Cara Jailbreak iPhone | Kelebihan, Kekurangan dan Resiko Melakukan Jailbreak

Banyak orang mendengar kata jailbreak terutama untuk mereka menggunakan iPhone. Banyak pengguna iPhone yang melakukan jailbreak pada perangkat Applenya dengan niat untuk meningkatkan performa smartphone itu sendiri. Beberapa orang memakai jasa jailbreak dengan biaya 100 hingga 200 ribu, beberapa orang lainnya melakukan sendiri karena enggan mengeluarkan biaya yang pastinya mereka sudah menguasai Cara Jailbreak iPhone. Agar tidak salah untuk menggunakan iPhone Anda, ada baiknya untuk mengerti apa yang dimaksud dengan Jailbreak.


Pengertian Jailbreak iPhone

Jailbreak identik dengan root pada Android. Fungsinyapun juga bisa dikatakan sama, yaitu untuk mendapatkan akses penuh terhadap smartphone Anda. Mendapat akses penuh? iya, maksudnya disini adalah jika Anda sudah melakukan jailbreak pada perangkat iPhone Anda yang menggunakan sistem operasi iOS, pada sistem operasi Android disebut Root Acces. Contohnya seperti pada perangkat komputer yang dapat mengakses sistem data :C dimana semua file aplikasi yang terpasang berada. Jika belum dilakukan jailbreak, Anda hanya bisa mengakses beberapa fitur yang memang disediakan untuk pengguna.

Fungsi dan Kelebihan Jailbreak iPhone

Ada beberapa fungsi jailbreak yang memberi keuntungan lebih dibandingkan dengan perangkat iPhone yang belum dilakukan jailbreak.

  • Bebas Mengirim FIle
Jika Anda pengguna iPhone, pastinya sudah merasakan sulitnya mengirim atau memindah file ke perangkat lain dan komputer. Proses yang rumit dengan harus menghubungkan melauli iTunes dulu dirasa sangat tidak nyaman bagi pengguna smartphone Indonesia yang sudah terbiasa menggunakan Android dengan cara yang lebih mudah. Dengan Jailbreak Anda bisa mengirim file dengan mudah, dengan bluetooth misalnya.

  • Dapat Menggunakan Tema Menarik
Melakukan Jailbreak dengan cara tertentu (karena ada beberapa cara jailbreak iPhone) perangkat dapat menggunakan tema - tema menarik sesuai keinginan. Tidak seperti iPhone yang belum dijailbreak yang temanya terbatas.

  • Memasang Aplikasi Gratis
Sams halnya dengan Root Akses pad perangkat Android, perangkan dapat dipasangi aplikasi berbayar secara gratis dengan mendownload filenya. Ini menjadi sebuah hal menarik karena iPhone dikenal dengan banyak aplikasi yang berbayar. Namun Hal tersebut tidak disarankan, karena hal tersebut adalah illegal.

  • Membuat iPhone Ringan
Salah satu fungsi root pada Android adalah membuka akses sehingga aplikasi yang terpasang pada memori internal dapat dipindah ke memory eksternal sehingga menjadikan kinerja perangkat lebih ringan. Hal ini juga sama pada iPhone, Namun hal ini juga tidak disarankan karena iPhone diciptakkan tidak seperti smartphone Android yang memang diberikan kebebasan mengekspolasi perangkat bagi penggunanya.

Resiko melakukan Jailbreak pada iPhone

Memang ada beberapa keuntungan jika dilakukan jailbreak pada sebuha perangkat iPhone, namun melakukan hal tersebut juga ada resiko. Resiko ini juga bisa menjadi sebuah kekurangan. Berikut Resiko Melakukan Jailbreak pada iPhone.

  • Garansi Hilang
Jika Anda membeli handphone baru yang bergaransi dan Anda melakukan jailbreak pada perangkat tersebut maka garansi akan batal. Jika sudah dijailbreak maka Anda tidak bisa mengclaim garansi pihak distributor akan mengetahui sebuah perangkat iPhone telah dijailbreak meskipun sudah dikembalikan seperti semula. Namun resiko ini tidak berlaku bagi yang membeli iPhone bekas yang sudah tidak ada garansi.

  • Mati total
Hal ini bisa terjadi jika Anda tidak memperhatikan sistem operasi atau frimware iPhone yang akakn dijailbreak. Beda tipe iPhone dan firmwarenya berpengaruh dengan cara jailbreak mana yang harus digunakan, Anda harus menggunakan cara yang tepat. Selain mati total, ada juga resiko lain seperti beberapa fitur tidak bekerja dengan baik.

Cara Jailbreak iPhone

Ada beberapa cara untuk menjailbreak iPhone. Berbeda tipe dan os nya, beda pula cara jailbreak iPhone. Disini akan dibagikan cara menjailbreak iPhone dengan iOS 8.3. Sebelum melakukan jailbreak ada hal hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Pertama backup semua data iPhone yang akan dijailbreak. Kedua matikan passcode dengan cara masuk ke Setting > Passcode. Dan jangan lupa matikan juga fitur Find My Phone dengan masuk ke Setting > iCloud > Find My Phone .> Off.
  1. Download Taig 2.0, lalu instal pada komputer.
  2. Koneksikan perangkat iPhone yang akan di Jailbreak ke komputer dengan kabel data.
  3. Pastikan komputer anda memiliki koneksi internet yang stabil.
  4. Setelah perangkat iPhone sudah berhasi konek dengan komputer, buka Taig 2.0 yang sudah diinstal kemudian klik Start.
  5. Tunggu proses hingga 100%.
  6. Setelah selesai, jika ada aplikasi Cydia di homescreen iPhone maka proses jailbreak berhasil.

Demikian Cara Jailbreak iPhone. Dengan mengetahui Keuntungan, kerugian dan resiko jailbreak iPhone bisa menjadi pertimbangan apakah smartphone iPhone Anda perlu dijailbreak? Dan lebih disarankan jika ingin melakukan jailbreak, lakukan di tempat reparasi handphone ata lakukan di orang yang sudah berpengalaman untuk menghindari resiko yang mungkin terjadi.