Cara Mengatasi HP yang Sering Restart dan Mati Sendiri

Cara Mengatasi HP yang Sering Restart SendiriHandphone Anda sering mengalami restart / reboot atau mati sendiri? Hal ini sering terjadi pada smartphone dan sangat mengganggu sekali ketika pengguna sedang menggunakan handphone namun tiba - tiba mati sendiri. Ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi sehingga menyebabkan hp restart sendiri, diantaranya adalaha masalah pada hardware dan pada software. Jika gangguan terjadi pada software ada kemungkinan Anda bisa bereksperimen sendiri untuk memperbaikinya dengan mengutak - atik software handphone dengan resiko yang kecil. Namun jika kerusakan terjadi pada hardware, disarankan untuk tidak coba - coba yang bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal. Bagaimana cara mengetahui kerusakan terjadi pada software atau hardware? Satu - satunya cara adalah dengan melakukan perbaikan pada software yang akan kita bagikan caranya di artikel ini, jika tidak berhasil maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada hardware dan disarankan untuk memperbaikinya di service center atau tempat reparasi handphone kepercayaan Anda.

Kebanyakan hp restart sendiri atau mati sendiri yang dikarenakan kerusakan software terjadi pada smartphone berbasis Android. Kenapa Android? karena Android adalah sistem operasi yang open source sehingga memungkinkan pengguna melakukan perubahan pada software yang bukan standart dari pabrik bisa mengakibatkan kesalahan pada software tersebut. Lalu hp selain Android? kemungkinan karena software sangat kecil, biasanya kerusakan pada hardware. Ada beberapa penyebab hp restart sendiri.

Memory RAM penuh dan penggunaan processor yang berlebihan
Banyaknya aplikasi yang berjalan menjadikan RAM HP penuh dan menggunakan semua processor sehingga sistem tidak kuat dan hp melakukan restart ulang sendiri.

Bug yang terjadi karena custom ROM Android yang tidak cocok dengan perangkat handphone
Anda bisa menggunakan berbagai custom ROM yang bertujuan merubah tampilan hp android, meningkatkan performa atau menggunakan fitur smartphone Android lain di Smartphone Anda. Tapi hal ini bisa mengakibatkan kesalahan software dan hp bisa restart sendiri. Jika Anda ingin menggunakan custom ROM gunakanlah yang cocok dengan Handphone Android Anda.

Memasang Aplikasi yang tidak disarankan
Biasanya Anda ingin menggunakan aplikasi berbayar namun malas unguk membeli. Jadi alternatifnya Anda akan mencari file APK dari aplikasi berbayar tersebut dengan mendownload dari website terntentu. Tapi hal ini sangat tidak disarankan, karena file tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat dipasang di smartphone tanpa harus membeli dan dapat mengakibatkan hp restart sendiri.

Malware, Adware atau virus yang tidak sengaja terpasang
Malware, Adware dan virus android yang menyebabkan hp sering restart sendiriIklan - iklan yang tampil pada website tertentu saat Anda browsing dengan handphone Anda selainkan menjengkelkan karena banyak muncul dimana - mana juga dapat membahayakan handphone Anda. Jika salah klik iklan, dengan otomatis handphone akan mendownload virus yang juga dapat membuat Android restart sendiri.

Cara mengatasi HP yang sering restart sendiri karena software sangat mudah. Berikut caranya :
  • Menutup atau Menghapus Aplikasi
Jika handphone Anda terlalu banyak aplikasi yang aktif, Anda bisa menutupnya (force close) dari setelan, kemudian aplikasi dan pilih aplikasi yang akan ditutup. Jika tidak begitu penting, Anda bisa menghapus aplikasi tersebut, cara ini juga salah satu cara yang cocok untuk kerusakan yang diakibatkan aplikasi yang tidak disarankan sehingga crash dengan sistem.
  • Flash ulang atau reset ulang Handphone
Solusi HP sering restart dengan flash ulang

Ini adalah salah satu cara yang paling jitu untuk mengatasi hp yang serung restart sendiri. Dengan reset ulang handphone Anda akan kembali ke pengaturan awal seperti semula sehingga aplikasi atau setelan yang mengakibatkan crash dengan sisten akan hilang. Selain reset ulang yang bisa dilakukan dari pengaturan lalu reset pabrik, flash ulang juga bisa mengatasi masalah ini. Untuk flash ulang caranya nisa Anda cari di Google yang sesuai dengan tipe smartphone Android Anda.

Jika cara diatas tidak berhasil, maka kemungkinan besar jika hp restart sendiri dikarenakan kerusakan hardware dan sangat disarankan untuk membawanya ke teknisi handphone yang lebih berpengalaman untuk menghindari resiko yang fatal.

Untuk Anda yang tidak mengalami hp restart sendiri karena software, ada beberapa tips agar hal ini tidak terjadi pada smartphone Anda :
  • Jangan memasang aplikasi aktif terlalu banyak pada handphone, gunakan saja yang perlu.
  • Jangan memasang aplikasi yang tidak disarankan. Biasanya aplikasi berbayar yang APK nya bisa di download, bisa juga aplikasi yang tidak ada di Play Store.
  • Gunakan sistem operasi Official dari pabrik.
  • Jangan membuat perangkat terlalu penuh dengan file - file.
HP sering restart akibat kerusakan hardware

Kerusakan hardware (biasanya baterai, IC power, IC charge dan lainnya) yang mengakibatkan hp restart juga bisa dihindari dengan cara berikut :
  • Gunakan charger sesuai arus handphone.
  • Gunakan baterai original sesuai standart.
  • Jangan sering melakukan over charging.
  • Hindari handphone jatuh.
Demikian Cara Mengatasu Handphone yang Sering Restart Sendiri dan beberapa tips untuk menghindarinya. Semoga bermanfaat. Terima Kasih

Artikel Terkait :