga memiliki spesifikasi mesin yang cukup canggih. Berikut ulasan lengkapnya.

Ulasan ASUS Zenfone Selfie

Desain ASUS Zenfone Selfie

ASUS Zenfone Selfie memiliki dimensi 156.5x77.2x10.8 mm (6.16x3.04x0.43 in) lebar layar 5.5 inchi dengan berat 170g. Tebalnya 10mm? Tebal banget dong? Memang tebal, tapi tidak terasa saat kita memegangnya karena desainnya yang tebal ditengah dan menipis ke samping. Bahan material yang digunakan adalah plastik. Yang menonjol pada bagian desain smartphone ini adalah letak kamera depan yang terletak di atas tengah, ukuran kamera sangat besar karena mungkin memang resolusinya yang juga besar. Sekilas desainnya mirip dengan HTC Desire Eye.

Letak Kamera Depan ASUS Zenfone Selfie

Dan yang menarik lainnya adalah letak tombol volume yang terletak pada bagian belakang, persis dibawah kamera. Desain ini juga dipakai LG G3 Stylush. ASUS jiplak ya, kok banyak mirip sama desain hp lain? Mungkin saja ASUS terinspirasi dari desain smartphone lain yang memang dapat memanjakan penggunanya. letak tombol volume suara yang ada dibelakang menambah kenyamanan pengguna, dengan mudah kita bisa menjangkau tombol dengan jari telunjuk kita.

Tombol Volume ASUS Zenfone Selfie

Bagian Samping ASUS Zenfone Selfie

Pada bagian sisi atau pinggir bersih, tidak ada tombol sama sekali. Yang menjadi kekurangan adalah letak tombol power di bagian atas tengah, dengan ukuran ponsel yang besar sulit menjangkaunya. Tapi untung saja, perangkat ini sudah support untuk double tap awake / turn off screen, jadi kamu tidak perlu repot - repot memencet tombol power untuk menyalakan atau mematikan layar. 

Speaker yang terletak dibagian belakang bawah mampu menghasilkan suara yang cukup kencang, namun sayangnya saya rasa suara agak sedikit cempreng.

Bagian Belakang ASUS Zenfone Selfie

Tutup belakang bisa dibuka, dan jika dibuka kita akan melihat 2 slot SIM card dan 1 slot memory external. Karena smartphone ini tidak menggunakan konsep unibody, jadi baterai bisa dilepas.

Baterai ASUS Zenfone Selfie

Layar ASUS Zenfone Selfie

Dengan ukuran yang besar, smartphone ini termasuk golongan phablet. Layar 5.5 inchi memang membuat pengguna lebih merasa lega. Namun untuk beberapa pengguna lain yang tidak suka smartphone dengan layar lebar mungkin ASUS Zenfone Selfie ini bukan pilihan yang tepat. Tapi jangan khawatir, smartphone ini sudah ada fitur one hand mode atau mode satu tangan yang bisa kamu gunakan jika kamu mengoperasikannya dengan 1 tangan.

Layar ASUS Zenfone Selfie

Softkey seperti tombol menu, home dan back terletak pada bagian bawah layar dan sayangnya tombol - tombol tersebut tidak dilengkapi dengan backlight atau lampu sehingga kamu harus menebak - nembak posisi tombol saat keadaan gelap.

Softkey ASUS Zenfone Selfie

Selain kamera, ASUS juga mengunggulkan layar yang digunakan pada smartphone ini. Dengan resolusi 1080x1920 pixel IPS full HD 403ppi warna yang dihasilkan sangat baik dengan contrast yang pas. Namun kekurangannya adalah layar kurang terlihat saat digunakan di tempat terang (matahari). Meskipun kecerahan cahaya sudah dimaksimalkan, layar masih sulit untuk dilihat.

Layar ASUS Zenfone Selfi ini sudah memakai corning gorilla glass 4, sehingga aman dari goresan - goresan. Meskipun demikian, pengguna smartphone Indonesia biasanya tetap saja menggunakan screenguard atau screenprotector lain meskipun layar sudah gorilla glass, kayaknya sih screenguard sudah jadi budaya hehehe. Selain itu ada lapisan tambahan yaitu Oleophobic Coating yang membuat layar nyaman dan bebas minyak.

Spesifikasi ASUS Zenfone Selfie

Smartphone yang mengandalkan kameranya ini memiliki spesifikasi yang cukup canggih, disini kita membahas ASUS Zenfone Selfie dengan RAM 3GB dan Internal Memory 32GB karena ada yang berkapasitas RAM 2GB dan Internal memory 16GB.

Smartphone ini menggunakan Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615, berbeda dengan hp ASUS kebanyakan yang menggunakan Intel. Dengan otak Octa-core dual Quad-core Cortex-A53. Dengan kapasitas RAM yang cukup besar yaitu 3GB dengan kapasitas free atau yang bisa digunakan sebesar 1.5GB, kapasitas besar ini sangat membantu sekali kinerja perangkat apalagi kamu yang suka menggunakan banyak aplikasi.

Di sector grafis, ASUS Zenfone Selfie menggunakan Adreno 405. Untuk gaming perangkat ini lumayan kuat, tapi kamu pasti akan menemukan laging atau patah - patah saat memainkan game berat. Ya memang, yang diunggulkan di smartphone ini adalah kameranya. Namun saya rasa sih spesifikasi seperti itu dirasa sudah cukup bahkan lebih dari cukup. Untuk kamu yang lebih suka gaming apalagi game berat, lebih saya rekomendasikan untuk menggunakan smartphone lain.

Spesifikasi ASUS Zenfone Selfie

RAM ASUS Zenfone Selfie

GPU ASUS Zenfone Selfie

Gaming ASUS Zenfone Selfie

Smartphone ini menggunakan OS Android 5.0.2 Lollipop dan UI milik ASUS sendiri yaini ZENUI dengan beberapa fitur canggihnya. ASUS Zenfone Selfie ini memiliki kapasitas memory internal sebesar 32GB dan jika kurang, kamu bisa menambahkan memory eksternal yang mendukung hingga 64GB. Yang menarik, kamu bisa memindah aplikasi dari memory internal ke eksternal tanpa harus melakukan root terlebih dahulu.

OS ASUS Zenfone Selfie

Pindah aplikasi ASUS Zenfone Selfie

Memory ASUS Zenfone Selfie

Untuk baterai, smartphone ini menggunakan baterai dengan kapasitas sebesar 3000mAh. Bisa dibilang cukup besar. Penggunaan normal sosial media dan messaging, smartphone ini mampu bertahan pagi hingga malam tanpa bermain game.

Fitur ASUS Zenfone Selfie

ASUS Zenfone Selfie memiliki berbagai fitur yang lengkap. Salah satunya adalah easy mode. Fitur ini bisa digunakan untuk pengguna yang tidak mau ribet, biasanya pengguna yang sudah usia lanjut. Fungsi fitur ini adalah merubah tampilan menjadi lebih simpel sehingga mudah digunakan.

Fitur Easy Mode ASUS Zenfone Selfie

Handphone ini juga sudah terintregasi dengan aplikasi photocollege dan minimovie, sehingga kamu tinggal memilih foto yang kamu ingin edit atau menjadikanya clip menjdai komposisi lagu yang menarik.
Mini Movie ASUS Zenfone Selfie

Photocollege ASUS Zenfone Selfie

Ada fitur auto-start manager yaini untuk mengatur aplikasi apa saja yang akan berjalan saat perangkat dihidupkan, biasanya aplikasi - aplikasi messanger seperti BBM, Whatsapp atau LINE dan aplikasi - aplikasi sosial media lainnya.

Handphone juga bisa di atur management powernya, performance yang lebih mengutamakan performa yang tentunya membuat baterai menjadi lebih boros atau power saving yang mengutamakan kehematan daya dan mengurangi performa.

Kamera ASUS Zenfone Selfie

Nah ini dia yang ditunggu - tunggu. Ulasan kamera yang di Andalkan ASUS Zenfone Selfie. Resolusi Kamera depan dan belakang sama yakni 13MP dan sama - sama menggunakan dual LED Flash. Ponsel ini merupakan salah satu ponsel selfie terbaik di Indonesia.

Oke, pertama - tama kita membahas kamera depan. Seperti yang disebutkan diatas, resolusi kamera depan 13MP dengan dual LED Flash. Banyak pilihan menu yang bisa kamu pilih untuk hasil foto yang diinginkan. Kamera depan ASUS Zenfone Selfie mampu mengambil gambar dengan kualitas yang sangat baik, mampu membuat kamu menjadi lebih cakep difoto hehehe.

Dan satu lagi yang menarik, dalam keadaan layar mati kamu bisa langsung mengakses menu selfie dengan cara men-swipe huruf S pada layar dan kamu bisa langsung mengakses kamera depan.

Kamera Depan ASUS Zenfone Selfie

Kamea depan juga memiliki resolusi yang sama, 13MP dengan dual LED Flash. Ada fitur Pixel Master pada kamera belakang ini yakni untuk mengambil gambar dengan pencahayaan yang kurang. Meskipun hasil foto yang menggunakan Pixel Master terlihat banyak noise, namun fitur ini sangat bermanfaat untuk membuat objek lebih terlihat pada tempat yang gelap.

Kamera Belakang ASUS Zenfone Selfie

Kamera Mode Normal ASUS Zenfone Selfie

Kamera Mode Pixel Master ASUS Zenfone Selfie


Hasil Foto dari Kamera ASUS Zenfone Selfie

Contoh Hasil Kamera ASUS Zenfone Selfie

Contoh hasil kamera belakang ASUS Zenfone Selfie

Contoh Hasil Kamera Depan ASUS Zenfone Selfie


Demikianlah ulasan lengkap mengenai smartphone terbaru ASUS Zenfone Selfie. Oh iya sobat, satu lagi yang menjadi keunggulan smartphone ini. Sudah mendukung jaringan 4G FDD, namun sayangnya bukan LTE jadi kamu tidak bisa menggunakan provider seperti Smartfren atau Bolt.

Kesimpulannya adalah smartphone ini merupakan ponsel yang dibuat untuk para pecinta selfie. Spesifikasi mungkin tidak akan membuat pengguna smartphone penggila game hd terkesan, namun spesifikasi tersebut sudah lebih dari cukup untuk ukuran ponsel pintar dengan harga dibawah 3juta. Apalagi kamera depan sudah 13MP.

So, bagaimana menurut kamu sobat? Tentang ASUS Zenfone Selfie ini. Baca Juga artikel menarik lainnya di www.jagoangadget.com.

Baca Juga