Perbedaan iPhone 5 dan 5S, Pilih yang Mana?

Apa perbedaan iPhone 5 dan 5S? Pastinya kalian sudah pada tau tentang iPhone. Apple selalu meluncurkan versi S atau bisa dibilang kepanjangan dari Speed pada setiap tipe iPhone yang diluncurkan. Contohnya saja, setelah sukses dipasaran dengan produknya iPhone 4, Apple merilis iPhone 4S tentunya dengan spesifikasinya yang lebih tinggi. Selain pada spesifikasi, perbedaan iPhone 4 dan 4S juga terletak pada fitur dan sedikit pada bentuk fisik. Kali ini www.jagoangadget.com akan membahas lebih detail apa sih bedanya iPhone 5 dan 5S? Pilih yang mana?

Perbedaan iPhone 5 dan 5S


  • Body atau Bentuk fisik
Pada bagian fisik iPhone 5 dengan 5S tidak berdeda jauh. Yang sangat terlihat pada tombol home. jika pada iPhone 5 tombol home memiliki gambar atau simbol kotak di tengahnya dan pinggirannya tidak ada lapisan, sedangkan pada iPhone 5S tidak ada gambar kotak namun ada lapisan seperti cincin pada pinggirannya yang melingkari tombol home, bisa dilihat gambar dibawah. Cincin tersebut merupakan pemindai sidik jari yang berfungsi untuk fitur baru yaitu Touch ID. Dan pada iPhone 5S ada tambahan warna pilihan yakni Silver, Space Grey dan Gold yang membuatnya semakin menarik dan elegan. iPhone 5 hanya ada 2 pilihan warna White dan Black.

Perbedaan iPhone 5G dan 5S

Beda bentuk iPhone 5G dan 5S

Beda warna bagian belakang iPhone 5G dan 5S

  • Layar
Untuk dimensi dan beda layar tidak ada perubahan yang signifikan pada iPhone 5S. Sama seperti iPhone 5 yang menggunakan layar 4 inchi dengan resolusi layar 640 x 1136 pixel dengan kerapatan 326 pixel per inchi. Dimensi 123.8 x 58.6 x 7.6 mm dan berat 112 gram. Layar LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16juta warna. Dan keduanya sudah sama - sama menggunakan corning gorilla glass untuk proteksi layar. Sepertinya Apple memang benar - benar tidak melakukan perubahan pada bagian layar.

  • Spesifikasi dan Performa Mesin
Perbedaan yang paling terasa pada kedua smartphone ini terletak pada bagian mesin. iPhone 5S tentunya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan iPhone 5, dimana huruf S banyak diartikan orang adalah Speed. Tentunya iPhone seri terbaru ini memiliki performa yang lebih kencang. iPhone 5S menggunakan processor dualcore dengan clock speed 1.GHz, sama dengan iPhone 5. Sama? Katanya lebih kencang? tunggu dulu, jika sebelumnya iPhone 5 menggunakan Chipset Apple A6, CPU Dual-core 1.3 GHz Swift (ARM v7-based) dan GPU PowerVR SGX 543MP3 (triple-core graphics) sedangkan iPhone 5S menggunakan Chipset Apple A7, CPU Dual-core 1.3 GHz Cyclone (ARM v8-based), GPU PowerVR G6430 (quad-core graphics). Untuk yang kurang paham spesifikasi handphone, intinya iPhone 5S menggunakan komponen - komponen yang lebih canggih dan tentunya sangat berpengaruh pada kecepatan dan performa perangkat.

Review perbandingan iPhone 5 dan iPhone 5S

Spesifikasi iPhone 5 dan 5S

iPhone 5 menggunakan iOS 6 sedangkan iPhone 5S menggunakan iOS 7. Namun keduanya sama - sama sudah menggunakan iOS terbaru yakni iOS versi 9.2. Pilihan memory internal yang tersedia sama yaitu 16GB 32GB dan 64GB. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan Kamu. Dan pada RAM, meskipun sama - sama menggunakan RAM yang berkapasitas 1GB, namun iPhone 5S menggunakan DDR3 sedangkan iPhone 5 DDR2. Hal tersebut mempengaruhi kecepatan perangkat dalam memproses data. Meskipun RAM iPhone tergolong kecil jika dibandingkan smartphone dengan sistem operasi lain seperti Android, namun itu sudah cukup untuk iPhone.

  • Kamera
Meskipun sama - sama memiliki kamera beresolusi 8MP untuk kamera depan 1.2MP. Namun untuk fitur kamera iPhone 5S lebih unggul. Sensor kamera iPhone 5S lebih besar sehingga menghasilkan gambar yang lebih jelas dengan kualitas baik. Fitur slow motion pada video iPhone 5S juga lebih baik. Sama seperti iPhone 5 kamera sudah dilengkapi LED flash, autofocus, face detection, panorama dan fitur lainnya.

Perbandingan Kamera iPhone 5 dan 5S

Perbandingan Hasil foto Kamera iPhone 5 dan 5S

  • Fitur Terbaru
Pada iPhone 5S terdapat fitur terbaru yakni Touch ID, yakni menggunakan sidik jari kita untuk mengakses sistem keamanan pada perangkat telpon pintar kita. Seperti untuk membuka kunci layar, kita bisa menggunakan sidik jari untuk membukanya tanpa harus menggunakan passcode atau pola. Touch ID ini juga memudahkan pengguna untuk berbelanja di Appstore, pengguna tidak perlu memasukan kata sandi berkali - kali. Cukup menggunakan sidik jari untuk memverifikasi data - data kita.

Jadi mau pilih iPhone 5 atau 5S? Untuk harga, iPhone 5S tentunya lebih mahal jika dibandingkan iPhone 5. Namun itu semuda sebanding dengan performa atau kinerja perangkat yang lebih tinggi dan fitur - fitur terbaru yang belum ada pada iPhone 5G. Jadi pilihan ada ditangan Kamu. Pilih gadget sesuai kebutuhan Kamu. Jika budget pas - pasan, pilih saja iPhone 5G yang harga nya lebih murah, namun jika ada budget lebih mungkin iPhone 5 bisa jadi rekomendasi utama.