Spesifikasi iPhone 3G, Masih Layak Digunakan di Era Smartphone Canggih saat ini?

Sampai sekarang teknologi masih terus berkembang, salah satunya gadget smartphone. Hampir setiap orang memiliki dan menggunakan smartphone. Ya, gadget satu ini memang sangat membantu kita melakukan aktifitas seharo - hari menjadi lebih mudah. Hampir setiap bulan keluar gadget baru yang semakin canggih. Para produsen berlomba - lomba menawarkan kualitas dan kecanggihan produknya salah satunya Apple. Apple mampu meraih minat pasar dengan produknya yakni iPhone. Selain dikenal dengan kecanggihannya, perusahaan asal Amerika Serikat juga berhasil menanamkan kesan mewah pada iPhone sehingga meski harganya tergolong sangat mahal namun tidak mengurangi minat pengguna untuk membeli iPhone.

Saat ini iPhone 6S adalah produk terbaru dari Apple. Harganya mencapai 10 juta hingga belasan juta. Namun tahukah kamu iPhone 3G? Handphone berbasis iOS yang diluncurkan pada tahun 2008 ini sempat populer, namun kini banyak ditinggalkan pengguna karena memang banyak handphone canggih yang bermunculan. Harganya pun kini anjlok, pada awal kemunculannya smartphone ini dibanderol dengan harga jutaan dan kini mungkin hanya ratusan ribu. Nah, mungkin smartphone ini cocok buat kamu yang belum pernah menggunakan iPhone dan ingin merasakan sensai menggunakan iOS. Tapi apakah spesifikasi iPhone 3G masih layak di kecanggihan zaman dengan aplikasi - aplikasi smartphone yang sudah canggih?


Spesifikasi iPhone 3G

  • Desain dan Tampilan
iPhone 3G memiliki dimensi 115.5 x 62.1 x 12.3 mm dengan berat 133 gram. Lebar layar 3.5inchi dan resolusi 320 x 480 pixel (~165 ppi pixel density). Smartphone ini sudah support multitouch dan sudah dilengkapi corning gorilla glass untuk proteksi layar, kebanyakan smartphone sekelasnya belum. Dibandingkan dengan desain iPhone baru lainnya lebih kotak, iPhone 3G bentuknya lebih membulat (bagian belakang agak cembung). Tombol volume terletak di sebelah samping kiri. Di bagian atas ada tombol power, slot SIM card yang masih menggunakan micro SIM Card dan audio jack 3.5 mm untuk headset atau earphone. Dan seperti biasa, Apple hanya meletakkan 1 tombol yajni tombol home dibagian bawah layar. Material utama body smartphone ini adalah plastic dan sayangnya bagian belakangnya mudah meninggalkan bekas sidik jari jadi kamu harus sering membersihkannya atau menggunakan case tambahan agar terlihat selalu bersih.

Layar iPhone 3G

Dimensi iPhone 3G

Resolusi Layar iPhone 3G






  • Spesifikasi dan Performa
iPhone 3G menggunakan CPU 412 MHz ARM 11 dan GPU PowerVR MBX, didukung dengan RAM berkapasitas 128MB. Kecil sekali RAM nya? RAM iPhone memang kecil, iPhone baru seperti iPhone 5 dan 6 pun hanya menggunakan RAM dengan kapasitas sebesar 1GB, dimana smartphone Android dengan harga yang sama sudah menggunakan 2GB sampai 4GB. Tapi jangan khawatir, meskipun RAM iPhone kecil namun dengan sistem operasi iOS yang tidak membutuhkan RAM besar untuk memproses data iPhone sudah bisa menjalankan aplikasi - aplikasi. iPhone 3G menggunakan iOS yang sudah bisa diupgrade ke iOS 4.2.1. Smartphone ini tersedia dengan kapasitas memori internal sebesar 8GB dan 16GB, tidak ada slot memori eksternal.

Pada bagian kamera, iPhone 3G memiliki kamera belakang berersolusi 2MP dan sayangnya belum ada kamera depan. Kamera iPhone 3G sudah support autofokus dan video recording. Dan sayangnya lagi belum ada LED flash untuk membantu pencahayaan saat mengambil gambar dalam keadaan gelap. Untuk memutar video di smartphone ini juga sudah sangat memuaskan, dengan kecepatan 30fps, video terlihat jernih.

Kamera iPhone 3G

Foto Hasil Kamera iPhone 3G

Video iPhone 3G

Smartphone ini sudah mendukung jaringan 3G sehingga untuk browsing dan akses internet lainnya lancar. Untuk fitur, iPhone 3G memang tidak lengkap seperti smartphone terbaru, namun untuk pemakaian wajar dirasa sudah cukup. Memainkan game atau menjalankan aplikasi - aplikasi yang tidak terlalu besar juga sudah bisa lancar di smartphone ini.

Spesifikasi iPhone 3G

Jadi gimana menurut kamu? Mungkin iPhone 3G sudah ketinggalan zaman. Namun kinerja dan performanya dirasa masih layak digunakan penggunaan normal. Harganya pun jauh lebih murah dibandingkan iPhone terbaru. Jadi iPhone 3G bisa jadi alternatif kamu yang mencari iPhone murah. Untuk informasi tambahan, smartphone ini sudah discontinue atau sudah tidak diproduksi lagi. Jadi hanya ada iPhone 3G dengan kondisi second.

Artikel Menarik Lainnya :