Apa yang dimaksud dengan Jaringan 4G LTE?

Pengertian dari 4G LTE - Penggunaan alat komunikasi jarak jauh tentunya memerlukan sebuah jaringan. Alat komunikasi jarak jauh yang selama ini kita kenal, sering kita jumpai dan digunakan adalah telepon, alat komunikasi ini membutuhkan jaringan atau yang juga kita sebut signal untuk bisa gunakan berkomunikasi. Seiring berkembangnya zaman, yang dimana saat ini kita sudah mengenal handphone atau yang lebihcanggih lagi yaitu smartphone, jaringan pun mengalami perkembangan sehingga dapat memproses data lebih cepat.
Jaringan terbaru dengan koneksi supercepat
Alat komunikasi membutuhkan jaringan untuk mengirimkan dan menerima data. Pada awalnya, teknologi alat komunikasi jarak jauh menggunakan jaringan untuk komunikasi suara, namun dengan berkembangnya teknologi kini kita tidak hanya bisa melakukan layanan komunikasi suara tapi kini kita sudah memiliki jaringan data (internet) yang memungkinkan kita melakukan komunikasi suara dan juga mengirim file, video streaming dan sebagainya.

Sebelum membahas tentang Jaringan 4G LTE mari kita mengenal teknologi jaringan dari yang pertama hingga yang saat ini kita gunakan.

1. Jaringan 1G

Pada mulanya kita menggunakan jaringan 1G. Kita menggunakan jaringan ini untuk berkomunikasi mengunakan alat komunikasi seperti radio.

2. Jaringan 2G

Kemudian kita mengenal Jaringan 2G. Kita bisa melakukan komunikasi layanan suara (telepon) dan SMS (Short Message Service) layanan pesan teks. Jaringan ini merupakan layanan komunikasi suara digital yang pertama (GSM dan CDMA). Setelah mengalami perkembangan, kita juga bisa menggunakan jaringan data (internet) melalui jaringan ini.

3. Jaringan 3G

Dengan berkembangnya teknologi, tidak hanya berkomunikasi kita juga bisa mengakses internet. Pada jaringan 3G kecepatan untuk mengakses data lebih cepat dari jaringan sebelumnya.

4. Jaringan 4G

Dan saat ini kita sudah bisa menggunakan Jaringan 4G. Jaringan ini disebut - sebut jaringan yang dapat mengakses data paling cepat saat ini.
Perkembangan jaringan dari masa ke masa

Apa itu 4G LTE?

4G LTE adalah teknologi internet super cepat terbaru setelah sebelumnya kita mengenal jaringan 
2G dan kemudian 3G. 4G LTE merupakan singkatan dari Long Term Evolution ini merupakan standart komunikasi nirkabel terbaru yang paling cepat untuk saat ini/ Jaringan ini mampu melakukan download dengan kecepatan hingga 300Mbps dan kecepatan upload dengan kecepatan hingga 75Mbps. Kecepatan ini tentunya sangat membantu para pengguna smartphone untuk menikmati fitur - fitur yang ada pada perangkatnya seperti Streaming Video, Streaming Music, File Sharing, Video Call dan yang membutuhkan akses internet lainnya.

Apakah Semua perangkat mampu menggunakan Jaringan 4G LTE? Tidak, belum semua perangkat mendukung jaringan ini. Untuk smartphone terbaru pastinya sudah support 4G LTE. Tidak hanya gadget ori, handphone replika atau supercopy pun sudah ada yang mendukung untuk jaringan 4G LTE. Contohnya Samsung Galaxy Note 5 HDC PRO.

Kelebihan Jaringan 4G LTE

Yang menjadi kelebihan pada jaringan ini adalah kecepatan aksesnya yang supercepat. mampu melakukan download dan upload lebih cepat dari jaringan sebelumnya.

Kekurangan Jaringan 4G LTE

Dikarenakan jaringan ini merupakan teknologi terbaru, tidak semua daerah terjangkau oleh jaringan ini dan tidak semua provider menggunakan jaringan ini. Meskipun memiliki kecepatan super cepat
yang disayangkan adalah belum semua orang bisa menikmati layanan jaringan ini.

Artikel Terkait :