Memilah-milah Gadget Terbaru

Perkembangan industri telekomunikasi dan IT terus meningkat pesat. Bisnis di bidang teknologi terus menunjukkan perkembangan menjanjikan. Salah satunya adalah industri gadget. Industri gadget menyuguhkan beragam pilihan kepada konsumen. Dalam setahun, beragam gadget terbaru membanjiri pasar mobile IT di Indonesia. Berbagai jenis gadget terbaru muncul dengan baragam harga yang kompetitif. Maklum, Indonesia adalah pangsa pasar yang besar karena memiliki penduduk yang besar dan pengguna internet yang juga besar.

Memilah dan Memilih Gadget Terbaru

Fakta-fakta Menarik Industri Gadget di Indonesia

Sebagai negara besar, Indonesia menjadi target penjualan gadget oleh serluruh perusahan gadget dunia. Perusahaan besar seperti Samsung, Nokia, Sony, hingga perusahaan-perusahaan gadget China bersaing meraih tempat terbaik di Indonesia. Tahun 2015, ada 4 perusahaan besar yang mendirikan pabriknya di Indonesia. Perusahaan itu adalah Samsung, Hwawei, ASUS, Lenovo dan Xiaomi. Secara keseluruhan, total perusahaan gadget dunia yang telah mendirikan pabriknya di Indonesia hingga akhir tahun 2015 adalah 9 perusahaan.

Kemajuan industri gadget di Indonesia tidak terlepas dari berbagai fakta menarik seperti:

  1. Sebanyak sepertiga penduduk Indonesia saat ini adalah pengguna internet. Jumlahnya mencapai 75 juta orang. Tahun 2018 jumlahnya akan mencapai 100 juta orang. Sebesar 77% di antaranya adalah pengguna HP dan sisanya adalah pengguna smartphone. Rata-rata orang Indonesia yang terhubung ke internet melalui perangkat komputer di atas 5 jam/hari. Sementara yang menggunakan smartphone untuk akses internet berdurasi 2, 7 jam/hari.
  2. Uniknya, harga smartphone di Indonesia tergolong murah yakni berada di kisaran Rp 2-3juta.
  3. Orang Indonesia pengakses mayoritas media sosial.
Seluruh media sosial yang ada di dunia diikuti oleh orang Indonesia. Selama lebih kurang 2,5 jam perhari digunakan untuk mengakses media sosial. Dari total pengguna telepon pintar, sebanyak 94-95 % di antaranya melakukan akses ke media sosial.

Beragam Jenis Gadget Terbaru dan Perbandingannya

Melihat fakta di atas, sudah pasti memberikan konsekuensi. Setiap tahun, Indonesia selalu dibanjiri beragam produk gadget dengan berbagai keunggulan masing-masing. Mau bukti? Data Evercoss menunjukkan bahwa saat ini ada sebanyak 110 juta telpon pintar beredar di Indonesia. Oleh karenannya, tidak afdol rasanya bila tidak membahas beberapa jenis gadget terbaru tersebut.
  • Evercoss
Evercoss merupakan produsen telepon pintar terbesar di Indonesia.  Pangsa pasarnya mencapai 24% pasar telepon pintar tanah air. Selain memiliki berbagai fitur menarik, produk Evercoss juga memiliki harga terjangkau. Evercoss A74 merupakan yang termurah. Harganya hanya Rp 770.000. Produk terbarunya yakni Evercoss Elevate 66S hanya Rp 2,5 juta. Kelebihannya adalah memiliki kamera 13 MB, RAM 1GB, 16 GB memori internal, 2400mAh baterai, ukuran layar 6 inci, punya dual kamera, serta punya pelindung rhinoscreen.
  • Blackberry
Tahun ini blackberry tampil dengan produk baru. Blackberry Q-10 dipatok pada kisaran Rp, 6,9 juta.
  • Advan i45
Ini adalah level di atas Advan i5.  Ponsel 4 G ini berada di angka Rp 999 ribu saja. Gadget ini menggandeng Indosat Ooredo dan memiliki bonus data 6 GB selama 3 bulan. Smartphone ini dibekali kecepatan RAM 1 GB dan Prossesor 64-bit yang cocok untuk berbagai permainan / games.
  • Kelas Android
Kelas android adalah yang paling laku keras sepanjang 2015. Berbagai jenis produsen muncul di kelas ini. HTC One A9 tampil memadukan bodi metal, memiliki kerapatan layar 441 ppi. Kecepaan prosesornya ada dua yakni sebesar 64 Bit procesosr octa bit, dilengkapi RAM 2GB untuk memori internal 16 GB dan 3 RAM GB untuk memori ekternal 32 GB. Pada bagian depan dilengkapi kamera 4 Megapixel. Kelemahannya ada pada batrai yang hanya 2.150 mah.

Selain HTC, google menampilkan Nexus 6P. Kelebihan android yang satu inin adalah mengusung sistem Android Marshmallow. Ini adalah android terbaik saat ini. Di dalamnya terdapat chipset Snapdragon 810, dilengkapi processor Octa Core 64-Bit. Android ini memiliki Ram 3GB + GPU Adreno 430. Pilihan memori juga banyak, mulai dari yang terkecil 32GB, 64GB, sampai 128GB.
  • Android  One Series
Ini adalah gadget canggih yang komplit. Harganya juga murah yakni di bawah Rp 1 juta. Android ini memiliki RAM 2GB,  dan layar HD 720 p. Harganya sedikit di atas android ala MITO dan Eveercoss.

Beragam jenis gadget terbaru di atas dapat Anda dapatkan di toko-toko terdekat. Di berbagai situs masing-masing produk juga tersedia informasi yang lebih detil. Selamat berbelanja gadget terbaru di akhir tahun ini.