Cara Memperbaiki HP yang terkena virus / Malware / Adware

Cara Mengatasi Smartphone yang Terkena Virus Malware atau Adware - Seiring perkembangan zaman, banyak penemuan teknologi - teknologi canggih terbaru yang kita gunakan untuk menunjang kegiatan kita sehari - hari. Salah satunya handphone, handphone membantu kita untuk berkomunikasi jarak jauh. Kini banyak handphone yang semakin canggih yang kina kenal dengan smartphone. Kecanggihannya memungkinkan kita melakukan banyak hal dengan fitur -fitur canggihnya. Mengakses internet merupakan salah satu kemampuan smartphone yang dapat membantu kegiatan kita sehari - hari. Namun kecanggihan tersebut juga bisa menjadi suatu kerugian, mudahnya mengakses internet dapat memberikan akses pula untuk virus perangkat lunak masuk ke dalam sistem handphone.
Cara mengatasi smartphone yang terkena virus adware dan malware
Sering sekali kita temui laman atau website yang banyak memunculkan iklan yang mengganggu. Jika kita salah mengklik maka otomatis handphone akan mendownload file virus dan langsung otomatis pula terinstal (terpasang) pada smartphone kita. Dengan terpasangnya virus tersebut pada smartphone mengakibatkan perubahan pada sistem sehingga menganggu kinerja dan yang paling parah dapat membuat perangkat mati total.

Ada beberapa virus yang dibuat untuk berbagai kepentingan si pembuat. Mulai dari hanya iseng, merusak handphone atau menampilkan iklan - iklan pada smartphone secara otomatis. Bahkan ada yang bisa membuat hp Anda mendownload aplikasi - aplikasi dengan sendirinya sehingga dapat menguras kuota internet dan membuat memory penyimpanan penuh.

Virus Malware pada Smartphone
Malware adalah aplikasi atau file yang tidak diizinkan terpasang di sebuah perangkat smartphone. file tersebut bisa berupa aplikasi ilegal dan bahkan virus. Virus ini dibuat untuk merusak sistem pada handphone. Akibat yang ditimbulkan oleh terpasangnya virus ini pada perangkat adalah terjadinya gangguan sistem yang membuat perubahan menu, fitur atau tidak bisa mengakses suatu aplikasi. Yang paling buruk jika handphone Anda terpasang malware adalah mengakibatkan mati total. Biasanya si pembuat malware ini bertujuan untuk menyebarkannya dan menjual sebuah anti virusnya.
Smartphone Android terkenal Adware dan Malware
Virus Adware pada Smartphone
Pada smartphone Anda sering muncul iklan - iklan? kemungkinan besar smartphone anda tersebut terkena Adware, atau virus yang otomatis memunculkan iklan. Hal ini tentunya sangat merugikan, selain terganggu dengan adanya iklan, iklan - iklan tersebut juga menggunakan kuota apalagi iklan video. Jadi memboroskan penggunaan kuota internet Anda.
Virus android yang memunculkan iklan
Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Smartphone yang Terkena Virus Malware atau Adware? Virus ini kebanyakan menyerang smartphone yang berbasis Android. Karena memang Android open source. Ada beberapa cara untuk memperbaiki smartphone yang terkena virus.
  • Menghapus file vitus Adware / Malware
Jika Anda dapat masuk ke sistem dan mengetahui file virus tersebut, Anda bisa langsung menhapusnya atau menguninsital file tersebut sehingga handphone Anda bisa terbebas dari virus Malware atau Adware
  • Melakukan Factory Reset
Mereset ulang perangkat smartphone Anda ke pengaturan pabrik adalah satu - satunya cara untuk menghilangkan virus Malware atau Adware pada smartphone. Karena dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik, perangkat akan menghapus semua aplikasi atau file yang bukan bawaan dari handphone sehingga handphone kembali ke pengaturan awal. Untuk melakukan reset ulang bisa Anda lakukan melalui perangkat dengan menekan tombol volume+lock+home. Atau bisa juga melalui komputer menggunakan software. Untuk setiap tipe dan merk memiliki cara yang berbeda.

Ada juga cara lain yaitu menggunakan aplikasi cleaner menghapus file - file yang ada pada smartphone. Namun cara ini dirasa kurang efektif untuk mengatasi smartphone yang terkena virus adware ataupun malware.

Tips Menghindari Virus Malware atau Hardware Terpasang pada Smartphone

  • Hindari mendownload dari sumber yang ridak jelas.
  • Hindari mengklik iklan yang muncul saat browsing
  • Jangan menginstal aplikasi yang tidak diizinkan