Smartphone Tercanggih di Dunia Abad 21

Di zaman modern serba canggih ini, smartphone sudah bukan barang asing lagi. Smartphone menjadi salah satu barang yang setiap hari kita gunakan dan bahkan menjadi sebuah kebutuhan utama bagi sebagian orang. Apa itu smartphone? sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu sedikit tentang pengertian smartphone. Dalam bahasa Indonesia, smartphone berarti telepon cerdas. Belum ada standart yang menuntukan sebuah ponsel merupakan smartphone atau bukan. Bagi beberapa orang mengartikan smartphone adalah ponsel atau telephone genggam yang memiliki fitur -fitur canggih kurang lebih seperti perangkat komputer dan identik dengan koneksi internet.

Seiring berkembangnya zaman, fitur -fitur canggih yang ada pada smartphone pun mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih. Yang dimaksud canggih disini adalah komponen atau mesin yang digunakan perangkat smartphone memiliki spesifikasi yang semakin tinggi dan fitur - fitur terbaru. Kini banyak smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi sehingga mampu memproses data dengan cepat, banyak juga smartphone yang menggunakan fitur - fitur canggih seperti fitur airgesture yang memungkinkan pengguna mengoperasikan perangkat tanpa harus menyentuh layar, fitur fingerprint yang menggunakan sidik jari untuk membuka atau mengunci perangkat dan banyak fitur canggih lainnya.

Berikut smartphone - smartphone tercanggih di dunia untuk saat ini.

Samsung Galaxy S6 EDGE Plus

Smartphone tercanggih Samsung Galaxy S6 EDGE Plus
Samsung melakukan inovasi yang mampu meramaikan pasar smartphone dunia. Samsung meluncurkan smartphone yang menggunakan teknologi layar yang melengkung pada bagian pinggirnya sehingga membuat desainnya terlihat sangat futuristik dan banyak yang menjulukinya sebagai spacephone karena desainnya terutama pada bagian layar yang belum ditemui pada smartphone canggih lain.
Smartphone tercanggihdi dunia saat ini Samsung Galaxy S6 EDGE Plus
Dari segi mesin spesifikasi Samsung Galaxy S6 EDGE + pun paling canggih di antara tipe lainnya. Mengusung processor Octa Core yang terdiri dari Quad Core 1.5GHz dan Quad Core 2.1GHz di tambah RAM 4GB yang mendukung performa perangkat. OS yang digunakan adalah OS terbaru Android Lollipop 5.1.1. Oleh karena itu Samsung Galaxy S6 EDGE Plus disebut sebagai salah satu smartphone tercanggih saat ini.

Smartphone Samsung ini juga memiliki kamera beresolusi tinggi yang menghasilkan gambar dan video berkualitas, 16MP untuk kamera belakang dan 5MP untuk kamera depan.Samsung Galaxy S6 EDGE Plus pun juga memiliki fitur - fitur canggih seperti Fingerprint, airgesture dan lainnya. Ada juga isu bahwa ada fitur wireless charge atau melakukan pengisian baterai tanpa kabel. Untuk S6 samsung memproduksi beberapa tipe seperti S6 yang layar tidak lengkung, S6 EDGE layar lengkung namun spesifikasi dibawah seri Plus dan S6 CDMA. Akan tetapi untuk Smartphone CDMA di Indonesia kurang banyak peminat.

iPhone 6S

Smartphone tercanggih iPhone 6S
Apple pun tak mau kalah. Pada akhir tahun 2015, Apple meluncurkan produk smartphone terbarunya yaitu iPhone 6S plus. Pada smartphone ini Apple menawarkan kecepatan dan kecanggihan yang lebih dari tipe iPhone sebelumnya. Dengan processor terbaru Apple dan RAM 2GB dimana iPhone terkenal dengan kapasitas RAM yang kecil pada setiap tipenya. Dengan kemampuan mesin seperti itu, iPhone 6S tentunya mampu menjalankan aplikasi dengan cepat terutama yang terkenal pada iPhone Pengeditan video dan gambar pastinya mengurangi kemungkinan terjadinya lagging.
Smartphone tercanggih saat ini iPhone 6S
Kecanggihan iPhone 6S juga terasa pada bagian kamera. Kamera beresolusi 12MP terpasang pada bagian belakang mampu menangkap gambar dengan kualitas yang sangat baik dan merekam video dengan kualitas 4K, kualitas video di atas HD.

Dengan spesifikasi di atas, membuat daya respon fingerprint pada iPhone 6S terasa lebih cepat dan responsive. Selain fitur - fitur pada iPhone terbaru sebelumnya, di iPhone tercanggih ini ada fitur baru yaitu 3D touch.

Google Nexus 6

Smartphone tercanggih Google Nexus 6
Untuk smartphone terbarunya, Google mempercayakan pembuatannya pada Motorola. Smartphone canggih Google produksi Motorola ini merupakan penerus dari Google Nexus 5 yang diproduksi oleh LG. Dengan layar 5.9 inchi dan resolusi yang sangat rapat 1440 x 2560 yang menampilkan gambar dan video HD. Seperti kebanyakan smartphone canggih terbaru, proteksi layar menggunakan Gorilla Glass. Nexus 65 juga menjadi smartphone pertama yang menggunakan OS android terbaru Android Lollipop 5.0.1, karena memang handphone ini merupakan produk Google. Meskipun seirung berjalannya waktu banyak perangkat Android lain yang sudah bisa menggunakan Lollipop.
Smartphone tercanggih di dunia Google Nexus 6
Meskipun Google Nexus dan Motorola tidak begitu tenar di kalangan awam pengguna smartphone, namun kualitas dan performa mesinnya tidak kalah dengan merk terkenal lainnya. Menggunakan chipset qualcomm snapdragon quadcore dengan clock speed 2.7GHz didukung RAM sebesar 3GB, Google Nexus 6 ini mampu bersaing dengan smartphone canggih ternama lainnya. Dan kapasitas baterainya cukup besar, 3220mAh, dengan daya seberas ini smartphone mampu bertahan dengan kinerja mesin yang memiliki spesifikasi tinggi seperti disebutkan diatas.

Yang menjadi andalan smartphone tercanggih Google ini adalah kemampuan kameranya yang hampir setara dengan SLR atau DSLR karena menggunakan lensa OIS (Optical Image Stabilizer) dimana belum banyak smartphone canggih lain yang menggunakannya. Resolusi kamera depan sebersar 13MP dan untuk kamera depan memang resolusinya tidak begitu besar namun untuk kualitas hasil kamera depan yang beresolusi 2MP cukup memuaskan.

Itulah beberapa Smartphone Tercanggih di Abad ini. Ada beberapa smartphone terlaris lain yang bisa dikategorikan sebagai smartphone tercanggih, namun tipe - tipe di atas memiliki keunggulan dan kecanggihan khusus sedangkan lainnya mungkin memiliki kecanggihan dari segi mesin, kamera dan fitur yang sama. Dan untuk tambahan, tipe - tipe diatas sudah didukung jaringan 4G.