Cara Cek IMEI atau Nomer Seri iPhone

Cara Cek IMEI iPhone - Selamat datang kembali di www.jagoangadget.com. Kali ini Jagoan gadget akan membahas tentang cara mengetahui ata melihat IMEI iPhone. Mungkin hal ini bukan yang sering kita lakukan setiap hari, namun melihat IMEI sebuah perangkat ponsel merupakan hal yang sangat penting terutama ketika Anda akan membeli ponsel bekas untuk mencocokannya dengan yang ada dikardus atau mengetahui kondisi ponsel tersebut.

Pertama - tama kita kenali dulu apa itu IMEI?  Apa Fungsi IMEI? IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identify yang merupakan serangkaian angka yang terdiri dari 14 digit atau 16 digit. Setiap Anda membeli handphone pasti mendapatkan nomer seri untuk handphone tersebut dan 1 nomer seri atau IMEI hanya untuk 1 unit handphone. Seperti namanya, angka - angka ini digunakan untuk pengidentifikasian sebuah handphone. Berikut fungsi nomer IMEI pada sebuah handphone.

Fungsi IMEI pada Handphone


  • Untuk memverisikasi kepemilikan sebuah handphone. Misalnya jika HP anda hilang karena dicuri atau sebagainya dan Anda menemukan sebuah handphone dijual yang sama persis dengan milik Anda, yang perlu dilakukan adalah mencocokan nomer IMEI yang ada pada kotak handphone Anda yang hilang dengan handphone tersebut, jika sama maka handphone tersebut adalah benar milik Anda. Dengan catatan Anda membeli handphone resmi sehingga kotak tersebut bisa menjadi bukti yang sah.
  • Untuk mengecek keaslian sebuah handphone. Maraknya handphone replika atau supercopy yang memiliki desain body yang sangat menyerupai produk original atau asli banyak membuat orang sulit membedakannya. Apalagi dengan spesifikasinya yang kini sudah mulai menyamai dengan smartphone asli. Nah, salah satu cara untuk mengetahui bahwa sebuah handphone asli atau bukan kita bisa menggunakan IMEI dengan memasukannya ke website International Numbering Plan, jika handphone tersebut asli maka akan muncul informasi mengenai handphone tersebut.
Untuk mengetahui IMEI sebuah handphone ada beberapa cara, biasanya tergantung merk dan tipe HP. Pada iPhone ada cara untuk melihat IMEI. Berikut cara cek IMEI pada perangkat smartphone iPhone.

Cara Cek IMEI iPhone


Cara pertama adalah dengan melihat pada kardus atau kotak iPhone tersebut. Nomer seri atau IMEI tertera pada bagian belakang bawah kardus yang tertera pada stiker yang menempel. Namun cara ini belum cukup, kita juga harus memeriksa IMEI yang ada pada perangkat, apakah sama dengan kotak.

Memeriksa IMEI pada perangkat, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu Setting > General > About. disitu akan terlihat semua informasi perangkat termasuk nomer seri.


Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi iTunes untuk memeriksa nomer seri iPhone Anda. Caranya sangat mudah. Hubungkan iPhone Anda dengan iTunes, jika sudah terhubung klik atau pilih menu library (perpustakaan) maka akan terlihat data informasi mengenai perangkat iPhone Anda.


Demikian Cara Cek IMEI iPhone, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di www.jagoangadget.com.