Pastikan HP Anda bukan Replika! Cara Cek Samsung Asli

Cek HP Samsung Asli - Pastinya Anda sudah mengetahui tentang apa itu handphone replika atau supercopy. Ya, handphone tiruan ini sedang ramai di pasaran gadget Indonesia. Smartphone ini banyak diminati karena memang harganya yang sangat murah dan desainnya yang sangat mirip dengan originalnya. Smartphone original yang harganya hingga 10 bahkan belasan juta untuk supercopynya hanya kisaran 1 - 2juta. Desain bentuknya sama persis dengan originalnya, hingga sulit untuk dibedakan dengan dilihat saja.


Ada beberapa merk dan tipe yang ditiru oleh produsen hp replika, namun yang banyak dipasaran adalah brand ternama Samsung dan Apple. Untuk iPhone, produk Apple sangat mudah membedakannya, karena memang iPhone asli menggunakan sistem operasi iOS milik Apple sendiri yang tidak bisa dipasang atau digunakan pada produk smartphone dan gadget non-Apple lainnya. Sedangkan pada produk Samsung yang menggunakan sistem operasi berbasis Android, karena memang Android adalah sistem operasi yang open source sehingga memungkinkan untuk developer menggunakannya pada berbagai produk smartphone yang menyebabkan sulit untuk membedakan mana Samsung asli dan replika. Lalu bagaimana cek hp Samsung asli?

Pertama kita kenali dulu handphone replika. Ada berbagai jenis produk untuk satu tipe HP Samsung. Jenis - jenis tersebut dikategorikan dari yang spesifikasinya rendah hingga tinggi. Yang dikenal memiliki spesifikasi yang tinggi adalah produk HDC. HDC adalah manufacture handphone supercopy yang dikenal dengan kualitas yang sangat baik dan kemiripannya dengan produk asli. Berikut adalah Cara cek HP Samsung Asli.

Cara Cek HP Samsung Asli dan Palsu (Replika atau Supercopy)


Spesifikasi Samsung Galaxy Supercopy
Pada Samsung Galaxy Supercopy, meskipun memiliki spesifikasi yang tinggi namun tetap saja produk replika menggunakan komponen - komponen yang berbeda dengan yang asli, sekalipun produk HDC yang dikenal memiliki spesifikasi tinggi sekalipun. Contohnya saja processor, pada replika kebanyakan menggunakan processor buatan Taiwan yakni MTK atau Mediatek. Anda bisa melihat spesifikasi hp Samsung Replika dengan menggunakan aplikasi identifier pada Android seperti CPUZ, CPU Identyfier dan sebagainya yang bisa diunduh di Playstore. Setelah mengetahui spesifikasi handphone, Anda bisa browsing spesifikasi Samsung Original dan mencocokannya.

Kode Untuk Mengecek HP Samsung
Ada juga cara lain yang menggunakan kode untuk mengecek keaslian Handphone. Pada Produk Samsung, Anda bisa coba memasukan kode *#*#0*#*#* untuk memunculkan layar test pada perangkat Samsung dan tidak akan muncul pada supercopy. Namun seiring berkembangnya produk replika, pada produk replika pun akan muncul LCD Test jika dimasukan kode tersebut. Selain itu sekarang ada kode - kode replika dan supercopy lainnya yang membuatnya semakin mirip dengan original.

Menggunakan IMEI Samsung Supercopy
Anda juga bisa menggunakan IMEI perangkat tersebut untuk mengecek keaslian HP Samsung. Yang pertama Anda lakukan adalah melihat IMEI iPhone atau Samsung. Kemudian input nomer seri tersebut di website International Numbeting Plan. Setelah itu akan muncul semua data informasi tentang perangkat tersebut. Jika tidak keluar, maka Handphone tersebut adalah replika.

Bentuk dan Desain Fisik Samsung Supercopy
Meskipun sangat mirip, hp Samsung replika tetap memiliki perbedaan dengan yang asli jika diperhatikan dengan seksama. Jika dipegang, hp replika akan terkesan lebih kasar jika dipegang karena memang pengerjaan hp asli jauh lebih rapi. Beratnya pun relatif lebih berat yang asli. Tombol - tombol pada handphone replika terasa lebih keras jika dibandingnya yang asli.



Garansi HP Samsung Replika
SEIN adalah distributor resmi Samsung yang memberikan garansi pada setiap produk smartphone Samsung yang beredar. Sedangkan HP Samsung Replika adalah bukan barang asli dan resmi yang mendapat garansi dari SEIN. Biasanya hanya mendapat garansi selama 3minggu sampai 1bulan dari seller atau distributor. Maka dari itu, jika Anda membeli produk Samsung yang hanya bergaransi 1bulan bisa jadi itu adalah replika. Atau mungkin barang Black Market Original.

Demikian beberapa cara Cek HP Samsung Asli. Meskipun barang replika memiliki banyak kekurangan namun tetap saja banyak beredar di pasar gadget Indonesia karena tidak hanya kekurangan namun replika juga memiliki kelebihan dan keunggulan. Salah satunya adalah harganya yang jauh sangat terjangkau dibandingkan produk original. Jika Anda ingin membeli produk replika atau supercopy, baca juga Tips Membeli Handphone Replika.