Mengapa iPhone Memiliki Kapasitas RAM kecil?

Siapa yang tak tau iPhone? Ya, smartphone ini sedang booming terutama di Indonesia. Produk Apple ini sedang banyak diminati oleh pengguna smartphone Indonesia. Alasannya, karena modelnya yang elegan, pengoperasiannya yang mudah, lebih cepat dalam menjalankan aplikasi atau karena kameranya yang bagus. Tapi tau kah Anda kalo iPhone termasuk smartphone yang berkapasitas RAM kecil?
Seperti yang diketahui, RAM (Random Acces Memory) adalah tempat penyimpanan sementara saat perangkat komputer / smartphone dijalankan dan di akses secara acak. Singkatnya, RAM adalah komponen yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi. Jadi semakin besar RAM suatu perangkat maka semakin cepat pula perangkat tersebut menjalankan aplikasi. iPhone adalah salah satu smartphone yang terkenal cepat dalam menjalankan aplikasi, namun smartphone ini berkapasitas RAM kecil.

Mengapa iPhone berkapasitas RAM kecil? Jika dibandingkan dengan Smartphone lain, RAM iPhone memang kecil, namun kecepatan perangkat berbasis iOS ini bisa bersaing dengan smartphone lain seperti Android. Jika RAM diibaratkan sebuah jalan yang membawa informasi ke processor dan informasi - informasi tersebut diibaratkan kendaraan, maka logikanya semakin besar jalan (RAM) lalu lintas menuju processor semakin lancar. Namun disinilah keunggulan iPhone, bukan memperlebar jalan, iPhone mengecilkan kendaraan (informasi yang di kirim ke processor) jadi meskipun RAM tidak terlalu besar namun lalu lintas tetap bisa lancar. iOs (Apple) menggunakan bahasa pemrograman objectiv-C dan sekarang diperbaharui dengan bahasa swift, jadi meskipun kapasitas RAM kecil tapi aplikasi tetap lancar berjalan.

Itulah alasan Kenapa iPhone Berkapasitas RAM kecil? Meskipun kapasitas RAM iphone kecil hal tersebut tidak menjadi sebuah kekurangan. Jadi kesimpulannya adalah RAM iPhone memang kecil, tapi karena OS nya yang mampu mengecilkan data - data yang harus diproses jadi iPhone tidak akan menjadi lemot meskipun membuka banyak aplikasi.

Artikel Terkait :